top of page

Mengenal Peran Penting Account Manager di Perusahaan

Felicia Yulianti

28 Jun 23 | 10:31

undefined

Mengenal Peran Penting Account Manager di Perusahaan

Di tengah maraknya pekerjaan di bidang digital, peran seorang yang bekerja di bidang penjualan dan pemasaran tetap memiliki kepentingan yang tak tergantikan. Meskipun teknologi telah mengubah cara bisnis beroperasi, kebutuhan akan interaksi manusia dan keahlian dalam membangun hubungan tetap menjadi faktor penting dalam kesuksesan bisnis. 


Artikel kali ini akan menjelajahi peran seseorang yang bekerja di bidang penjualan dan pemasaran secara lebih dalam, serta keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk sukses dalam posisi ini bersama salah satu penerima penghargaan Timmy of the Month Mei 2023 yaitu Account Manager tim Business Development IDN Media Devira Imtiyaaz Zadid. Perempuan yang akrab disapa Devira ini secara konsisten menunjukan Timmyness No. 1 (Bringing creativity, sincerity, and passion to work) dengan menjadi sosok yang passionate dalam menjalankan perannya dan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk kepentingan bersama. Dengan tantangan yang ada, Devira dapat menjadi sosok yang diandalkan dan aktif dalam memastikan tim dapat mencapai goal. Hal ini selaras dengan Timmyness No. 3  (Thriving in ambiguity and a fast paced environment with constant changes).


1.Berawal dari motivasi diri untuk mengeksplorasi job role yang beragam


Hampir bekerja selama setahun di IDN Media, Devira bertanggung jawab menjadi bagian dari tim Business Development untuk Popbela.com. Tim Business Development sendiri adalah tim yang berfungsi untuk menghasilkan revenue di IDN Media yang berkaitan dengan bidang penjualan dan pemasaran, serta merupakan pekerjaan yang terbuka untuk jurusan apapun. Devira sendiri berasal dari jurusan komunikasi, yang mana mendukung Devira dalam pekerjaannya sehari-hari komunikasi dengan klien dan pihak-pihak lainnya.


Uniknya, sebelum bekerja di tim Business Development, usai kuliah Devira sempat bekerja sebagai reporter di salah satu media televisi di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, Devira akhirnya membutuhkan tantangan-tantangan baru. Ia pun tertarik untuk mengeksplorasi diri, mendalami job role baru di bidang penjualan dan pemasaran di beberapa perusahaan sebelum akhirnya bergabung di IDN Media. “Aku menyadari bahwa bekerja di bidang penjualan dan pemasaran tidak harus selalu pintar hitungan matematika atau harus lulusan marketing. Namun, semua orang bisa bekerja di bidang ini asalkan ada kemauan untuk mengulik dan belajar,” ungkap Devira. 


2.Bekerja membangun relasi baik dengan klien


Perkenalan Devira dengan IDN Media berawal dari keinginannya untuk bekerja di perusahaan media, dan IDN Media merupakan salah satu perusahaan impiannya untuk berkarya. Ia pun mendapatkan tawaran untuk mengisi job role di tim Business Development IDN Media. Usai menjalani proses rekrutmen, Devira pun akhirnya resmi bergabung di IDN Media pada bulan Agustus 2022. 


Sehari-harinya, Devira bertanggung jawab untuk berhubungan dengan klien-klien Popbela.com, media digital multi-platform di ekosistem IDN Media tentang fashion, kecantikan, kultur pop, dan gaya hidup untuk perempuan Millennial & Gen Z di Indonesia. Sehingga, end-product dan activation kegiatan yang ia tawarkan itu ditujukan ke brand-brand yang berkaitan dengan market-nya Popbela.com. Rutinitasnya pun salah satunya mengadakan rapat dengan klien untuk mengidentifikasi kebutuhan mereka dan disesuaikan dengan end-product dan activation yang ada di Popbela.com serta menjalin komunikasi intens dengan klien.


3.Konsisten berpikir kreatif dan passionate dalam bekerja


Tak hanya berkomunikasi dengan klien, Devira juga melangkah lebih jauh dalam pekerjaannya dengan memantau kompetitor Popbela.com, guna memahami tren terkait beauty yang digemari perempuan Millennial & Gen Z di Indonesia. “Nantinya, hasil riset tersebut dapat digunakan oleh tim redaksi Popbela.com untuk membuat program-program dan activation yang ditawarkan ke klien,” ungkap Devira. Lebih lanjut, sebagai Account Manager ia juga dituntut untuk membuat strategi pemasaran yang menarik agar klien tertarik untuk bekerja sama dengan IDN Media, khususnya Popbela.com.


Tak hanya dengan klien eksternal, dalam bekerja Devira juga menjalin komunikasi yang baik pihak internal IDN Media, seperti tim Communications, tim Audience Development, tim Campaign. “Aku menyadari bahwa pekerjaanku melibatkan tim lain di internal IDN Media, dari mulai berdiskusi hingga membantu membuat strategi pemasaran agar dapat memenuhi ekspektasi klien. Ketika klien puas dengan pekerjaan yang ter-deliver, klien pun akan menjalin kerja sama lagi dengan IDN Media yang nantinya akan berdampak pada peningkatan revenue perusahaan,” jelas Devira.  


4.Skill yang dibutuhkan untuk menjadi bagian dari tim Business Development


Tentunya terdapat beberapa skill yang perlu dikuasai agar dapat menjadi bagian dari tim Business Development. Devira menjelaskan dirinya mesti memaksimalkan skill interpersonal yang dimiliki karena akan banyak berhubungan dengan klien. “Seperti skill komunikasi agar pesan yang disampaikan dapat dimengerti oleh klien, skill empati memahami karakter dan mood klien saat proses bernegosiasi, skill bernegosiasi agar mencapai win-win solution, manajemen waktu, serta manajemen konflik saat dihadapkan dengan situasi-situasi yang di luar dugaan,” jelas Devira. Wah, ternyata banyak juga ya skill yang mesti dikuasai. Namun menurut Devira, skill di atas tidak terbatas untuk tim Business Development saja, tetapi juga perlu dikuasai bagi orang yang bekerja di bidang lain.


5.Tips bekerja di tim Business Development


Karena skill untuk dapat menjadi bagian dari tim Business Development sebenarnya dapat dikuasai siapa saja, menurut Devira siapapun memiliki kesempatan yang sama untuk switch career ke bidang ini. “Semuanya bisa mempelajari dan terjun menjadi seseorang yang berkutat di bidang penjualan dan pemasaran asalkan memiliki tekad kuat untuk terus belajar,” ujar Devira.


Selain motivasi yang kuat dari dalam diri, lingkungan kerja yang suportif pun mempengaruhi semangat seseorang untuk belajar di role yang baru. Devira bersyukur dirinya bekerja di IDN Media, perusahaan memperhatikan perkembangan karyawan dan berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan aman bagi Timmy, sebutan untuk karyawan IDN Media. “Senior-senior aku sangat welcome mengajari aku untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sisi profesional maupun personal. Mereka selalu suka membagikan pengalaman dan ilmu, didukung dengan budaya kerja yang mendorong kolaborasi antar tim,” Devira menjelaskan pengalaman berkesannya selama berkarya di IDN Media selama kurang lebih setahun ini. 

bottom of page