top of page

Timmy of the Month: Terus Berinovasi dan Jaga Komunikasi dengan Tim

19 Aug 20 | 18:31

Amelia Rosary

Tidak ada batasan untuk eksplorasi diri

Timmy of the Month: Terus Berinovasi dan Jaga Komunikasi dengan Tim

Bulan ini, Robi Bayugati merupakan Timmy yang mendapatkan token penghargaan Timmy of the Month. Dalam menjalankan perannya sebagai Business Development Manager (BDM) Popbela.com, Robi menjadikan komunikasi sebagai kunci utamanya. Selain itu, Robi juga aktif menyumbangkan ide-ide demi kemajuan tim. Hal ini dinilai sejalan dengan Timmyness nomor 1: “Bringing creativity, sincerity, and passion to the work” dan nomor 4: “Being active and collaborative, rather than competitive”.

 

Lalu, bagaimana keseharian Robi menjalankan perannya sebagai Business Development Manager? Yuk, kita simak!

 

1. Apa saja tugas Robi sebagai Business Development Manager Popbela.com?

Sebagai Business Development Manager Popbela.com, tugas saya tidak hanya terbatas pada mengejar target revenue. Saya juga memiliki tanggung jawab untuk berdiskusi bersama tim redaksi dan tim kreatif untuk terus mengembangkan bisnis Popbela.com. Selain itu, saya pun berhubungan langsung dengan brand, jadi saya harus mempertemukan kebutuhan klien dengan apa yang dapat Popbela.com provide

 

2. Adakah yang membuat Robi bersyukur menjadi bagian dari IDN Media?

Terlepas dari semua tantangan dan kesulitan yang ada, bekerja di IDN merupakan passion saya, sih. Sesulit apapun hal yang saya hadapi, saya merasa saya masih memiliki cukup ruang untuk mengeksplorasi banyak hal, memberi ide, dan mengeksekusikannya.

 

3. Apa latar belakang minat, pendidikan, dan karier Robi sehingga bisa menggeluti profesi Business Development Manager seperti saat ini?

Saya mengambil jurusan broadcasting jurnalistik saat kuliah dan sebenarnya saya ingin menjadi seorang news anchor. Namun, menjadi news anchor rupanya harus memahami banyak hal teknis. Seiring dengan berjalannya waktu, saya akhirnya mengetahui bahwa passion saya adalah public speaking dan saya memutuskan untuk bekerja di sebuah perusahaan radio selama enam tahun. 

 

Cukup lama bekerja di bidang itu, saya menemukan ketertarikan di commercial things, seperti advertising, producing, yang kemudian saya kombinasikan dengan public speaking. Akhirnya, saya memiliki kesempatan untuk menjadi seorang Business Development Manager di IDN Media. 

 

4. Apa yang sehari-hari dikerjakan seorang Business Development Manager?

Kami lakukan proses brainstorm untuk dapatkan ide yang nantinya akan kita beri ke klien. Di samping itu, BDM juga perlu mengadakan riset tentang kompetitor di pasar, cari ide bersama redaksi dan tim kreatif一seperti yang telah saya sebutkan di atas, lalu diskusi langsung dengan brand, mengetahui tren bisnis terbaru karena harus terus up to date.

 

 

5. Apa saja highlight dan downlight jadi seorang BDM?

Highlight-nya, tidak ada batasan bagi saya untuk mengeksplorasi diri dan segala sesuatu yang sedang saya kerjakan. Asalkan bisa memenuhi kebutuhan klien dan sesuai dengan value IDN Media, we go for it.

 

Sedangkan downlight-nya, kadang ada saat di mana kita kehabisan ide dan jadi bingung mau apa. Saat pandemik, misal, industri make-up, accessories, dan fashion sebagai secondary needs melemah, jadi secara tidak langsung mempengaruhi Popbela.com. Itu, sih.

 

6. Satu hal paling penting yang harus diperhatikan agar dapat menjadi BDM yang ideal?

Know your worth, terlebih yang terkait dengan value kita as a person. Kita harus sama-sama sadar diri akan kekurangan dan kelebihan kita. Itulah mengapa, saya selalu pesan dengan tim saya, “Apa yang baik dari saya, ambil, tapi kalau yang buruk atau tak sesuai dengan nilai kalian, ya jangan ditiru. Namun, harus tetap dikomunikasikan, ya, agar saya tetap dapat mempelajari dan mempertimbangkan apa yang tim mau.” Pokoknya, ini tentang communicate with your team and listen.

 

7. Apa arti bahagia di kantor menurut Robi?

Bahagia di kantor adalah ketika kita bisa menjadi produktif. Produktif, ya, bukan sibuk dengan pekerjaan yang kita saja belum tentu tahu result-nya apa. Intinya, ketika kita bisa menyelesaikan suatu pekerjaan tanpa menyalahi deadline atau ketika kita bisa menjalani proses untuk close deal tanpa merasa under pressure, itu yang dinamai bahagia di kantor menurut aku.

bottom of page