top of page

Timmy of the Month: Jadikan Tantangan Sebagai Kesempatan Belajar

27 Apr 22 | 11:00

Saraya Adzani

undefined

Timmy of the Month: Jadikan Tantangan Sebagai Kesempatan Belajar

Saat harus mengerjakan hal baru, ada kalanya kita merasa tidak nyaman atau takut. Padahal, di situ ada kesempatan untuk kita belajar hal baru. Hal inilah yang juga diyakini oleh Ridwan Hariri atau yang akrab disapa Kiki. Timmy dari tim Campaign di IDN Creative ini dinilai selalu menerima tantangan baru dengan optimis dan melihatnya sebagai peluang untuk tumbuh. Tak hanya itu, Kiki juga selalu berusaha memberikan yang terbaik dan mampu menjaga kolaborasi dengan siapa saja.


Tidak mengherankan jika Kiki terpilih sebagai salah satu Timmy of the Month. Sikap positif yang ditunjukkan oleh Kiki dinilai mencerminkan Timmyness no. 1: Bringing creativity, sincerity, and passion to the work dan Timmyness no. 10: Seeing the company’s success as one’s own success. Wah, bagaimana ya cerita keseharian Kiki dalam menjalankan pekerjaannya?


1. Membantu kebutuhan klien bersama tim IDN Creative

Menjadi bagian dari tim IDN Creative, Kiki bertanggung jawab untuk mengelola, eksekusi, hingga reporting campaign milik brand yang beriklan di IDN Media. Campaign yang dimaksud di sini adalah aktvitias periklanan dari sebuah brand untuk menjangkau target marketnya melalui tema periklanan yang sistematis. Bagi Kiki, role ini cukup menantang karena tentunya ada KPI (Key Performance Indicator) dalam setiap campaign yang harus dicapai.


Tidak hanya tantangan dari campaign yang dijalankannya, Kiki pun diberikan tantangan untuk mengeksplor role berbeda. Meski harus mempelajari banyak hal baru, mulai dari tools pekerjaan hingga workflow, Kiki tetap berusaha menjaga komitmennya untuk memberikan effort terbaik demi keberhasilan tim.


2. Miliki mindset untuk terus belajar

Sebelum terjun ke dunia digital advertising, Kiki telah lebih dulu menggeluti dunia video production, mulai dari TV, production house, hingga video komersial. Hingga akhirnya saat mengerjakan skripsi ia mulai mengenal bidang digital advertising. "Aku jadi sadar bahwa video adalah bagian kecil dari payung advertising campaign. Maka dari itu, aku sangat ingin terjun ke dunia digital dan IDN Media memberikan kesempatan itu," ujar Kiki.


Kiki pun mengakui bahwa ada hambatan yang harus dihadapi saat harus terjun ke bidang yang baru. Di situlah pentingnya sebuah mindset yang kuat untuk terus belajar. “Bisa dibilang aku mulai dari nol, tidak tahu apa-apa. Tapi aku buat mindset kalau aku harus belajar untuk bisa maju dan beradaptasi dengan dunia digital ini. Perlahan tapi pasti aku mulai dapat dipercaya untuk handle campaign besar. Direct supervisor aku pun memberikan aku ruang untuk bisa belajar mengambil keputusan,” lanjutnya.


3. Kesempatan meningkatkan skill dari tantangan yang dihadapi

Baru terjun ke dunia digital advertising, Kiki tidak gentar saat diberi tugas menjalankan campaign yang sulit atau bahkan belum pernah dilakukan sebelumnya. Ia justri melihatnya sebagai kesempatan yang positif, “Aku melihatnya sebagai peluang. Kalau kita bisa menghadapi tantangan tersebut, berarti ada peluang untuk meningkatkan skill dan value kita, baik secara personal maupun profesional."


Tidak hanya untuk mengembangkan dirinya sendiri, Kiki juga senang jika pembelajaran yang didapatkan dari proyek-proyek yang dia handle bisa membantu Timmy lainnya. "Aku bisa memberikan insight ketika mereka menghadapi hal atau kesulitan yang pernah kualami. Jadi kita juga bisa bermanfaat bagi orang lain," ujar Kiki.


4. Kenali rekan kerja demi kolaborasi yang lebih baik

Selain keinginan untuk belajar, suatu pekerjaan tidak akan memberikan hasil yang maksimal tanpa adanya kolaborasi yang baik. Terlebih dalam bidang digital marketing yang dalam eksekusinya akan melibatkan banyak pihak. Karena itu, kemampuan untuk membangun kolaborasi yang baik tidak boleh disepelekan. Kiki meyakini pentingnya personal approach untuk bisa membuka jalur komunikasi yang baik, “menurutku, kita harus kenali dulu siapa atau tim mana yang mau kita ajak kolaborasi, karena setiap tim maupun departemen memiliki karakter serta fungsi masing-masing,” Kiki menjelaskan.


Selain personal approach, Kiki juga menekankan pentingnya mengetahui objective dari kolaborasi yang kita lakukan. Ekspektasi terhadap masing-masing pihak yang terlibat perlu diperjelas agar semua bisa tereksekusi dengan lancar.


5. Kinerja maksimal dengan dukungan budaya perusahaan

Terlepas dari kompetensi yang dimiliki masing-masing Timmy, IDN Media juga meyakini bahwa budaya perusahaan yang positif punya peran penting untuk memaksimalkan kinerja Timmy. Inclusion dan ‘diversity is beautiful’ merupakan contoh nilai yang selalu ditanamkan IDN Media pada para Timmy. Kiki pun tak memungkiri kedua nilai itu banyak berpengaruh pada pekerjaannya, “Pertama yaitu inclusion, di mana kita bisa bekerjasama dengan banyak pihak dan departemen untuk sama-sama memberikan kontribusi di IDN Media. Selama aku bekerja di sini, semua pihak yang pernah bekerja sama denganku sangat suportif dan helpful. Kedua ‘diversity is beautiful’, di mana kita bebas berekspresi sesuai karakter diri kita tanpa memandang perbedaan agama, suku, ras, budaya dan lainya.”


Selain kedua nilai tersebut, Kiki juga menyebut adanya gaya kepemimpinan servant leadership yang membuat tidak adanya batasan hirarki maupun birokrasi yang mempersulit kolaborasi. Bahkan komunikasi dan kerja sama dengan para leaders pun bisa mudah dilakukan. “Bagiku, bisa mudah bekerja sama dengan para leaders di IDN Media sangat memberikan impact yang berbeda. Kita bisa belajar langsung dari mereka tentang visi pekerjaan dan ilmu-ilmu lain yang tidak bisa sembarangan kita dapatkan,” jelas Kiki.

Timmy of the Month adalah sebuah token apresiasi untuk para Timmy yang dapat menerapkan Timmyness secara total, mengambil langkah ekstra dalam melakukan pekerjaan mereka, serta menyebarkan kebaikan ke setiap individu di sekitarnya (yes, it's all about positive vibe), dan memiliki standar integritas yang sangat tinggi.


bottom of page