Anti-Aging: Sadari 5 Hal Ini untuk Jaga Kulit Agar Tetap Glowing

Amelia Rosary Dewi | 7 November 2020

Pada hari kedua BeautyFest Asia 2020 X Shopee by Popbela.com, para beauty enthusiasts diundang untuk mengikuti sebuah talk show yang berjudul “Anti Aging Talk: 5 Steps for Never Stop Glowing Skin”. Bersama Deszell, seorang beauty content creator, hal-hal yang berkaitan dengan penuaan pada kulit―mulai dari faktor, usia yang tepat untuk mulai mengaplikasikan anti-aging, hingga bahan skincare yang tepat untuk jenis kulit kita, akan dibahas tuntas. 

1. Faktor penuaan pada kulit

Penuaan pada kulit bisa dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Deszell menyebutkan, “Faktor internal itu meliputi faktor genetik atau hormon. Namun, perlu diingat bahwa faktor eksternal malah jauh lebih berpengaruh, lho. Misalnya, paparan matahari, kondisi psikologis kita yang sering kali dikaitkan dengan stres, dan diet yang tidak tepat. Bahkan, terlalu sering berada pada ruangan ber-AC juga bisa memengaruhi penuaan pada kulit.”

Lebih lanjut, Deszell menyatakan, “Rasa stres akan banyak menyita pikiran kita dan bahkan dapat menyebabkan insomnia. Kalau tidur kurang, kulit juga akan bertambah kering, kantung mata pun menghitam. Ini, ‘kan, tanda-tanda penuaan juga. Diet pun harus dilakukan dengan benar. Saat diet, terkadang kita lupa untuk makan makanan yang bergizi seimbang. Padahal, we are what we eat.”

2. Kapan boleh pakai produk anti-aging?

Kita tak jarang menunda penggunaan anti-aging karena merasa masih muda. Padahal, menurut Deszzel, lebih baik menyiapkan payung sebelum hujan daripada harus terlambat. “Baru pakai anti-aging setelah melihat adanya tanda-tanda penuaan. Nah, ini salah karena hasilnya pasti akan kurang efektif. Kemudian, berapa usia yang tepat untuk mulai menggunakan anti-aging? Jawabannya relatif. Hal ini tidak bisa dipatok usia,” terangnya.

Bagi Deszzel, penggunaan anti-aging harus disesuaikan dengan kondisi kulit dari masing-masing kita. Ia menegaskan, “Coba ukurlah seberapa sering kita terkena paparan matahari, radikal bebas? Seberapa sering kita berada di ruangan ber-AC? Nah, satu orang dengan yang lain tentu memiliki kondisi yang berbeda, jadi kesadaran untuk mulai mengaplikasikan anti-aging harus berasal dari diri sendiri.”

3. Ciri-ciri penuaan dini

Ciri-ciri penuaan dini yang sering kali dijumpai pada orang-pada Asia dengan iklim tropis adalah kusam pada kulit. Selain itu, kulit yang kering juga bisa menjadi salah satu ciri-ciri penuaan dini yang lain. “Kalau tadinya lembab, tapi kemudian berubah drastis dan menjadi sangat kering, itu sudah harus diwaspadai. Bila usia kita masih relatif muda, namun kulit sudah mulai kendur, ini juga sesuatu yang lain yang harus diamati,” ucapnya.

Melanjutkan penjelasannya, Deszzel mengatakan, “Biasanya, setelah bangun tidur, kita akan menemukan cap bantal pada wajah kita. Nah, jika cap bantal itu hilang dalam waktu yang relatif lama, itu juga merupakan ciri-ciri penuaan dini. Terkadang, ciri-ciri penuaan diri tak begitu terlihat, jadi kita harus seksama mengamati.”  

4. Bahan skincare yang tepat untuk kulit kita

Treatment untuk kulit yang kering dan lembab pun berbeda. “Untuk kulit kering, misalnya, kita harus pakai anti-aging dengan tekstur yang lebih kental. Salah satu bahan yang harus ada adalah hyaluronic acid karena komposisi ini dapat menarik kandungan air dan menahan kelembapan di kulit kita. Berbeda dengan tipe kulit berminyak, yang sebaiknya memakai anti-aging yang lebih ringan seperti gel. Bahannya harus memiliki kandungan vitamin B3 complex,” ia menerangkan secara lebih detail.

5. Rutin pakai skincare 

Sudah rutin memakai skincare selama dua minggu, tetapi hasil yang signifikan tak juga kunjung terlihat. Hal seperti ini tak jarang membuat kita merasa berkecil hati dan ingin menyerah. “Wah, jangan sampai mudah putus asa, ya! Harus diketahui bahwa siklus skincell kita adalah 28 hari, jadi jangan terlalu mengharapkan perubahan yang signifikan sebelum masa itu habis. Namun, harus ditekankan kembali: kondisi kulit satu orang dengan yang lain berbeda, jadi waktunya pun akan bervariasi, ya,” katanya sambil menutup perbincangan pagi itu.

Dapatkan informasi terbaru mengenai seluruh rangkaian acara BeautyFest Asia 2020 X Shopee by Popbela.com melalui Instagram BeautyFest Asia 2020, website resmi https://beautyfestasia.popbela.com/ dan platform https://shopee.co.id/shopee-beauty-fest-asia.