top of page

Timmy of the Month: Bersikap Adaptif, Kunci Bekerja di Industri Serba Cepat

25 Oct 22 | 16:01

Felicia Yulianti

undefined

Timmy of the Month: Bersikap Adaptif, Kunci Bekerja di Industri Serba Cepat

Saat ini, pekerjaan yang berkaitan dengan sosial media begitu banyak dicari oleh perusahaan. Meski pekerjaan tersebut menyenangkan karena berkaitan dengan tren, perubahan algoritma dan kebijakan di platform social media merupakan tantangan sehari-hari yang harus dihadapi tim sosial media.


Kali ini, IDN Media berkesempatan mewawancarai salah satu penerima penghargaan Timmy of the Month bulan September 2022 yaitu Senior Social Media Manager Donny Andrian. Bekerja bersama timnya di divisi Audience Development IDN MediaDonny dinilai konsisten menerapkan Timmyness no. 3 (Thriving in ambiguity and a fast-paced environment with constant changes) berkat sikapnya yang adaptif dan solutif dalam bekerja. Selain itu, Donny menunjukkan leadership yang baik yang sejalan dengan Timmyness no. 7 (Assisting others in the group with their work for the benefit of the group)Yuk, mengenal lebih dekat Donny dan pekerjaannya sehari-sehari di tim Social Media!


1.Bertugas memegang akun media sosial publisher di IDN Media

Bersama timnya, sehari-hari Donny bertanggung jawab mengelola akun media sosial seluruh publisher di IDN Media yaitu IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, FORTUNE Indonesia, dan Duniaku.com di berbagai platform. Selain itu, Donny bersama tim bertugas memegang seluruh akun signature event IDN Media seperti Indonesia Millennial & Gen-Z Summit serta BeautyFest Asia. Donny dan timnya juga bertugas memastikan agar publisher-publisher di IDN Media dapat menyajikan konten-konten yang relevan dan berkualitas melalui platform media sosial tersebut sekaligus memastikan performa media sosialnya tetap terjaga. Wah, sangat beragam ya ternyata pekerjaan tim Social Media di IDN Media. 


2.Hadapi tantangan dengan eksplorasi konten

Bertugas menangani akun-akun tersebut di berbagai macam platform dengan karakter berbeda menjadi tantangan sendiri bagi tim Social Media. Donny menuturkan bahwa ia dan timnya mesti mencari cara untuk menentukan "voice" di masing-masing akun. Selain itu, dunia sosial media bergerak begitu dinamis karena banyak tren baru bermunculan tiap harinya di sosial media, sementara algoritma pun terus berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Donny membagikan trik menanggapi perubahan tersebut dan membantu rekan satu tim agar sosial media milik perusahaan tetap berkinerja baik. “Harus banyak eksplor konten, bukan hanya konten yang berupa teks, tetapi juga gambar hingga berformat video. Selain itu, kita juga harus menyiapkan rencana cadangan dalam eksekusi strategi maupun konten. Jika plan A tidak berjalan, harus cepat jump in ke tren terkini supaya para audiens masih relate dengan konten yang kita buat.” ungkap Donny.


3.Momen bertemu Timmy lain sebagai penyemangat saat bekerja

Selama dua tahun bekerja sebagai Senior Social Media Manager di IDN Media, sudah banyak suka dan duka yang Donny alami. Donny mengenang satu pengalaman paling menyenangkan dan tidak menyenangkan yang ia pernah rasakan. “Hal menyenangkan tentunya saat ada acara internal seperti signature event yang memungkinkan semua Timmy berkumpul. Saat itu, kita dapat bercengkrama karena di hari biasa, biasanya kita memiliki kesibukan masing-masing sehingga tidak ada waktu untuk saling bertanya mengenai kabar satu sama lain. Sementara itu, pengalaman yang tidak menyenangkan adalah ketika harus berjibaku dengan algoritma yang suka berubah tiba-tiba dan saat menjelang akhir kuartal karena pasti banyak target yang mesti dicapai,” kata Donny.


4.Bersikap tenang menjadi kunci bertahan di industri sosial media 

Di akhir sesi wawancara, Donny pun memberikan tips kepada pembaca yang mungkin pernah bekerja di bidang kerja yang serba cepat seperti dirinya. “Harus tetap bersikap tenang. Sebagai orang yang gampang panik, aku paham rasanya dihadapkan dengan situasi tak terduga. Namun, bersikap panik itu sama sekali gak enak dan tidak menyelesaikan masalah. Jika merasa ‘penuh’, tarik napas dulu dan fokus dengan hal terdekat yang harus diselesaikan, jangan sampai sudah menyelesaikan apa yang jauh tapi yang terdekat belum selesai.” jelas Donny.


Timmy of the Month adalah sebuah token apresiasi untuk para Timmy yang dapat menerapkan Timmyness secara total, mengambil langkah ekstra dalam melakukan pekerjaan mereka, serta menyebarkan kebaikan ke setiap individu di sekitarnya (yes, it's all about positive vibe), dan memiliki standar integritas yang sangat tinggi.

bottom of page