top of page

Timmy of the Month: Saling Membantu untuk Capai Target Bersama

27 Jan 22 | 13:08

Saraya Adzani

Sesekali perlu juga mengambil ‘jarak’ dari rutinitas pekerjaan

Timmy of the Month: Saling Membantu untuk Capai Target Bersama

Ada yang sudah mencoba fitur live streaming di IDN App? Inilah Garlanda Bellamy Mazalio, Product Manager di tim Product IDN Media, yang bertanggung jawab untuk pengembangan fitur live streaming IDN Live yang ada di IDN App. Dinilai memenuhi nilai Timmyness no. 1: Bringing creativity, sincerity, and passion to the work dan Timmyness no. 4: Being active and collaborative rather than competitive, Garlanda pun terpilih menjadi salah satu Timmy of the Month. Seperti apa pekerjaan seorang Product Manager dan bagaimana Garlanda bisa terjun di bidang ini? Simak ceritanya di bawah ini, ya!


1. Bertugas menjembatani banyak stakeholders

Bagi Garlanda, pekerjaannya saat ini sebagai Product Manager sejalan dengan cita-cita besarnya untuk bisa membantu orang lain. Bedanya, Garlanda melakukannya melalui fitur atau teknologi pada produk yang dikembangkannya. “Saat SMA dan kuliah saya banyak berkecimpung di dunia teknologi. Beberapa pekerjaan saya yang sebelumnya juga di bidang yang sama. Ternyata setelah dijalani rasanya senang kalau kita bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi orang lain melalui produk kita atau kalau ada yang merasa terbantu dengan produk kita. Tak hanya menyelesaikan pekerjaan yang diberikan pada kita, tapi juga memberikan dampak bagi orang lain.”


Untuk menjalankan role-nya, Garlan harus banyak berinteraksi dengan internal maupun eksternal stakeholders, termasuk dari sisi perusahaan hingga pengguna produk yang ia kembangkan. Dengan banyaknya stakeholder yang terlibat, tentu juga banyak feedback yang diterima Garlanda untuk produknya. Disitulah ia bertugas menjembatani apa yang menjadi visi perusahaan dengan apa yang dibutuhkan pengguna. “Sebagai Product Manager, saya bertugas menyamakan persepsi dan prioritas dari semua yang terlibat dalam pengembangan fitur atau produk ini. Mulai dari menyiapkan roadmap, timeline, alokasi SDM, dan budget. Bagaimana agar semuanya bisa bersama-sama bekerja mencapai target yang ada,” ujar Timmy yang sedang menekuni hobi running ini.


2. Skill yang penting dimiliki seorang Product Manager

Sudah memiliki berbagai pengalaman sebagai seorang Product Manager, Garlanda pun membagikan beberapa skill yang menurutnya penting untuk dimiliki. Pertama, listeningempathy. Menurut Garlanda, seorang Product Manager harus mau mendengarkan berbagai sudut pandang. “Kita tidak bisa langsung mengambil keputusan. Kita juga harus mau mendengarkan permintaan atau keluh kesah dari berbagai pihak. Tentu, tidak semua permintaan kita ikuti, tapi disaring juga mana yang benar-benar butuh untuk dilakukan saat ini,” jelas Garlanda.


Kedua, kemampuan untuk kolaborasi. Dalam mengembangkan suatu produk tentunya ada banyak pihak yang terlibat, termasuk Product Manager lainnya yang juga bertanggung jawab pada produk tersebut. “Saya selalu meluangkan waktu untuk ngobrol dengan Product Manager yang lainnya. Ibarat kita punya satu rumah, kalau ada yang rusak kita perbaiki bersama bukannya malah saling tunjuk. Dengan begitu, apapun yang kita lakukan, akan lebih mendapat dukungan dari satu sama lain, lanjut Garlanda.


Ketiga, kemampuan untuk cepat beradaptasi. Bagi Garlanda, ini bisa dilakukan dengan melihat apa yang sudah dicapai atau dilakukan orang-orang sekeliling kita. Ia menjelaskan, “Reflect dan lihat keadaan sekitar. Memang pertama kita harus berusaha jadi lebih baik dari diri kita sebelumnya. Namun sesekali kita juga perlu melihat apa yang sudah dilakukan orang atau perusahaan lain. Kita sudah sejauh mana dibandingkan mereka?”


3. Menjaga passion di tengah rasa jenuh

Rasa jenuh dalam pekerjaan sepertinya tidak bisa dihindari. Garlanda pun membagikan beberapa cara yang ia lakukan agar tetap passionate pada pekerjaan yang dilakukan dan tetap memberikan hasil terbaik. Pertama, ada kalanya Garlanda akan mengambil ‘jarak’ dari rutinitas sehari-harinya mengerjakan IDN App. Sebagai gantinya, ia melakukan benchmarking. Garlanda melihat apa yang dilakukan kompetitor sehingga tahu apa yang bisa diperbaiki dan dikerjakan selanjutnya.


Kedua, ia meluangkan waktu untuk mengobrol dengan keluarga atau orang tua. Rupanya, dengan cara ini Garlanda juga bisa menguji apakah produknya cukup bisa diterima oleh orang lain. “Saya coba mengobrol dengan keluarga, menceritakan produk yang kita kembangkan dengan sesederhana mungkin. Melihat apakah mereka bisa menangkap idenya. Sebagai Product Manager saya kan harus mengutamakan kepentingan pengguna, dengan cara ini saya jadi tahu respon orang terhadap apa yang saya kembangkan, mulai dari orang terdekat saya,” jelasnya.


4. Pengalaman bergabung di IDN Media

Bergabung di IDN Media memberikan pengalaman yang cukup berkesan untuk Garlanda. Setelah bergabung hampir selama satu tahun, dirinya mengakui banyak mendapat insight dan cara pandang baru mengenai pengembangan sebuah produk. “Di IDN Media, saya merasakan bisa bekerja langsung dengan co-founder. Ini menjadi sebuah pengalaman yang berharga. Selama ini saya selalu fokus dengan kebutuhan pengguna, tapi dengan kesempatan ini saya juga bisa dapat perspektif dari sisi perusahaan dan menerapkannya pada produk saya,” ujar Garlanda.


Kemudian, Garlanda juga merasa mendapat tantangan baru, yaitu untuk membangun trust dalam timnya agar dapat bekerja sama dengan lebih baik. “Saya dan beberapa tim lainnya tidak bisa selalu bertemu tatap muka karena sebagian berkantor di IDN Media Surabaya. Karena itu, penting untuk membangun trust antar satu sama lain. Menunjukkan empati, bahwa kita menghubungi mereka tidak hanya kalau ada pekerjaan tapi juga tahu cerita keseharian mereka. Sesekali kami juga mengadakan online games atau gathering untuk meningkatkan bonding tim,” jelas Garlanda menutup ceritanya.


Timmy of the Month adalah sebuah token apresiasi untuk para Timmy yang dapat menerapkan Timmyness secara total, mengambil langkah ekstra dalam melakukan pekerjaan mereka, serta menyebarkan kebaikan ke setiap individu di sekitarnya (ya, it's all about positive vibe), dan memiliki standar integritas yang sangat tinggi.


bottom of page