top of page

Dinamika Bekerja di Tim Legal yang Tak Melulu Serius

Felicia Yulianti

26 Apr 23 | 10:48

undefined

Dinamika Bekerja di Tim Legal yang Tak Melulu Serius

Bekerja di bidang yang berkaitan dengan hukum tak lepas dari stereotip serius dan kaku yang melekat di tiap individu. Hal yang wajar karena bidang ini memerlukan ketelitian dan ketegasan tingkat tinggi agar setiap kontrak kerja sama dan dokumen yang diterbitkan setiap perusahaan dapat memiliki kekuatan hukum tetap dan tidak ada kesalahan yang nantinya dapat berpengaruh pada performa perusahaan.


Namun, ada yang berbeda dengan tim legal di IDN Media, yang lebih dikenal dengan tim  Business Operations oleh para Timmy (sebutan untuk karyawan IDN Media). Tim Business Operations yang saat ini terdiri dari empat orang, yaitu Hadba Saleh, Vina Destria Saputri, Adeline Regina M, dan Deborah Uli ini terkenal dengan keramahan mereka. Untuk lebih mengenal pekerjaan sehari-hari tim ini dan bagaimana mereka berkolaborasi dalam bekerja, kali ini IDN Media berkesempatan mewawancarai salah satu anggota tim Business Operations yaitu Adeline Regina M. 


1.Lingkup pekerjaan di bidang legal yang cukup luas


Sebagai tim yang berkutat di bidang legal, tim Business Operations memiliki lingkup pekerjaan yang cukup luas. Scope of work mereka meliputi membuat drafting kontrak, perjanjian izin usaha, surat perjanjian kerja sama (SPK), bahkan surat perizinan terkait aktivitas perusahaan. “Perizinan yang dimaksud disini misalnya salah satu unit bisnis kita yaitu IDN Pictures ingin melakukan perizinan tertulis ke sebuah tempat yang akan dijadikan lokasi syuting, kami yang akan drafting dokumennya. Kami juga bekerja sama dengan konsultan untuk pendaftaran dan pengurusan HAKI.” ungkap Adeline.


2.Tantangan tim Business Operations terkait dinamika perusahaan


Sebagai perusahaan yang berdiri di Indonesia, IDN Media berkomitmen untuk menjalankan aktivitas usahanya dengan tunduk terhadap segala peraturan yang berlaku di Indonesia. Dalam menjalankan aktivitas usaha sehari-hari, IDN Media didukung oleh tim Business Operations untuk memastikan kepatuhan tersebut. Di sisi lain, IDN Media merupakan perusahaan teknologi yang memiliki dinamika kerja yang lebih cepat dibandingkan korporasi biasa. Menghadapi tantangan tersebut, tim Business Operations pun memiliki strategi tersendiri untuk memastikan pekerjaan mereka terlaksana dengan baik. Salah satu caranya mengatasi tantangan ini adalah kami harus up to date ke semua platform pemerintah untuk mengetahui peraturan yang berlaku. Kami juga terkadang mendapatkan update tentang perundang-undangan melalui televisi atau jejaring sosial.” jelas Adeline. 


Selain tantangan dari segi dinamika perusahaan, tantangan lain yang dihadapi tim Business Operations adalah terkait permintaan pembuatan dokumen hukum dari sesama Timmy yang menerima request dari partner yang ternyata tidak dapat dipenuhi karena akan berpengaruh terhadap reputasi perusahaan. Adeline menuturkan bahwa hal ini terkadang terjadi ketika Timmy dari tim Business Development melakukan kerja sama dengan partner. Negosiasi pun perlu dilakukan agar kepentingan seluruh pihak dapat terpenuhi dengan tetap mengacu pada kode etik dari sisi legal dan peraturan-peraturan yang berlaku di Indonesia.


3.Membekali diri dengan skill set demi hadapi tantangan


Untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut, tim Business Operations tentu harus membekali diri mereka dengan skill set agar dapat memudahkan mereka dalam bekerja. Selain hard skill yaitu menguasai ilmu di bidang hukum, tim Business Operations juga membekali diri dengan soft skill. “Bagi tim Business Operations, soft skill yang terpenting dimiliki adalah attention to detail dan skill komunikasi yang baik karena sehari-harinya kami akan berkolaborasi dengan Timmy lainnya.” kata Adeline. 


Selain soft skill, tim Business Operations juga perlu memiliki mindset untuk terus belajar dan suka melakukan riset. Adeline mengungkapkan bahwa kedua mindset ini penting untuk dimiliki karena tim Business Operations harus terus update ilmu agar dapat mengaplikasikan ilmu tersebut sesuai dinamika perusahaan. 


4.Budaya kerja yang positif terbukti membuat semakin semangat bekerja


Adeline pun bersyukur karena IDN Media merupakan perusahaan dengan lingkungan kerja yang dapat membuatnya bertumbuh dan membangun growth mindset. Lingkungan kerja yang positif dan kolaboratif menjadikannya dapat terus belajar dan berkontribusi untuk perusahaan dengan baik. “Saat bekerja, Timmy memiliki positive vibe dan sigap membantu jika yang lainnya sedang kesulitanSemangat ini juga yang berusaha aku tularkan ke teman-teman lain karena aku sadar budaya kerja yang ramah akan membuat kita semakin semangat dalam bekerja.” jelas Adeline.


Selain budaya kerja yang ramah, Adeline pun mengungkapkan pengalaman bekerja paling menyenangkan selama bekerja di IDN Media. “Sebagai bagian dari tim yang mengurusi urusan legal, yang selalu membuatku berkesan adalah ketika kita terlebih dahulu mengetahui sesuatu hal yang kebanyakan orang belum mengetahui hal tersebut. Misalnya, rencana akuisisi dan kerja sama investasi. Aku merasakan privilege saat diberikan amanah untuk mengetahui hal tersebut terlebih dahulu. Tentunya amanah itu harus dijaga dengan baik dan informasi tersebut menjadi rahasia hingga waktu yang sudah ditentukan perusahaan.” jelas Adeline.


Wah, ternyata bekerja di tim legal pun menyenangkan, ya!

bottom of page