Bangun Komunitas Popmama.com, Bekerja sambil Bagikan Hal Positif bagi Orang Lain

Amelia Rosary Dewi | 31 March 2021

Tulisan ini dibuat oleh Denisa Permataningtyas dari tim Popmama.com untuk program Timmy's Story

Bagi sebagian orang, bekerja sambil tetap memberikan #PositveImpact kepada masyarakat merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri. Sebagai Community Editor di Popmama.com, aku cukup beruntung karena bisa melakukan hal tersebut setiap hari. Popmama.com, sebagai media bagi Mama Millennial, berupaya untuk terus membagikan informasi  paling lengkap, terkini, dan terpercaya seputar parenting. Aku percaya bahwa apa yang aku kerjakan dapat membantu lebih banyak Mama Millennial di Indonesia untuk bergabung dengan komunitas Popmama.com dan menerima beragam manfaat positifnya. 

1. Menjadi Community Editor harus mampu pahami habit audiens

Seperti namanya, Community Editor berperan untuk mengembangkan komunitas Popmama.com. Dalam mengembangkan komunitas, jumlah user dan tingkat engagement memang penting, namun memastikan komunitas yang kita bangun bisa memberi manfaat bagi anggotanya merupakan sebuah tujuan utama yang menjadi komitmen Popmama.com.

Lalu, cara apa yang kami lakukan untuk mengembangkan komunitas tersebut? Bekerja sama dengan tim SEO untuk membuat konten yang sedang trending di kanal Community Popmama.com adalah salah satunya. Kami juga selalu adakan kuis berhadiah dan acara online per bulannya. Interaksi yang terjalin diharapkan dapat menjadikan Popmama.com sebagai wadah bagi para Mama Millennial untuk berkumpul, saling berbagi, dan bertukar pikiran.

Acara online yang diadakan tentu juga menghadirkan topik-topik yang sangat menarik. Dengan perhitungan yang sudah dilakukan bersama tim SEO, kami coba cari tahu habit audiens Popmama.com di satu periode tertentu: topik apa yang sedang banyak dibicarakan oleh mereka. Work from home (WFH), misalnya, mengharuskan Mama untuk 24x7 bertatap muka dengan pasangan. Menanggapi isu ini, Popmama.com sempat menerbitkan artikel tentang kebosanan yang mungkin Mama rasakan dengan pasangan mereka saat WFH. Karena artikelnya ramai, kami akhirnya putuskan untuk membuat webinar dengan topik yang sama agar para Mama juga bisa lebih leluasa mendiskusikan topik tersebut bersama ahlinya. 

2. Pentingnya komunitas bagi sebuah entitas bisnis

Memiliki komunitas, bagiku, sama halnya dengan membangun silaturahmi. Bila dibina dengan baik, sebuah komunitas seharusnya dapat memberi banyak manfaat bagi sebuah entitas bisnis, terutama media. Popmama.com, misalnya, banyak mendapat feedback dari para anggota komunitas: apa yang menjadi keunggulan kami, apa yang masih perlu diimprovisasi. Tak hanya itu, memiliki komunitas juga memungkinkan para anggota dan tim Popmama.com untuk menjalin komunikasi dua arah.

Rupanya, tak sedikit dari mereka yang bahkan mengirim pesan langsung pada admin grup. Secara proaktif, para anggota mencari tahu jadwal webinar yang selanjutnya dan tema apa yang akan diangkat. Mereka juga tak jarang memberikan ide, lho, seperti review skincare, share resep makanan, dan yang lain. Tak dipungkiri bahwa banyaknya pesan yang masuk memang menjadi tantangan tersendiri buatku, tapi paling tidak, aku selalu mencoba untuk melihat sesuatu dari sisi terangnya saja. Aku senang bisa bantu Mama untuk menikmati waktunya secara produktif dan positif bersama Popmama.com.

3. Action item untuk aktivasi komunitas Popmama.com 

Komunitas Popmama.com ini juga memiliki sebuah fitur yang dinamakan Tanya Ahli. Pada fitur tersebut, Mama bisa mendiskusikan permasalahan yang dihadapi dengan bantuan dari para ahli, seperti dokter dan psikolog secara gratis. Tak berhenti di situ, Popmama.com juga secara konsisten melakukan beberapa inisiatif untuk membantu lebih banyak Mama untuk memperoleh insight baru seputar dunia parenting. Salah satunya adalah dengan berkolaborasi bersama komunitas lain. Mereka mendukung Popmama.com dengan bantu mempromosikan acara kami, misalnya, dan begitu pula sebaliknya. Pada akhirnya, semangat kolaborasi harus lebih dijunjung tinggi, jangan kompetitif.

Berguna berarti berfaedah, bermanfaat, mendatangkan kebaikan. Aku setuju dengan kalimat yang dilontarkan oleh Albert Einstein, “Berusahalah untuk tidak menjadi manusia yang berhasil, tapi berusahalah menjadi manusia yang berguna.” Membangun komunitas Popmama.com merupakan suatu kebanggan bagiku karena di komunitas itulah, aku bisa merasakan keterlibatanku dalam membantu orang lain. Anggotanya pun betul-betul solid, saling dukung, dan saling menguatkan. Tak heran apabila komunitas ini sudah menjadi bagian integral dalam hidupku.