Abidzar Ceritakan Proses Casting Sebelum Resmi Dipilih untuk Perankan Roy

Amelia Rosary Dewi | 18 January 2021

Setelah Konferensi Pers Film Balada Si Roy usai dilaksanakan, IDN Pictures berkesempatan mengadakan sesi Instagram Live untuk mengungkap fakta menarik lainnya dari film perdana IDN Pictures ini. Pada Rabu, 18 Desember 2020, IDN Pictures mengundang langsung pemeran utama dari film yang akan mulai digarap oleh IDN Pictures pada tahun 2021 tersebut, yaitu Abidzar Al Ghifari. Wah, cerita apa saja yang dibagikan oleh Abidzar, ya?

1. Film yang realistis, yang bisa dialami oleh siapa saja

Novel legendaris karya Gol A Gong yang sudah harum namanya sejak era ‘80 hingga ‘90-an ini sempat menginspirasi banyak orang pada masanya. Tak sedikit orang yang mengaku terinspirasi oleh sosok Roy, pemeran utama dari novel Balada Si Roy tersebut. Itulah mengapa Fajar Nugros, Head of IDN Pictures yang juga merupakan sutradara dari film Balada Si Roy menyatakan bahwa novel tersebut memang layak untuk diangkat ke layar lebar. 

Dipilih untuk memerankan Roy di film tersebut, Abidzar mengaku, “Saat gue dipercaya untuk memainkan peran sebagai Roy, gue senang banget karena Roy ini, ‘kan, figur yang menginspirasi dan keren. Selain itu, film Balada Si Roy ini intinya akan bercerita tentang laki-laki muda yang sedang mencari jati diri dan cinta sejati dengan bumbu-bumbu perjuangan. Ceritanya tidak menggambarkan kehidupan yang sempurna, tapi justru itu realistis dan makin banyak orang yang bisa relate.”

2. Kemiripan Abidzar dengan sosok Roy

Saat ditanya mengenai kemiripan karakter dirinya dengan Roy, Abidzar mengungkapkan, “Wah, gue ngga bisa nilai diri gue sendiri, tapi ketika gue menyodorkan novel Balada Si Roy ke teman-teman dan minta mereka untuk baca, kebanyakan mereka bilang kalau gue memang pas dengan karakter si Roy. Apalagi dengan selera musik rock tahun ‘80 hingga ‘90-an yang sama, nasib ditinggal ayahnya saat dia kecil juga sama, hobi berpetualang pun begitu.”

3. Abidzar awalnya mengikuti casting untuk karakter lain

Di Live IG Balada Si Roy kali itu, Abidzar membagikan ceritanya saat pertama kali mengikuti proses casting untuk film tersebut. “Waktu itu, gue dipanggil oleh caster untuk casting di kantor IDN Pictures. Awalnya, gue diminta untuk memainkan peran Andi. Namun, minggu depannya pas lagi tidur siang, gue ditelepon oleh caster-nya, katanya Fajar Nugros, sutradaranya, mau ngomong langsung sama gue,” ia menceritakan.

Siang itu juga, Abidzar langsung berangkat ke kantor IDN Pictures. “Deg-degan, tapi gue positive thinking saja lah, mungkin ini ada tawaran yang lebih baik dari Bang Nugros. Ternyata, tibanya di sana, Bang Nugros bilang kalau dia percaya gue lebih cocok jadi pemeran utamanya, ya si Roy itu. Senang banget, sekaligus merasa tertantang karena dengar-dengar, Bang Nugros ini cari pemeran yang tepat buat si Roy ini butuh waktu dua tahun, lho, jadi gue ngga boleh sia-siakan itu,” kata Abidzar menutup sesi Live IG hari itu.