top of page

IDN Media Adakan Program IDN Media Goes to Campus di Universitas Airlangga, Surabaya

5 Sep 23 | 18:34

Felicia Yulianti

undefined

IDN Media Adakan Program IDN Media Goes to Campus di Universitas Airlangga, Surabaya

Lebih dari 200 mahasiswa/i dari berbagai fakultas di Universitas Airlangga berpartisipasi dalam program IDN Media Goes to Campus yang diadakan pada tanggal 5 September 2023 di Universitas Airlangga, Surabaya. Acara ini dimulai dengan sambutan dari Kania Aisha Pasaman selaku Head of Communications IDN Media yang bertujuan untuk mengenalkan ekosistem IDN Media. 

 

 

Rangkaian program IDN Media Goes to Campus terdiri dari talkshow serta sharing and practice session. Terdapat tiga sesi menarik dalam program IDN Media Goes to Campus di Universitas Airlangga kali ini yaitu ‘How to Choose the Right Technology During the Early Stage of Growing a Company’, ‘How to be a Successful Content Creator’, dan ‘Behind Live Streaming Technology’. Ketiga sesi dihadiri oleh para Timmy, sebutan untuk karyawan IDN Media, yang ahli di bidangnya masing-masing.

 

1.Peran penting teknologi untuk kesuksesan dan skalabilitas perusahaan rintisan

Sesi talkshow bertemakan ‘How to Choose the Right Technology During the Early Stage of Growing a Company’ menghadirkan dua pembicara dari tim Technology IDN Media yaitu Senior Head of Engineering IDN Media Adhitia Putra Herawan dan Head of Product IDN Media Ariel Aulia Widjaja. Dipandu oleh Head of Communications Kania Aisha Pasaman, sesi ini memberikan banyak insight mengenai peran penting pemilihan technology stack yang tepat untuk untuk kesuksesan dan skalabilitas perusahaan rintisan. Selain itu, technology stack yang tepat dapat membantu perusahaan untuk berinovasi dan unggul dari para kompetitor. Bahkan meski lanskap bisnis bergerak sangat dinamis dan kondisi pasar dapat berubah dengan cepat, memprioritaskan fleksibilitas dan skalabilitas dalam pemilihan teknologi memungkinkan perusahaan rintisan untuk memastikan keberlanjutan perusahaan dalam jangka panjang. “Adanya revolusi produksi melalui pemanfaatan teknologi merupakan suatu inovasi dalam bisnis agar tumbuh secara berkelanjutan,” ungkap Ariel. 

 

2.Sesi sharing dan praktek cara menjadi content creator yang handal

Di siang hari, rangkaian acara dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu sharing and practice session bertemakan ‘How to be a Successful Content Creator’. Mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Bahasa Universitas Airlangga antusias mengikuti sesi ini. Ada tiga pembicara yang hadir membawakan materi dan insight cara menjadi konten kreator yang handal yaitu Coordinating Editor IDN Times Ernia Karina, Senior Social Media Associate Bayu Nur Seto IDN Media, dan Product Manager IDN Media Mirra Ariesta A. Adiba. 

 

Menurut Ernia, ada beberapa strategi yang perlu diperhatikan untuk menjadi content creator yang sukses. Ia menjabarkan bahwa content creator mesti memproduksi konten yang sesuai dengan passion dan minatnya. Selain itu, memahami preferensi, minat, dan masalah target audiens pun perlu dilakukan agar konten yang dibuat relevan dengan audiens. Konsistensi dalam memproduksi konten, sikap kolaboratif dengan content creator lain, serta menjadi diri merupakan karakteristik yang diperlukan untuk menjadi content creator yang sukses. 

 

Tentunya, seorang content creator juga perlu memanfaatkan berbagai platform untuk berkarya agar konten mereka dapat dikenal dan dikonsumsi audiens lebih luas, mengurangi ketergantungan terhadap satu platform, dan membuka jalan untuk pintu kolaborasi dan monetisasi yang lebih lebar. Karenanya, dari segi teknologi, seorang content creator harus dapat membuat membuat keputusan terkait konten yang akan dibuat berdasarkan data audiens. Data membantu content creator membagi audiens mereka berdasarkan preferensi, demografi, dan perilaku demi membuat konten yang dipersonalisasi sesuai dengan kelompok-kelompok tertentu, meningkatkan keterlibatan dan loyalitas audiens.

 

3.Seluk beluk live streaming yang dapat dimanfaatkan secara luas

Rangkaian terakhir program IDN Media Goes to Campus di Universitas Airlangga berupa talkshow bertajuk ‘Behind Live Streaming Technology’. Sesi ini menghadirkan tiga pembicara yaitu Engineering Manager IDN Media Luthfi Ali, Senior Software Engineer IDN Media M. Zuhriyan Sauqi, dan Senior Software Engineer IDN Media Timotius Leonardo Lianoto. Ketiganya membahas tentang live streaming sebagai teknologi terkini yang memungkinkan para pengusaha untuk terhubung dengan audiens mereka secara real-time, sehingga dapat menghasilkan pengalaman interaktif dan menarik. Dengan memanfaatkan teknologi live streaming, para pengusaha dapat menjual produk dan jasa mereka, menghasilkan uang dari konten yang diproduksi, membangun komunitas, dan menciptakan pengalaman inovatif bagi para audiens.

 

Komponen utama pun diperlukan untuk membangun platform live streaming yang kuat antara lain infrastruktur backend yang handal untuk mengelola pemrosesan, penyimpanan, dan distribusi konten live streaming dengan baik, pemrosesan video, serta teknologi komunikasi real-time seperti fitur chat untuk memfasilitasi interaksi antara streamers dan audiens selama live streaming berlangsung.

 

Itulah keseruan rangkaian acara IDN Media Goes to Campus yang diadakan di Universitas Airlangga. Pada tanggal 7 September 2023, IDN Media Goes to Campus akan hadir di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dengan beragam topik menarik juga inspiratif. So, stay tuned!


 

bottom of page