top of page

Pentingnya Semangat Positif dalam Bekerja di tim Komunitas

27 Sep 23 | 09:58

Felicia Yulianti

undefined

Pentingnya Semangat Positif dalam Bekerja di tim Komunitas

Semangat positif yang ditanamkan oleh karyawan dalam suatu perusahaan adalah pondasi utama dari keberhasilan dan kesejahteraan organisasi tersebut. Hal ini memegang peran penting dalam berbagai aspek operasional dan budaya perusahaan, antara lain meningkatkan produktivitas kerja tim, membangun lingkungan kerja yang positif, dan meningkatkan kualitas hubungan antara karyawan. 

 

Irabilla Putri Suparno dari tim Communications IDN Media adalah salah satu Timmy (sebutan untuk karyawan IDN Media) yang menerima penghargaan Timmy of the Month Agustus 2023. Billa secara konsisten menunjukan Timmyness no. 1 (Bringing creativity, sincerity, and passion to work) dan Timmyness no. 10  (Seeing the company's success as one's own success) dalam menjalankan perannya sebagai Timmy yang passionate, professional, dan senantiasa menyebarkan semangat positif pada tim agar tujuan tim dapat tercapai.

 

1.Bekerja menangani anggota komunitas di IDN Media

Perempuan yang akrab dipanggil Billa ini merupakan bagian dari tim Communications yang mengurusi bagian community. Sebagai tim Community di IDN Media, Billa dan timnya bertugas menangani para anggota komunitas di IDN Media, yang saat ini jumlahnya mencapai 16 ribu anggota. Tim Community juga aktif mengadakan kegiatan aktivasi, baik secara offline maupun online, agar para anggota yang sudah ada aktif menjalin keterlibatan dengan unit-unit bisnis IDN Media serta menjaring anggota baru.

 

Berurusan dengan berbagai latar belakang dan minat dari anggota komunitas, Billa mengakui tantangan terbesar adalah bagaimana mengakomodasi perbedaan ini. Sehingga, tim aktif menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk mengadakan berbagai kegiatan serta  melakukan riset untuk memahami preferensi dan kebutuhan para anggota agar dapat merencanakan acara yang sesuai dengan minat mereka.

 

2.Bekerja berorientasi pada solusi 

Dalam menjalani pekerjaan sehari-hari dengan segala tantangannya, tim Community perlu membekali diri dengan sejumlah skill set. Menurut Billa, anggota tim Community mesti memiliki sejumlah soft skill seperti public speaking, kemampuan bernegosiasi, serta keterampilan membangun relasi dengan banyak orang yang dapat membantu mereka dalam berinteraksi dengan berbagai individu yang memiliki karakter dan minat beragam.Billa menyarankan untuk selalu mempertahankan mindset positif. “Fokus pada solusi daripada masalah adalah kuncinya. Ini membantu dalam menjaga semangat positif, terutama dalam kepadatan aktivitas,” ungkap Billa.

 

3. Bekerja efektif dan efisien demi hasilkan kinerja terbaik

Billa sudah setahun berkarya di IDN Media. Ia pun mengakui bahwa budaya kerja di IDN Media menuntut individu untuk beradaptasi dengan cepat dalam berbagai situasi. Kecepatan yang diperlukan dalam pekerjaan memerlukan kesiapan untuk berubah. “Awalnya kaget karena Timmy itu selalu bergerak cepat. Namun, hal inilah yang menjadikan kita dapat bekerja secara efektif,” ungkap Billa.

 

Ia pun memberikan tips kepada para pembaca yang ingin bekerja di IDN Media. “Bawa pikiran yang terbuka dan positif saat bergabung di sini. Selain itu, menjadi anggota yang aktif, tanggap terhadap perubahan, dan berusaha untuk memahami budaya kerja yang diterapkan di IDN Media adalah kunci sukses untuk bekerja di sini,” jelas Billa.


 

bottom of page