top of page

ISAFIS Merayakan Ulang Tahun ke-40 dengan Tema “40 Years for Peace”di IDN Media HQ

15 Mar 24 | 18:37

Ferina Giovanca Hotnauli

undefined

ISAFIS Merayakan Ulang Tahun ke-40 dengan Tema “40 Years for Peace”di IDN Media HQ

Indonesian Student Association for International Studies (ISAFIS) merayakan ulang tahun yang ke-40 tahun pada 9 Maret 2024 di IDN Media HQ. ISAFIS sendiri didirikan pada tahun 1984 oleh Faizal Motik dan sembilan rekan lainnya. Dengan misi “promoting mutual understanding among nations”, ISAFIS bertindak sebagai platform diplomasi pemuda yang mengedepankan hubungan antar negara oleh generasi muda sebagai agen perubahan. Sebagai organisasi mahasiswa yang fokus pada isu-isu internasional, ISAFIS menjadi organisasi mahasiswa/i pertama di Indonesia yang meraih penghargaan kehormatan sebagai Peace Messenger Award dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

 

2. IDN Media menjadi tuan rumah untuk acara puncak perayaan ulang tahun ISAFIS  

Di ulang tahun ISAFIS yang ke-40 tahun, IDN Media menjadi tuan rumah acara puncak perayaan sebagai tempat untuk temu kangen dan berdiskusi mengenai isu-isu internasional lainnya. Dalam penjelasannya, IDN Media menegaskan salah satu nilai yang selalu dijunjung dalam lingkungan perusahaan maupun di luar bagi para Timmy (sebutan untuk karyawan IDN Media) yaitu being active and collaborative rather than competitive. Dengan penekanan ini, IDN Media diharapkan dapat menjadi contoh bahwa setiap perusahaan mampu mengembangkan kolaborasi dari segala aspek.

“Kami berharap kolaborasi antara IDN Media dan ISAFIS dapat terus berlanjut dan berkembang lebih jauh lagi. Kami senang sekali, IDN Media memberikan fokus besar kepada generasi mendatang yaitu untuk Millennial dan Gen Z,”  ujar Faizal Motik salah satu pendiri ISAFIS. 

 

2. Talkshow interaktif bersama tokoh penting untuk membahas prospek politik dan kebijakan luar negeri

Dalam perayaannya, terdapat sesi talkshow yang mengundang pembicara-pembicara terkemuka yang juga alumni ISAFIS seperti Fadli Zon, Faizal Motik, dan Irma Hutabarat. Turut hadir juga rekan-rekan mitra dan himpunan mahasiswa dari berbagai kampus yang ikut penasaran mengenai isu-isu politik dan kebijakan luar negeri. 

 

Menurut Fadli Zon, dalam konteks politik bebas-aktif Indonesia saat ini, terdapat perpindahan arah yang merujuk pada gerakan non-block movement menjadi non-aligned movement. Dalam upaya mendorong kerja sama antar negara, Indonesia kini lebih menekankan kerja sama multilateral baik di tingkat regional maupun global.

 

Sedangkan dari perspektif Irma Hutabarat selaku aktivis menyebutkan bahwa semua isu atau masalah yang timbul dalam politik luar negeri, perlu untuk melakukan investigasi lebih lanjut oleh pemerintah melalui kebijakan yang berorientasi pada kepentingan masyarakat Indonesia.

 

3. IDN Media mendukung ragam kolaborasi untuk memajukan generasi muda

IDN Media mendukung kolaborasi dalam segala bentuk untuk mendukung kesuksesan generasi muda sebagai fokus utamanya. Dengan memfasilitasi beragam jenis kemitraan dan kerja sama, IDN Media bertujuan untuk memberikan platform yang memungkinkan generasi muda untuk berkembang. Sesuai dengan visinya yaitu mendemokratisasi informasi dengan sasaran audiens Millennial dan Gen Z. Melalui komitmen ini, IDN Media berupaya untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung bagi para pemuda dalam mencapai potensi penuh mereka dan mewujudkan impian mereka untuk masa depan yang lebih baik.

 

Dengan rangkaian acara yang beragam dan partisipasi yang luas dari berbagai pihak, perayaan 40 tahun ISAFIS menjadi sebuah momentum yang berkesan dan bermakna. Ini tidak hanya menjadi perayaan ulang tahun sebuah organisasi, tetapi juga refleksi atas dedikasi dan komitmen ISAFIS dalam membangun pemahaman bersama antar bangsa serta menginspirasi generasi muda sebagai agen perubahan dalam diplomasi pemuda dan tentunya IDN Media akan dengan senang untuk mendukung kegiatan anak muda lainnya. 

bottom of page