top of page

Bekerja di Bidang Finance yang Tak Melulu Harus Serius

Felicia Yulianti

17 Mar 23 | 10:11

undefined

Bekerja di Bidang Finance yang Tak Melulu Harus Serius

Bagi sebagian orang, pekerjaan di bidang keuangan identik dengan kata kaku karena berurusan dengan angka serta perhitungan rumit ditambah peraturan keuangan yang rigid. Di perusahaan, orang-orang yang memilih bekerja di bidang ini pun tak lepas dari stereotip tersebut sehingga kerap terjadi gesekan kerja ketika berinteraksi dengan orang-orang yang bekerja di bidang keuangan. 


Namun, berbeda dengan tim Finance di IDN Media yang berupaya mendobrak stereotip tersebut saat bekerja. Sebenarnya, apa scope of work yang dilakukan tim Finance IDN Media dan bagaimana cara mereka mendobrak stereotip kaku yang lekat terhadap bidang pekerjaan mereka? Simak kisah Angel Febriana dari tim Accounting yang telah berkarya di IDN Media selama 8 tahun, yuk!


1.Perkenalan dengan IDN Media yang berawal dari teman


Sebagai salah satu orang yang menjadi saksi hidup berkembangnya IDN Media sejak berdiri pada tahun 2018, Angel masih mengingat awal perjumpaannya dengan IDN Media hingga bergabung di IDN Media. Angel bercerita bahwa pada tahun 2015, setelah keluar dari pekerjaan sebelumnya, ia diberitahu oleh teman bahwa ada perusahaan yang tengah mencari karyawan yang bekerja di bidang finance. Ia pun tertarik untuk mencoba melamar karena pada saat itu, IDN Times merupakan perusahaan baru yang masih berskala kecil yang Angel anggap seperti taman bermain serta berdomisili dekat dengan rumah. Setelah memasukkan lamaran kerja, pada malam itu juga, CEO IDN Media Winston Utomo langsung menghubungi Angel untuk mengadakan sesi wawancara kerja. Lalu, ia diterima menjadi anggota tim Finance di IDN Media. 


2.Tantangan mendobrak stereotip bidang pekerjaan


Sehari-harinya, tim Finance pasti menemui berbagai tantangan dalam bekerja. Menurut Angel, salah satu tantangan terbesar yang dihadapi saat bekerja di IDN Media adalah fleksibilitas di perusahaan tech yang lebih fleksibel dibandingkan saat ia bekerja di korporasi. Hal ini berpengaruh pada cara bekerja tim Finance yang berupaya menyediakan SOP dan rule terkait finance, tax, dan accounting yang lebih fleksibel untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. “Kalau di perusahaan lain, tim finance bersikap baku dan bekerja sesuai SOP yang rigid. Di sini, aku berusaha untuk menjaga citra tim Finance di IDN Media bukan menjadi public enemy sebuah perusahaan. Namun, tim Finance di IDN Media dapat merangkul dan saling membantu tim-tim lain terkait isu finance, accounting, dan tax.” ungkap Angel.


Setelah 8 tahun berkarya, perbedaan apa yang kamu kamu rasakan ketika awal bergabung dengan kondisi saat ini? “Kurang lebih sama, kalau di korporat, tim  finance, accounting, dan tax menjadi public enemy. Kalau di sini, tim lain malah melibatkan kita untuk berdiskusi dan mencari solusi isu bersama-sama tanpa adalah selisih paham satu sama lain.”


3.Bekerja dengan semangat kolaborasi dan berkembang bersama IDN Media


Bekerja hingga saat ini dan menjadi bagian dari tim Finance, Angel mengungkapkan rasa senangnya dapat berkarya di IDN Media karena ia dapat membantu IDN Media membangun tim Finance dari nol. Ia berhasil membuat SOP dan rules sesuai dengan apa yang sudah dialami oleh IDN Media. Selain itu, ia menyukai budaya dan lingkungan kerja di IDN Media yang mementingkan kolaborasi untuk mencapai visi IDN Media secara bersama-sama. “Misalnya ada teman yang kesusahan dalam bekerja, kalimat yang selalu keluar dari anggota tim lain adalah ‘apa yang bisa saya bantu?’. Aku sangat suka bekerja dengan budaya kerja yang seperti itu.” jelas Angel.


Angel pun menyebutkan salah satu momen berkesan saat berkarya di IDN Media. Pada tahun 2017 tepatnya pada perayaan ulang tahun IDN Media yang bertajuk Timmy Turns 2, diselenggarakan berbagai kegiatan mulai dari gala dinner hingga outbound. Perayaannya sangat sederhana tetapi kekeluargaannya sangat kental. Waktu itu, Winston melakukan pidato dan hal itu menjadi momen berkesan buat Angel karena Winston berkata akhirnya IDN Media investment dari investor. “Di situ aku merasa, setelah bekerja pada 2015 hingga 2017, ada setitik cerah matahari.” kata Angel.


Angel memiliki pesan untuk IDN Media. “Jangan patah semangat. IDN Media pasti akan banyak tantangan yang dihadapi. Namun, aku yakin IDN Media akan terus terbang ke angkasa mencapai visinya yaitu mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat Indonesia.” pesan Angel. 

bottom of page