Berkenalan Lebih Dekat dengan IDN Programmatic Out-of-Home

Amelia Rosary Dewi | 24 June 2021

Programmatic out-of-home advertising atau layanan iklan luar ruang berbasis digital adalah salah satu jenis metode periklanan luar ruang yang sedang berkembang pesat. Didukung oleh perkembangan teknologi, vehicle dan retail advertising mulai marak dan menciptakan peluang baru di dunia periklanan luar ruang. Oleh karenanya, IDN Media menciptakan IDN Programmatic Out-of-Home (IDN Programmatic OOH) pada 24 Juni 2020 lalu. Yuk, kenali IDN Programmatic OOH secara lebih dekat!
 
1. Teknologi pada IDN Programmatic OOH yang telah dipatenkan
Tak bisa dipungkiri, layanan iklan luar ruang konvensional masih memiliki banyak kekurangan, seperti terbatasnya eksposur, tidak tersedianya laporan performa iklan, durasi pemasangan yang tidak fleksibel, lokasi pemasangan yang ilegal, hingga pengaturan konten yang tidak dapat diubah. Beberapa kekurangan dari iklan luar ruang konvensional itu juga lah yang berusaha dipecahkan oleh IDN Programmatic OOH.
 
Dengan instalasi layar LED di atas mobil yang menghadap ke samping agar tak menyebabkan distraksi bagi para pengendara di belakangnya, ditambah dengan penggunaan teknologi terprogram yang telah dipatenkan, IDN Programmatic OOH juga menerapkan konsep personalized marketing. “Dengan demikian, IDN Programmatic OOH ingin menjadi game changer di industri iklan out-of-home. Penyusunan strategi marketing juga harus disesuaikan karena tiap brand memiliki objektif yang berbeda,” Winston Utomo, CEO IDN Media, menambahkan.
 
2. Dua fase pengembangan IDN Programmatic OOH
Layanan iklan luar ruang adalah sebuah platform iklan yang terkoneksi dengan GPS dan internet, sehingga dapat menampilkan iklan secara real-time dan terukur. IDN Programmatic OOH sendiri berencana untuk fokus pada dua fase pengembangan. Winston menjelaskan, “Di fase pertama, IDN Programmatic OOH akan mengembangkan format layar LED dua sisi yang terkoneksi dengan internet dan terpasang di bagian atas mobil taksi online. Sejauh ini, telah ada 400 unit mobil taksi online di Jabodetabek dan Surabaya.”
 
Selain dipasang di atas mobil taksi online, pada fase keduanya, IDN Programmatic OOH juga akan menyediakan out-of-home advertising di toko-toko ritel di Jabodetabek dan Bali. Dengan meletakkan layar LED di area sekitar kasir, pembeli akan merasa tergerak untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai produk yang diiklankan, atau bahkan langsung membelinya. “Selain memberi awareness, retail advertising juga dinilai dapat meningkatkan angka penjualan,” lanjutnya.
 
3. Salah satu metode iklan yang layak dipertimbangkan karena fleksibilitasnya
Layar LED yang dipasang di atas mobil dan ditempatkan di toko ritel merupakan inovasi terbaru dalam layanan iklan luar ruang. “Out-of home advertising, terutama vehicle dan retail advertising dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan bagi klien kita. IDN Programmatic OOH, misalnya, akan memungkinkan mereka, sebagai pengiklan, untuk mengubah konten iklan dan menyesuaikannya dengan area geografis, audiens, waktu, dan cuaca,” ujar Winston kesimpulan.