top of page

Indonesia Writers Festival 2021 by IDN Times: Community Editor IDN Times Berkumpul, Luncurkan Kanal Korea!

27 Oct 21 | 16:30

Saraya Adzani

Jangan pakai sembarang sumber, ya, guys!

Indonesia Writers Festival 2021 by IDN Times: Community Editor IDN Times Berkumpul, Luncurkan Kanal Korea!

Pada hari ketiga digelarnya Indonesia Writers Festival 2021 by IDN Times, semua Editor IDN Times Community berkumpul dalam satu sesi, "Editor's Talk: Mitos & Fakta Community Writer". Mereka adalah Gagah Nur, Izza Namira, Merry Wulan, Yudha Viktor, Febrianti Diah, Novaya Siantita, Naufal Al, dan Ernia Karina. Para Editor menceritakan fakta menarik tentang IDN Times Community, serta memberikan tips dan trik yang dinilai relevan untuk diterapkan oleh para community writer. Di sesi ini, IDN Times Community Writers yang suka menuliskan artikel mengenai dunia Korea pun dikejutkan oleh suatu kabar menarik! IDN Times resmi meluncurkan kanal terbarunya, IDN Times Korea, di sesi "Editor's Talk: Mitos & Fakta Community Writer" ini, lho. Wah, seperti apa, ya, keseruannya?


1. Awal perjalanan IDN Times Community 

Meski baru resmi diluncurkan pada 8 Februari 2017, versi pilot IDN Times Community sebenarnya sudah ada semenjak bulan Juli 2016. Awalnya, hanya ada 30 anggota yang join. Namun, semakin lama, IDN Times melihat bahwa Millennial & Gen Z memiliki tendensi untuk juga memproduksi berita dan/atau informasi, bukan hanya mengkonsumsinya saja. Animo masyarakat untuk menjadi  IDN Times Community Writers pun terus meningkat secara konsisten. Di saat itulah gamification di IDN Times Community diciptakan. Dengan cara apa? Ya, dengan memberikan sistem ranking, bonus poin yang bisa dikumpulkan berdasarkan jumlah page view. Nantinya, poin yang terkumpul bisa diuangkan juga.


Gamification yang dihadirkan tentu membuat antusias masyarakat untuk menulis di IDN Times semakin tinggi. Hal ini membuat jumlah artikel yang diterima oleh tim editor pun semakin banyak. Sayangnya, tak semua artikel yang di-submit dapat langsung dipublikasikan di IDN Times karena tim editor harus mengecek kualitasnya terlebih dahulu. Di sinilah tugas editor IDN Times Community Writers. “Kami harus sabar dan telaten untuk beri feedback ke masing-masing penulis. Mengingat mereka menulis di IDN Times, kami pun jadi merasa bertanggung jawab untuk memberi ilmu baru pada para kreator kami,” terang Ernia.


2. Kesalahan yang banyak dilakukan saat menulis artikel di IDN Times

Bukan hanya EYD, kini Community Writers pun dituntut untuk lebih teliti dalam memberi format pada detail foto. Novaya menjelaskan, “Foto itu harus jelas kreditnya, sumber dari mana, kemudian keterangannya meliputi apa saja. Apalagi kalau di kanal World News, ya. Harus diberi keterangan mengenai apa yang ada pada foto tersebut, kemudian siapa fotografernya, tentu saja, dan jangan lupa tanggal pengambilan foto. Itu salah satu yang selalu aku cerewetin. Selain itu, ada juga sumber referensi.”


Novaya menyebutkan bahwa masih banyak Community Writers yang memakai Wikipedia sebagai sumber utamanya. “Duh, Wikipedia itu jangan pernah dijadikan sumber utama, ya, apalagi kalau artikel yang ditulis banyak memuat data-data yang basically wajib akurat. Kalau di kanal News World, tidak hanya Wikipedia yang dijadikan acuan utama, tapi juga website kredibel yang menggunakan bahasa selain Bahasa Inggris, seperti Bahasa Spanyol, misalnya,” tegasnya. 


3. Peluncuran kanal Korea di IDN Times!

Di sesi hari ketiga Indonesia Writers Festival 2021 ini, IDN Times pun meluncurkan kanal terbarunya yang berfokus pada KPop, KDrama, dan Korean Entertainment, yakni IDN Times Korea. Saat ini sudah ada tiga sub kanal yang turut meramaikan kanal tersebut, yaitu KPOP, KDRAMA, dan KNEWS yang meliputi informasi mengenai idol, aktor, lagu, drama, dan serba-serbi Korea lainnya. Namun, jumlah sub-kanal ini tentu akan terus dikembangkan, mengikuti apa yang menjadi permintaan dan preferensi dari pembaca setia IDN Times.


Selain artikel, IDN Times Korea pun menghadirkan eksklusif interview, fun interview, kuis dan Entertimes, Kpop dan KDrama Writing Camp. Dikemas dengan unik dan menarik sesuai dengan gaya Millennial & Gen Z Indonesia, IDN Times berhasil memperoleh lebih dari 400,000 pembaca untuk konten yang terkait dengan serba-serbi Korea. Engagement media sosialnya pun seru, dilengkapi dengan giveaway yang menarik. Fans juga bisa berpartisipasi membuat karya tulisan melalui IDN Times Community yang bisa diakses di IDN App!


Indonesia Writers Festival by IDN Times, festival menulis independen persembahan IDN Times, kembali diselenggarakan pada 25-30 Oktober 2021 mendatang. Talk Show, Writing Class, dan Writing Competition pun akan dilaksanakan dengan mengundang sejumlah aktivis literasi ternama. Follow Instagram @indonesia.writers.festival dan daftarkan diri kalian melalui link linktr.ee/indonesia.writers.festival.


bottom of page