top of page

Timmy of the Month: Bangun Kolaborasi melalui Komunikasi dan Kerja Sama yang Baik

27 Dec 22 | 16:23

Felicia Yulianti

undefined

Timmy of the Month: Bangun Kolaborasi melalui  Komunikasi dan Kerja Sama yang Baik

Saat bekerja, seseorang tidak hanya bekerja untuk mencapai target dirinya, tetapi juga membantu tim lain agar pekerjaan dapat terlaksana dengan baik sesuai tujuan perusahaan. Seni bekerja sama dengan masing-masing karyawan yang memiliki job description yang berbeda tentu memiliki treatment khusus agar dapat memberikan hasil yang maksimal.  


Kali ini, IDN Media berkesempatan mewawancarai salah satu penerima penghargaan Timmy of the Month November 2022 yaitu Infrastructure Engineer di tim Engineering Moch. Eko Susanto. Eko mendapatkan penghargaan ini karena dinilai secara konsisten menjadi sosok yang dapat diandalkan, profesional, passionate, dan siap membantu untuk mencapai kesuksesan bersama, yang selaras dengan Timmyness No. 9 (Doing the right thing even when no one is watching). Selain itu, semangat Eko dalam berkontribusi lebih dari ekspektasi perannya, memiliki inisiatif yang tinggi, serta aktif mencari solusi agar tim Engineering tetap dapat mencapai tujuan bersama juga sesuai dengan Timmyness no. 4 (Being active and collaborative rather than competitive). Yuk, simak artikel berikut ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut. 


1.Karier yang diawali dari sebuah hobi

Saat ini, Eko bekerja sebagai Infrastructure Engineer di tim Engineering IDN Media. Sebelum mencapai karier saat ini, ternyata Eko sudah memiliki ketertarikan dengan dunia teknologi sejak kecil. Berkenalan dengan dunia teknologi sejak kecil sebagai hobi, Eko kini menjadikan dunia teknologi sebagai pilihan karier. Perjalanan karier Eko ini tentu hasil dari konsistensi dirinya dalam belajar. 


“Dari kecil, saya sudah suka di dunia IT. Awalnya, saya hobi mengotak-atik komputer. Lalu, dari hobi itu, saya belajar tentang networking. Akhirnya, pihak sekolah mengarahkan  untuk belajar lebih mendalam mengenai server. Dari situ, saya mengenal dunia infrastructure itu seperti apa hingga akhirnya menekuni bidang ini.” ungkap Eko.


2.Memiliki peran memastikan seluruh server berfungsi dengan baik

Di tim Engineering, sehari-harinya Eko memiliki peran memastikan seluruh server yang dimiliki IDN Media berjalan dan berfungsi dengan baik sepanjang waktu. Eko pun menjelaskan perannya yang mungkin belum cukup familiar di kalangan awam. “Infrastructure Engineer bekerja melengkapi back end dan front end dalam suatu culture. Tugas saya mengelola dan menjaga server.” jelas Eko.


Melihat workload-nya yang bersinggungan dengan tim Engineering lainnya, Eko mengungkapkan skill dasar apa mesti dikuasai dalam menjalani perannya ini. “Untuk technical skills, seorang Infrastructure Engineer mesti menguasai basic infrastructure, seperti topologi networking karena ini berpengaruh terhadap komunikasi antar aplikasi yang dibuat. Seperti yang kita tahu, aplikasi yang dibuat tim Engineering IDN Media ini sangat banyak, sehingga seorang Infrastructure Engineer mesti memahami topologi networking agar tidak bingung bagaimana cara menyambungkan konten aplikasi satu ke aplikasi lain. Itu paling mendasar. Selain itu, seorang Infrastructure Engineer mesti memahami dasar bahasa pemrograman seperti PHP dan Golang agar dapat menerjemahkan konten aplikasi atau update dari developers ke para pengguna aplikasi dengan lancar.” jelas Eko.


3.Hadapi tantangan dengan terus belajar

Tantangan merupakan hal lumrah yang dihadapi dalam bekerja di bidang mana pun, termasuk oleh Eko dalam menjalankan perannya di IDN Media. Ia mengungkapkan tantangannya adalah mengakomodir kebutuhan beberapa tim seperti back endfront end, hingga aplikasi Android dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Sehingga, ia perlu membangun komunikasi yang baik agar kebutuhan-kebutuhan tersebut dapat diselesaikan. 


“Engineer harus terus menerus belajar dan mengikuti perkembangan teknologi sehingga kita bisa mengerti kebutuhan tim lain dan menyelesaikan isu yang ada. Lalu, jika ada tim lain yang bertanya dan meminta solusi, saya jadi dapat memberikan saran kepada mereka.” jelas Eko saat membeberkan bagaimana caranya menghadapi berbagai tantangan saat bekerja. 


4.Kerja sama tim diperlukan untuk menghadapi ketidakpastian dalam bekerja

Bekerja di bidang teknologi belakangan ini banyak diminati. Meskipun begitu, dalam setiap pekerjaan pasti ada suka dan duka yang mesti dialami. Ditanya mengenai apa hal menyenangkan dan kurang menyenangkan yang pernah dirasakan, Eko pun dengan senang hati menjelaskan.


“Bekerja di bidang teknologi itu seru, apalagi perkembangan teknologi sangat cepat jadi dapat belajar banyak hal baru. Sebagai orang berjiwa muda, saya juga senang bekerja di bidang yang sedang menjadi tren saat ini. Namun, setiap tanggung jawab pasti ada konsekuensinya. Di bidang teknologi terutama bagian infrastructure, apabila server mengalami down, kita harus siap sedia kapanpun untuk memperbaikinya. Sehingga perlu ada kerja sama tim dalam mengerjakan pekerjaan ini. Misalnya ada yang sedang standby di laptop pada malam hari, karyawan tersebut bisa membantu back up rekan tim lain yang sedang tidak available untuk menangani server down tersebut.” jelas Eko.


5.Pentingnya memupuk kolaborasi dalam bekerja

Menjelang akhir wawancara, Eko menekankan pentingnya memupuk kolaborasi dalam bekerja. Menurutnya, kolaborasi itu penting demi tercapainya target tim yang berkontribusi signifikan dalam mensukseskan tujuan perusahaan. Salah satu cara memupuk kolaborasi adalah dengan membangun komunikasi yang baik. “Jika mau kolaborasi, kita harus membangun komunikasi yang baik agar tidak ada detail pekerjaan yang tertinggal. Jika ada yang belum jelas, lebih baik berdiskusi terus dengan rekan kerja agar lebih memahami detail pekerjaan sehingga dapat dikerjakan dengan baik.” ungkap Eko. 


Timmy of the Month adalah sebuah token apresiasi untuk para Timmy yang dapat menerapkan Timmyness secara total, mengambil langkah ekstra dalam melakukan pekerjaan mereka, serta menyebarkan kebaikan ke setiap individu di sekitarnya (yes, it's all about positive vibe), dan memiliki standar integritas yang sangat tinggi.

bottom of page