top of page

Intip Tips dari Wall Street Indonesia dalam Membuat Presentasi dalam Bahasa Inggris yang Menarik

13 Feb 24 | 15:05

Ferina Giovanca Hotnauli

undefined

Intip Tips dari Wall Street Indonesia dalam Membuat Presentasi dalam Bahasa Inggris yang Menarik

Penguasaan bahasa Inggris telah menjadi suatu keharusan bagi generasi muda, khususnya generasi Millenial dan Gen Z. Kemampuan ini tidak hanya penting untuk beradaptasi di era saat ini, melainkan menjadi modal utama untuk memberikan kontribusi yang berarti. Bahasa Inggris saat ini telah menjadi bahasa universal yang digunakan dalam berkomunikasi di seluruh dunia. Lebih dari sekadar memahami kata-kata, kemampuan berkomunikasi, terutama dalam presentasi menjadi salah satu soft skill yang esensial.

Dengan menyadari pentingnya dalam menggunakan bahasa Inggris serta kewajiban untuk melakukan presentasi dengan baik, IDN Media menggelar training class bersama Wall Street English Indonesia. Kegiatan ini tidak hanya memberikan edukasi, namun juga menjalankan latihan intensif untuk meningkatkan keterampilan para Timmy (sebutan karyawan IDN Media) dalam menciptakan presentasi dalam bahasa Inggris yang efektif. 

Sejalan dengan semangat pendidikan dan pembinaan karyawan, berdasarkan data dari Indonesia Millennial and Gen Z Report 2024, 60% orang bergabung dengan perusahaan yang memberikan kesempatan untuk mengembangkan karir mereka. Oleh karena itu, kolaborasi ini menjadi satu langkah strategis dari IDN Media untuk meningkatkan skill serta rasa percaya diri Timmy. 

Training class yang mengangkat tema tentang "How to Create Winning Business Presentation?" ingin memberikan wawasan mendalam kepada Timmy tentang tiga hal penting dalam menciptakan presentasi yang efektif:

1. Pentingnya membuat hook pada awal presentasi

Pelatihan dimulai dengan penekanan pada pentingnya menciptakan hook yang kuat pada awal presentasi. Peserta diberi pemahaman bahwa sebuah hook yang menarik pada awal presentasi dapat menahan perhatian audiens sepanjang presentasi. Tanpa adanya hook yang efektif, risiko bosan audiens menjadi lebih tinggi. Dalam sesi ini, peserta diajarkan tips dan trik untuk menciptakan berbagai jenis hook menarik yang dapat diterapkan dalam presentasi mereka nanti.

2. Memahami teknik presentasi yang baik dan efektif

Timmy juga dibekali dengan pengetahuan tentang teknik-teknik presentasi yang efektif. Coach dari Wall Street English Indonesia memberikan contoh presentasi yang baik kepada peserta, termasuk penyusunan struktur presentasi yang tepat, pemilihan kata-kata yang efektif, serta penggunaan visualisasi yang menarik untuk mendukung pesan yang disampaikan

3. Menggunakan body language yang tepat

Tidak hanya itu, peserta juga diberikan pemahaman tentang pentingnya menggunakan body language yang tepat dalam komunikasi nonverbal. Body language dianggap sebagai faktor pendukung utama dalam menyampaikan pesan saat presentasi. Peserta diajarkan bagaimana menggunakan gerakan tubuh yang tepat untuk mendukung efektivitas komunikasi dan meningkatkan kepercayaan diri dalam menyampaikan pesan pada presentasi.

Kegiatan ini tidak hanya berhasil mencapai tujuan utama, yaitu meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri Timmy, tetapi juga mendapat respons positif dari para peserta pelatihan. Salah satu peserta, Agung Wandastari dari tim Business Development, menyatakan kegembiraannya, "Saya sangat senang bisa mengikuti training ini. Coach sangat membantu saya dalam meningkatkan kemampuan presentasi dan juga memperluas kosakata bahasa Inggris saya. Suasana kelas yang interaktif juga mendorong saya untuk lebih aktif dalam berbicara dan meningkatkan kepercayaan diri saya."

Dengan kolaborasi antara IDN Media dan Wall Street English, diharapkan memberikan dorongan positif kepada para Timmy untuk meningkatkan keterampilan presentasi mereka serta memperkuat rasa percaya diri untuk masa depan. Tujuannya adalah memberikan kontribusi yang lebih besar dalam pengembangan karier mereka, terutama dalam menyambut satu dekade IDN Media yang akan datang.

bottom of page