top of page

Engineering: Bidang yang Tengah Menjadi Tren dan Berkembang Dinamis

10 Apr 23 | 11:04

Felicia Yulianti

undefined

Engineering: Bidang yang Tengah Menjadi Tren dan Berkembang Dinamis

Saat ini, perkembangan digitalisasi dan teknologi informasi semakin dinamis akibat canggihnya teknologi. Banyaknya perusahaan berbentuk startup yang mengandalkan teknologi pun ikut memicu tren pekerjaan di bidang teknologi. Namun, bagaimana sebenarnya tim Engineering bekerja di sebuah perusahaan dan bagaimana cara menjadi ahli teknologi yang mumpuni. Untuk memahaminya, kali ini IDN Media mewawancarai Senior Head of Engineering IDN Media Adhitia Putra Herawan. 


1.Peran tim Engineering yang berubah-ubah seiring perkembangan zaman


Sebenarnya, peran tim Engineering di dalam perusahaan dari waktu ke waktu mengalami revolusi. Jika pada awal tahun 2000-an tim Engineering masih dianggap sebagai penunjang aktivitas perusahaan, saat ini pekerjaan di bidang teknologi memegang peran penting di sebuah perusahaan, termasuk IDN Media sebagai perusahaan media berbasis teknologi. “Di IDN Media, kami sebagai tim Engineering memposisikan diri sebagai business partner, bukan hanya sekedar tim penunjang pekerjaan tim produk-produk IDN Media dan tim yang terkait bisnis IDN Media. Artinya kami berkontribusi sekaligus memberikan ide kepada tim bisnis dalam memajukan perusahaan.” ungkap Adhitia.   


2.Perkembangan dunia teknologi yang memicu para praktisi untuk belajar


Perkembangan teknologi saat ini sangat dinamis. Agar ilmu yang dimiliki tetap relevan dengan kebutuhan perusahaan, tim Engineering IDN Media pun sehari-harinya terus mengeksplorasi hal baru yang berkaitan dengan dunia teknologi. Adhitia pun mengungkapkan timnya merupakan orang-orang yang haus belajar. “Kita terus belajar dan rutin mengadakan sharing session di tim internal kami agar dapat upgrade ilmu. Kemudian, kami akan menerapkan ilmu dan teknologi baru yang relevan sesuai kebutuhan perusahaan.” 


3.Soft skill untuk bekerja di tim Engineering


Sebagai salah satu tim yang berkutat dengan teknologi, tim Engineering tak hanya membutuhkan hard skill dalam bekerja. Menurut Adhitia, ada tiga hal yang harus dimiliki seorang engineer yang handal. “Pertama, seorang engineer harus memiliki kemampuan menganalisis sebuah masalah sesuai kebutuhan perusahaan. Kedua adalah kemampuan berpikir kritis, ketiga adalah skill komunikasi yang baik karena kita bekerja dengan tim-tim lain di internal perusahaan agar tujuan perusahaan tercapai.” jelasnya.


4.Tantangan dan tips untuk bekerja di tim Engineering


Perkembangan teknologi saat ini berbanding lurus dengan demand individu yang ahli dan siap bekerja di bidang tersebut. Menurut Adhitia, sejak tahun 2010 hingga sekarang, generasi muda mulai mengenal teknologi informatika dan berbagai talenta yang mumpuni mulai bermunculan sehingga mampu bersaing dengan para talenta dari negara lain seperti India dan Amerika Serikat. Meskipun secara technical skill para talenta bangsa sudah cukup kompetitif, kendala bahasa dan kurangnya sikap aktif para talenta ini masih menghambat mereka untuk bersaing di kancah internasional. “Sejak dulu sebenarnya Indonesia memang sudah memiliki bibit yang unggul. Namun, terkadang mereka masih kurang aktif berdiskusi dan juga terdapat kendala bahasa yang mempengaruhi kecepatan mereka menganalisis masalah yang terjadi akibat bahasa ibu kita yang bukan bahasa Inggris. Pesanku kepada para talenta muda, tingkatkan rasa percaya diri kalian dan terus belajar.” pesan Adhitia kepada para pembaca yang mungkin tertarik untuk menggeluti bidang teknologi. 

bottom of page