top of page

Dukung Eksistensi Industri Gim, Game Prime Apresiasi Karya Anak Bangsa

8 Aug 20 | 12:38

Amelia Rosary

Hal spesial dan cita-cita Game Prime 2020

Dukung Eksistensi Industri Gim, Game Prime Apresiasi Karya Anak Bangsa

Game Prime 2020, event industri gim terbesar di Indonesia, untuk pertama kalinya diadakan secara online. Event kolaborasi antara Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (BAPAREKRAF) dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) serta GGWP.ID ini dihelat pada 1-5 Agustus 2020.


Berangkat dengan keinginan untuk memajukan industri gim di Indonesia, berikut adalah 3 hal spesial dari Game Prime 2020.


1. Tim nasional Indonesia dan influencers hadir

 

Tak tanggung-tanggung, Game Prime 2020 turut menghadirkan jajaran tim profesional e-sport. Beberapa di antaranya adalah Bigetron Ion, Morph Team, Louvre Kings, Aerowolf Limax, RRQ Ryu, dan 9 lainnya. Mereka akan saling diadu dan pemenang akan melawan tim amatir dalam grand final pertandingan e-sports di Game Prime 2020 ini.


Influencers seperti Raditya Dika, Chandra Liow, Dimas Danang, Imam Darto, Onad, Mak Beti, Edelyn, dan lainnya, bersama-sama bermain Werewolf dan Tebak Gambar di ekshibisi gim terbesar di Indonesia tersebut. Kendati dilaksanakan secara online, momen langka seperti ini menjadi salah satu hal yang memeriahkan Game Prime 2020.


Ricky Setiawan, CEO GGWP.ID, menambahkan, “Mereka seru-seruan bareng: bermain Werewolf dan tebak gambar secara online. Namun, di lain sisi, mereka tak hanya sekadar seru-seruan. Mereka juga datang ke Game Prime 2020 untuk mempromosikan gim buatan anak Indonesia―bahwa gim buatan kita juga ngga kalah seru untuk dimainkan, kok.”


2. Webinar dan masterclass untuk game developers pemula dan profesional 

 

Pandemik COVID-19 memaksa pihak penyelenggara Game Prime 2020 untuk mengadakan ekshibisi gim nasional itu secara virtual. “Ini bisa dibilang blessing in disguise. Soalnya, pembicara global AAA (istilah untuk grade tinggi) malah justru banyak yang bisa hadir di ekshibisi online ini,” terang Ricky, menyatakan bahwa Gameprime tetap bertekad untuk tak menghilangkan esensi acaranya.


Bagi para pengembang gim atau mereka yang tertarik untuk terjun ke dunia pengembangan gim, masterclass dan webinar yang diadakan oleh Game Prime 2020 pun jadi salah satu rangkaian acara yang wajib diikuti. Berbagai macam topik yang didiskusikan meliputi cara membuat gim dengan langkah awal yang sederhana, bagaimana membuat desain karakter gim, hingga cara mengembangkan karir di dunia gim.


3. Apresiasi buat game developers dari Indonesia

 

Seiring dengan berkembangnya dunia digital, developing gim dianggap sebagai salah satu jalan karir yang menjanjikan. Oleh karenanya, pengembangan ilmu, koneksi, dan kreativitas untuk pengembangan gim tentu sangat diperlukan. Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, melalui masterclass serta webinar yang diadakan oleh Game Prime 2020, pengembangan diri di industri gim diharapkan dapat semakin dioptimalkan.


“Jadi game developers itu oke juga buat masa depan, malah bisa dibilang menjanjikan. Makanya, sejak sekarang, harus ada pihak yang mau memfasilitasi cita-cita penggemar gim, bahkan membukakan jalan untuk sampai ke mancanegara. Itu yang ingin kami capai, makanya kita juga tak segan gandeng pemerintah," simpul Ricky penuh optimisme.

bottom of page