top of page

Mama dan Papa, Ikuti Cara Ini Agar Anak Tak Terus Pegang Ponsel

14 Dec 21 | 12:35

Saraya Adzani

Ketahui banyak tips lainnya di Popmama.com Parenting Academy 2021!

Mama dan Papa, Ikuti Cara Ini Agar Anak Tak Terus Pegang Ponsel

Baru usia 1 tahun, seorang anak sudah bisa skip ads YouTube. Rasanya, hal tersebut sudah menjadi fenomena yang umum ditemukan dewasa ini. Sebagai orangtua, memberikan perhatian ekstra pada buah hati, terutama ketika mereka sedang mengoperasikan ponsel, adalah suatu hal yang krusial dilakukan. Hal ini bertujuan agar anak tidak kecanduan dan terkena dampak negatif dari gawai itu sendiri. Yuk, ketahui langkah bijak untuk mengatur penggunaan gadget pada anak. 


1. Orang tua perlu melek teknologi

Saat ini, rasanya hampir tidak mungkin menghindari penggunaan ponsel pada anak. Terlebih di masa pademik ini di mana semua kegiatan belajar dan sosialisasi pun harus dilakukan secara online. Sebagai media digital multi-platform untuk orang tua Millennial di Indonesia, Popmama.com percaya bahwa orang tua pun perlu melek teknologi. Onic Metheany, Editor Popmama.com, mengungkapkan, “Biasanya, anak lebih paham teknologi daripada orang tuanya. Sebagai orang tua millennial, kita pun harus melek teknologi, serta mengetahui tren atau aplikasi terbaru, sesuatu yang sedang banyak dicari atau digemari oleh anak-anak. Dengan fasih berteknologi, kita dapat mengawasi penggunaan gadget pada anak secara lebih baik.”


2. Ajarkan anak disiplin mengatur waktu penggunaan ponsel 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa perilaku orang tua akan selalu menjadi cerminan utama yang ditiru oleh anak. “Ini adalah alasan mengapa orang tua perlu bersikap bijak serta menjadi teladan yang baik untuk sang buah hati, terutama saat menggunakan ponsel. Ketika sedang bersama anak, gunakan gadget seperlunya saja. Bahkan, kalau perlu, tidak perlu pegang sama sekali terlebih dahulu. Buat agenda yang simpel, namun menyenangkan, agar fokus anak tak hanya tertuju pada hiburan yang ada di ponsel,” ujar Onic. 


Memberi jadwal penggunaan gadget pada anak juga salah satu hal penting lainnya yang perlu diterapkan. Selain untuk mengajarkan anak makna disiplin waktu, hal ini juga dapat mengasah pada kemampuan mereka untuk membagi waktu. "Saat sedang makan dan berkumpul bersama keluarga, misalnya, orang tua harus menyatakan dengan tegas bahwa waktu tersebut adalah waktu buat keluarga, bukan waktu buat bermain ponsel. Dengan demikian, anak dapat menghabiskan waktu sepenuhnya bersama keluarga," terang Onic. 


3. Perbanyak aktivitas bersama anak 

Ketika ada waktu bersama anak, Papa dan Mama harus mampu menarik perhatiannya agar tak melulu fokus pada ponsel dan segala hiburan yang dapat diakses di dalamnya. Onic menyatakan, "Temani anak bermain, sehingga ia tidak merasa bosan. Lebih baik lagi kalau Papa dan Mama bisa menginisiasi permainan sederhana yang seru dan menarik, seperti puzzle atau permainan bongkah plastik kecil. Sembari bermain, Papa dan Mama dapat mengajaknya bicara seputar kesehariannya." 


Untuk diketahui, mengajak anak untuk beraktivitas bersama dapat meningkatkan daya kreativitas mereka. "Mengunjungi toko buku, membaca buku favorit, bermain, misalnya. Tak lupa, orang tua juga dapat mengajak mereka untuk terlibat aktif di klub kegiatan yang anak mungkin gemari, seperti klub sepak bola, basket, atau musik. Dengan demikian, anak pun akan belajar untuk bersosialisasi dengan teman-temannya. Hal ini tentu akan berbuah baik, ya," Onic menyarankan.


Bersama dengan Popmama Parenting Academy 2021, yuk, perkaya ilmu parenting kita bersama dengan ekspert dari berbagai bidang. Popmama Parenting Academy 2021 akan diselenggarakan selama sebulan penuh di akun media sosial Popmama.com. Popmama Parenting Academy akan dihadiri oleh pembicara-pembicara ternama, seperti Nugroho Indera Warman sebagai Education Specialist dari UNICEF; Roslina Verauli, M.Psi., Psi yang merupakan seorang psikolog klinis anak, remaja, dan keluarga; Dr. Marlyn Cecilia Malonda, SP.A sebagai dokter spesialis anak, dan masih banyak yang lain. 


Untuk informasi terbaru mengenai Popmama Parenting Academy 2021 by Popmama.com, kunjungi Instagram resmi Popmama.com atau Popmama Parenting Academy, serta YouTube Popmama.com.


bottom of page