top of page

Mengukir Sukses di Dunia IT: Kunci Utama Bekerja dengan Passion

25 Sep 23 | 10:26

Felicia Yulianti

undefined

Mengukir Sukses di Dunia IT: Kunci Utama Bekerja dengan Passion

Bekerja sesuai dengan passion memiliki signifikansi yang mendalam dalam membangun karier yang memuaskan secara pribadi. Ketika seseorang mengejar pekerjaan yang sesuai dengan passion, mereka tidak hanya melakukan tugas-tugas rutin, tetapi juga menjalankan tugas dengan rasa antusiasme dan kegembiraan yang tulus. Selain itu, bekerja dengan passion juga membantu individu untuk terus belajar dan berkembang, karena mereka merasa terinspirasi untuk mengeksplorasi berbagai aspek dalam bidang yang mereka cintai. 

 

Seperti penerima Timmy of the Month Agustus 2023, Michael Surompo secara konsisten menjalankan perannya sebagai bagian dari tim Engineering IDN Media. Michael merupakan Timmy yang dapat diandalkan dan passionate dalam menjalankan perannya. Michael juga adalah Timmy yang senantiasa membantu Timmy lain dan memberikan yang terbaik untuk memastikan tim mencapai tujuan bersama. Hal ini selaras dengan Timmyness No. 1 (Bringing creativity, sincerity, and passion to work) dan Timmyness No. 7 (Assisting others in the group with their work for the benefit of the group). 

 

1.Rutinitas harian yang berkutat pada koneksi internet dan fasilitas IT lainnya

Secara garis besar, tugas utama Michael sebagai bagian dari tim Engineering adalah memastikan fasilitas di IDN Media, khususnya ruang rapat dan kantor operasional, berada dalam kondisi optimal sebelum digunakan. Rutinitas harian Michael berfokus pada aspek teknis pekerjaannya di tim Engineering. Tugas pertama adalah memastikan koneksi internet yang mulus, dipadu dengan pemeriksaan keamanan sebelum penggunaan. Proses teliti ini menjamin pengalaman yang lancar bagi pengguna yang mengandalkannya. Dengan lebih dari 200 Timmy terhubung di pagi hari selama jam operasional kantor, prioritas Michael adalah memastikan semuanya berjalan lancar.

 

Pekerjaan sehari-hari di tim Engineering ini sejalan dengan latar belakang pendidikan Michael di bidang sistem informatika yang memusatkan perhatian pada manajemen bisnis dan coding, dua bidang yang memukau minatnya. Sebelum bergabung dengan IDN Media, Michael menghabiskan lebih dari dua tahun sebagai Asisten Laboratorium serta terlibat dalam dukungan infrastruktur kampus seperti manajemen koneksi internet dan perangkat keras komputer. “Aku suka belajar mengotak-atik komputer, coding, dan konfigurasi jaringan sejak SMP. Ketika aku masuk masuk perguruan tinggi dan bergabung sebagai Asisten Laboratorium, ketertarikan ini pun semakin kuat sehingga aku tekuni,” ungkap Michael.

 

2.Tantangan dan keberhasilan bekerja di IDN Media

Salah satu tantangan besar yang dihadapi Michael saat bekerja di IDN Media adalah bernegosiasi dengan vendor, terutama penyedia layanan internet. Ia mengakui kompleksitas proses ini, berkat pengalamannya sebagai mantan karyawan salah satu vendor. Pengalaman ini memungkinkannya untuk menavigasi dan menjelaskan situasi dengan baik, memastikan kondisi aktual dapat dikomunikasikan secara tepat.

 

Selama dua tahun bekerja di IDN Media, Michael telah melihat kemampuannya berkembang. Michael pun belajar banyak soft skill yang mendukung hard skill yang sudah dimiliki antara lain memelihara komunikasi yang terbuka dan efektif serta sikap kolaborasi. Apalagi, tim Engineering IDN Media tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Selain itu, Michael juga menjaga komunikasi dengan tim lain ketika mereka membutuhkan bantuan Michael. Ia mengaku komunikasi yang intens perlu dilakukan agar project yang dikerjakan berjalan lancar. “Misalnya, jika ada event-event di kantor yang membutuhkan koneksi internet yang stabil, saya juga berkoordinasi dengan tim event untuk memastikan semua kebutuhan terpenuhi. Penting untuk mengkomunikasikan kebutuhan event dari jauh hari agar persiapan terkait koneksi internet dapat terlaksana secara maksimal,” jelas Michael. Komunikasi yang efektif dan kemampuan untuk berinteraksi dengan berbagai tim menjadi keterampilan penting yang terus diasah.

 

3. Lingkungan kerja yang mendukung passion karyawan

Tentunya, perkembangan karyawan di suatu perusahaan dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya lingkungan dan budaya kerja yang kondusif bagi karyawan untuk berkembang. Hal itulah yang dirasakan Michael saat bekerja di IDN Media. “Di mata saya, budaya kerja di tim Engineering IDN Media cukup santai namun tetap berorientasi pada hasil yang optimal. Sebagai perusahaan, IDN Media menegaskan pentingnya kinerja sebagai prioritas utama. Di lingkungan ini, tercipta suasana kerja yang santai, asalkan target dan pencapaian hasil tetap terjaga. Hal yang krusial adalah menghindari jebakan rutinitas yang monoton, dan senantiasa berinovasi dengan mencoba hal-hal baru,” ungkap Michael.

 

4. Tips bekerja di bidang IT

Michael memberikan saran berharga bagi para pembaca yang bercita-cita berkarier di bidang IT. “Temukan dan kerjalah sesuai passion masing-masing karena dunia IT begitu luas dengan teknologi yang terus berkembang seperti pengembangan perangkat lunak, jaringan, atau manajemen aplikasi. Selanjutnya, penting menjadikan passion sebagai pemandu dalam karier. Menyukai pekerjaan memungkinkan seseorang untuk terus termotivasi dan berdedikasi sepenuh hati dalam pekerjaannya di dunia IT. Terakhir, menurutku kita perlu mengembangkan kemampuan komunikasi demi kolaborasi yang apik dengan berbagai tim.” jelas Michael.

bottom of page