top of page

IDN Foundation Ajak Timmy Berdonasi Buku untuk Saung Baca di Indonesia

20 Jan 23 | 11:12

Felicia Yulianti

undefined

IDN Foundation Ajak Timmy Berdonasi Buku untuk Saung Baca di Indonesia

Berdasarkan data dari UNESCO, Indonesia masih menempati urutan bawah dari segi literasi anak. Kurangnya minat membaca pada anak disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya kurangnya akses terhadap buku-buku berkualitas, terutama untuk anak-anak di daerah pinggiran kota dan pemukiman dengan ekonomi lemah.

IDN Media percaya bahwa upaya mendemokratisasi informasi dapat dilakukan dengan memberikan akses bacaan yang berkualitas kepada anak-anak di Indonesia dari Aceh hingga Papua. Karenanya, inisiasi gerakan literasi dari pemerintah maupun pihak-pihak swasta perlu dilaksanakan secara berkelanjutan untuk meningkatkan literasi anak-anak di Indonesia. 


1.IDN Foundation konsisten adakan program donasi buku

Untuk meningkatkan minat baca anak-anak Indonesia, IDN Media melalui IDN Foundation menyelenggarakan program donasi buku. Inisiasi ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Pada program kali ini, IDN Foundation mengajak Timmy, sebutan untuk karyawan IDN Media, untuk mendonasikan buku-buku edukatif ke kotak donasi yang berada di Melting Pot Lantai 16, kantor IDN Media HQ, Jakarta.

 

2.Ajak Timmy sumbangkan buku yang akan disalurkan ke Saung Baca di Indonesia

Nantinya, IDN Foundation akan menyalurkan buku-buku hasil donasi ke berbagai Saung Baca di Indonesia. Saat ini, IDN Foundation juga memiliki Saung Baca di dua lokasi yaitu di Jakarta Barat dan Tangerang. Akhir tahun lalu, IDN Foundation juga mengadakan program Belajar Bareng Timmy yang mana melibatkan sejumlah Timmy untuk berkunjung ke Saung Baca IDN Foundation, dan belajar bersama anak-anak di saung baca serta berdonasi buku.


3.Beragam jenis buku yang dapat didonasikan

Karena buku-buku tersebut nantinya akan didistribusikan ke anak dan remaja, buku-buku yang diterima untuk didonasikan adalah buku cerita untuk anak usia 4-15 tahun seperti buku dongeng, cerita rakyat, kkpk, pop up booksound bookboard book, buku aktivitas meliputi buku menggambar, mewarnai, menempel, menulis, membaca, berhitung, buku-buku pengetahuan umum seperti biografi, motivasi, sains, buku-buku sastra yaitu novel remaja, cerpen, puisi, serta komik dan ensiklopedia anak. 


Timmy dapat mendonasikan buku baru atau bekas yang masih layak baca dengan bahasa pengantar Indonesia maupun Inggris. Sebelum didonasikan, buku-buku harus dipastikan memiliki halaman lengkap, tidak sobek, dicoret-coret, serta tidak mengandung unsur SARA. 

Ayo, donasikan bukumu di kotak donasi IDN Foundation, karena satu buku yang didonasikan akan membuka satu jalan bagi anak-anak untuk lebih mengenal dunia. 

bottom of page