top of page

Mengintip Perjalanan Karier di Tim Business Development IDN Media

Felicia Yulianti

31 Aug 23 | 10:30

undefined

Mengintip Perjalanan Karier di Tim Business Development IDN Media

Dalam dunia perkembangan bisnis dan industri media, Business Development memiliki peran sentral dalam menghubungkan perusahaan dengan pelanggan, serta membantu menciptakan peluang pertumbuhan. Salah satu individu yang telah menapaki perjalanan menarik berkarier di tim Business Development adalah Achmad Reyhan, yang merupakan Senior Account Manager di tim Business Development IDN Media.

 

Berkat resiliensi, passion, dan semangat positif dalam menghadapi tantangan kerja yang selaras dengan nilai Timmyness No. 3 (Thriving in ambiguity and a fast paced environment with constant changes) dan Timmyness No. 6 (Maintaining a positive attitude even when thing's do not go one's way), Reyhan berhasil meraih penghargaan Timmy of the Month edisi Juli 2023. Mari kita ikuti kisah perjalanan karier dari Reyhan dalam artikel berikut ini!

 

1.Mengawali perjalanan dengan berani beralih karier

Reyhan memulai perjalanan kariernya dengan latar belakang pendidikan di bidang IT. Namun, dengan keberanian dan kepercayaan diri, ia memutuskan untuk beralih ke bidang Business Development di IDN Media. Reyhan pun bercerita bahwa sejak awal ia telah memegang peran ini hingga berkarya selama 4 tahun di IDN Media. “Dulu, aku mendapatkan tanggung jawab untuk mengelola project di salah satu unit bisnis IDN Media yaitu ICE (Indonesia Creators Economy). Meskipun tantangannya besar, pengalaman ini membawaku melalui berbagai tahap perkembangan yang luar biasa baik secara individu maupun profesional, sehingga aku bisa ada di titik ini,” ungkap Reyhan.

 

Selama bekerja di IDN Media, Reyhan mengungkapkan bahwa komunikasi dan pengambilan keputusan yang tepat dengan berbagai pihak yang terlibat dalam tim pun dibutuhkan untuk memastikan setiap langkah sejalan dengan visi perusahaan. Menurut Reyhan, fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi menjadi kunci sukses dalam menghadapi setiap perubahan.

 

2.Keterampilan utama untuk bekerja di tim Business Development

Reyhan mengungkapkan beberapa tantangan yang sering dihadapi dalam pekerjaannya. Berurusan dengan klien yang memiliki sifat perfeksionis dan menghadapi batasan anggaran adalah tantangan yang sering kali harus dihadapi. Fleksibilitas dan kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan berbagai permintaan klien menjadi keterampilan yang penting dimiliki individu yang menggeluti bidang ini. Karenanya, Reyhan menyoroti beberapa keterampilan utama yang diperlukan untuk bergabung dalam tim Business Development antara lain kemampuan negosiasi yang baik, kemampuan penganggaran dan pengelolaan finansial, berpikir kreatif dan kritis, pemahaman teknis, pengetahuan produk, serta bekerja secara efisien.

 

3.Budaya kerja yang membangun sinergi

Reyhan pun bersyukur karena ia bekerja di IDN Media, perusahaan yang dikenal dengan budaya kerja yang transparan, ramah, dan penuh kekeluargaan. Budaya ini memastikan bahwa setiap individu merasa nyaman dan bersemangat dalam bekerja. Kerja sama yang baik antara semua tingkatan, dari rekan kerja hingga atasan, merupakan kunci dalam menjaga semangat dan produktivitas.

 

Reyhan pun memberikan beberapa tips bagi mereka yang tertarik bergabung dalam tim Business Development. “Karena kami sering berkoordinasi dengan berbagai pihak antara lain klien dan pihak internal perusahaan, seorang yang bekerja di tim Business Development mesti memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan efektif serta kesabaran dalam menghadapi berbagai karakteristik klien. Selain itu, soft skill lainnya yang dibutuhkan adalah kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan, ketangguhan dalam menghadapi tantangan, kemampuan berpikir cepat, dan kemampuan berpikir kreatif,” jelas Reyhan. 

 

Perjalanan karier Reyhan di tim Business Development IDN Media menunjukkan bahwa dengan keberanian, terus mengasah keterampilan, dan adaptasi terhadap perubahan merupakan etos kerja yang mesti dimiliki agar sukses berkarier di industri media.

bottom of page