#AskYummy: Berbagi Tips Seputar Baking Bersama Chef dari Yummy

Amelia Rosary Dewi | 8 June 2021

Yummy, media digital multi-platform untuk tutorial memasak, makanan, resep dan eksplorasi kuliner di Indonesia, baru saja meluncurkan sebuah program baru yang dinamai #AskYummy. #AskYummy sendiri berperan sebagai wadah bagi para Chef (sebutan untuk audiens Yummy) anggota Yummy Community untuk menanyakan hal seputar masakan, teknik memasak kepada Chef Yummy yang sudah expert di bidangnya. Acara ini akan rutin diadakan setiap bulannya, lho, Chef. 
 
Nah, pada episode perdana acara #AskYummy tersebut, tim Yummy mengangkat tema yang bertajuk “Tips dan Trik Baking”. Bersama Creative Chef Yummy, Jessica Tamara, Chef memiliki kesempatan untuk mengajukan pertanyaan apapun seputar baking. Pertanyaan-pertanyaan tersebut kemudian dijawab oleh Chef Jessica secara interaktif. Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan menarik yang diajukan oleh Chef. Semoga bisa menambah wawasan kita juga, ya!
 
1. Perbedaan baking soda dan baking powder
Chef bernama Puspitasari Anggradewi dari Bekasi memanfaatkan acara #AskYummy untuk bertanya tentang perbedaan baking soda dan baking powder. Chef Jessica menjawab, “Baking soda itu bahan pengembang kue yang mengandung 100% zat kimia, yaitu natrium bikarbonat. Sedangkan baking powder, selain mengandung zat kimia yang sama, juga mengandung beberapa komponen lain, seperti bahan bersifat asam dan bahan pengering, Chef.”
 
Untuk diketahui, baking soda ini cocok digunakan untuk kue yg dikukus atau dipanggang, ya, teman-teman. Kebalikannya, kalau baking powder biasanya lebih cocok apabila digunakan saat membuat kue kering yang tidak mengandung asam, seperti yang terkandung pada coklat dan buah-buahan. “Oleh karenanya, untuk adonan kue yang mengandung bahan asam, seperti susu, yoghurt, coklat, dan buah-buahan, sebaiknya menggunakan baking soda. Namun, hati-hati dalam penggunaan kedua bahan ini, ya, Chef. Jangan sampai terlalu banyak karena bisa memberi rasa pahit atau tidak enak,” tambah Chef Jessica.
 
2. Chiffon cake, jangan over mix
Chef Lila Wahyu dari Bogor menanyakan beberapa tips dan trik yang harus diperhatikan ketika membuat chiffon cake. Selama ini, ia selalu ingin mencoba membuat chiffon cake. Hanya saja, karena enggan gagal, keinginannya belum juga ia eksekusikan hingga kini. “Kalau untuk chiffon cake, bagian yang paling penting itu adalah pengocokan meringue-nya, ya. Tidak boleh over, tapi tidak boleh kurang juga. Harus pas. Lalu, jangan sampai over mix saat mengaduk kedua adonan, yaitu adonan kuning telur dan putih telur. Jangan sampai terlalu cair, harus kental berjejak,” Chef Jessica menerangkan.
 
Selain itu, tentu ada hal lain yang perlu diperhatikan. “Peralatan juga harus diperhatikan, jangan ada bekas fat, harus bersih total,” ia menegaskan. Kemudian, salah satu hal lain yang sangat penting untuk diperhatikan adalah suhu oven. Tak kalah penting, Chef harus “berkenalan” lebih dahulu dengan suhu oven masing-masing, mengingat temperatur satu microwave dengan yang lain relatif berbeda. Menambahkan keterangannya, Jessica berkata, “Kalau saya biasa bake chiffon di suhu 150० C selama kurang lebih 45 menit.”
 
3. Gula untuk pori-pori kue yang cantik 
Chef Nica Ardina dari Mojokerto bertanya mengenai macam-macam gula untuk pori-pori kue yang cantik. Menjawab pertanyaan Chef Nica sekaligus memberi tips bagi para Chef, Chef Jessica menjawab, “Kalau mau menghasilkan kue yang pori-porinya cantik, lebih bagus pakai gula kastor karena butirannya lebih halus. Namun, untuk mengembangkan adonan kue, jangan pakai gula tepung karena teksturnya yang berbeda. Gula tepung biasanya digunakan sebagai taburan atau untuk membuat kue yang tidak perlu mengembang banyak, seperti cheesecake atau cookies. Kalau penggunaan brown sugar bebas, disesuaikan selera karena juga bisa di-mix.”
 
Masih banyak pertanyaan-pertanyaan lain seputar baking yang diajukan oleh Chef anggota Yummy Community. Selain bisa menjawab pertanyaan pribadi, pertanyaan tersebut tentu juga akan menambah wawasan bagi anggota Yummy Community yang lain. Wah, acara yang sungguh inisghtful dan bikin semangat untuk mencoba baking lagi, ya! Selamat bereksperimen dan semoga berhasil, ya, Chef!