top of page

Cuma Pakai Kamera Ponsel, Ini 3 Tips Agar Foto Makanan Ciamik

Saraya Adzani

11 Dec 21 | 12:38

Agar tampak profesional dan tak membosankan

Cuma Pakai Kamera Ponsel, Ini 3 Tips Agar Foto Makanan Ciamik

Mengambil foto makanan dan mengunggahnya di media sosial adalah salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang, terutama Millennial & Gen Z. Tidak hanya saat memesan makanan di restoran, mereka juga mengambil foto hidangan yang telah mereka masak sendiri di rumah.


Bagi mereka yang suka mendokumentasikan hasil masakannya di rumah, Yummy App sebuah one-stop cooking platform untuk generasi Millennial dan Z di Indonesia menghadirkan fitur menarik yang perlu dicoba. Yummy App memungkinkan para penggunanya untuk membagikan resep kreasi mereka yang tentunya dilengkapi dengan foto-foto agar semakin menarik  menarik. Ya, tidak hanya dari kualitas resepnya, visual resep yang diunggah di Yummy juga dinilai, lho! Untuk membantu kamu yang ingin membagikan foto-foto kreasi resepnya di Yummy App, artikel ini memberikan beberapa tips sederhana yang bisa kita lakukan agar foto yang kita ambil menunjukkan kualitas yang baik meski hanya dengan kamera ponsel.. Keep scrolling untuk mengetahui tipsnya, ya!


1. Jangan pakai flash

Salah satu elemen paling krusial dalam sebuah proses fotografi adalah pencahayaan. Oleh karena itu, aturlah pencahayaan dengan sebaik mungkin agar hasilnya pun optimal. Untuk diketahui, pencahayaan alami lebih bagus daripada pencahayaan buatan. Jadi, kalau kita sedang berada di rumah, pilihlah tempat yang pencahayaan alaminya bagus, seperti di dekat jendela atau di teras depan rumah. Jangan lupa gunakan serbet putih sebagai reflektor cahaya agar objek yang sedang difoto dapat terlihat lebih cerah dan jelas.


Seperti yang sudah disebutkan di atas, pencahayaan alami akan memberikan efek pencahayaan yang lebih bagus daripada sekadar pencahayaan buatan. Jadi, ketika mengambil gambar dengan kamera ponsel, sebisa mungkin, jangan gunakan flash, ya. Hal ini dapat mengakibatkan munculnya warna yang berbeda dan bayangan yang tidak perlu. 


2. Teknik flat lay

Salah satu kunci memotret dengan kamera ponsel adalah memperhatikan angle. Bila menggunakan kamera ponsel, akan lebih bagus apabila kita memotret dengan teknik bird view. Teknik ini juga biasa dibilang teknik foto flat lay, sebuah teknik yang terbilang sering digunakan, baik oleh fotografer profesional maupun perorangan. Caranya adalah dengan memposisikan kamera ponsel tepat di atas objek. 


Teknik ini akan menampilkan plating yang telah kita susun sedemikian rupa dan background yang diperlukan hanya perlu dipasang di bawah objek foto, berbeda dengan teknik pengambilan foto 45 derajat yang akan menampilkan situasi di lingkungan sekitar tempat foto. Duh, kalau ngga estetik, bisa-bisa ini jadi salah satu faktor lain yang membuat foto kita nampak tak profesional. 


3. Foto dengan warna yang tak monoton

Agar foto tak nampak monoton, pastikan bahwa makanan yang kita sajikan tidak hanya sewarna saja. Apabila makanan tersebut berwarna coklat, misalnya, akan lebih cantik apabila kita memberi garnish daun parsley. Sebagai contoh lain, apabila kita menyajikan jus pisang di dalam sebuah gelas, beri garnish daun mint dan cherry atau strawberry. Dengan warna-warna yang menarik itu, visual yang dihasilkan pun akan menggambarkan kesegaran dari sajian yang telah kita persiapkan.


Untuk menambah hiasan foto, beberapa bahan dasar makanan bisa kita gunakan sebagai properti foto. Berikan editan ringan, seperti penambahan contrast dan saturation. Kita juga bisa menggunakan beberapa aplikasi edit foto, seperti Lightroom, Vsco, Snapseed, atau pun yang paling mendasar yakni menggunakan filter Instagram. Kita tinggal menyesuaikan saja dengan fitur-fitur yang sudah ada di aplikasi-aplikasi tersebut. Nah, itulah tiga tips sederhana yang bisa diaplikasikan untuk mempercantik foto sajian kita!


Untuk menemukan berbagai resep-resep sajian berbahan dasar sehat, saksikan Indonesia Memasak 2021 by Yummy Indonesia Memasak, sebuah signature event dari Yummy yang kembali dilangsungkan secara virtual selama bulan Desember 2021. Mengusung tema “Masakan Sehat Nusantara”, Indonesia Memasak 2021 by Yummy menghadirkan berbagai rangkaian acara, seperti food reviewentertainment cooking showrecipe videosonline cooking class, dan awarding. Ikuti terus informasi terbaru mengenai acara Indonesia Memasak by Yummy 2021 di akun Instagram @indonesiamemasakbyyummy@yummy.idn dan Yummy App!


bottom of page