Bosan #DiRumahAja: Ciptakan Memori Positif dengan Live in the Moment

Amelia Rosary Dewi | 4 May 2020

Cukup mengejutkan bahwa ternyata ada 7 dari 10 Timmy yang mengaku rindu berangkat ke kantor dan macet-macetan! Padahal, waktu masih berangkat ke kantor, kita juga tak jarang mengeluh ingin bekerja di rumah sambil bersantai, ‘kan? Nah, kita punya kesempatan buat ngobrol dengan 2 Timmy, yaitu Dhany Damara (Project Manager IDN Creative) dan Dewi  Rosita Sari (Digital Ads and Analyst IDN Creative) tentang work from home mereka selama Virus Corona masih mengancam.
 
Ternyata cukup banyak tantangan yang mereka hadapi untuk tetap produktif saat bekerja #DiRumahAja. Dewi menyatakan, “Produktif itu memang tetap berjalan, soalnya kita malah menghabiskan waktu lebih banyak di depan laptop karena kita ga punya travel time untuk pergi dan pulang kantor. Hampir setiap waktu menunggu feedback gitu, jadi yang harusnya bisa kelar dalam 1 kali diskusi, sekarang harus tunggu rekan balas Slack/Whatsapp/E-mail, belum lagi kalau conference call terganggu sinyal yang kadang ga stabil.” Hmm, rupanya koordinasi kini adalah tantangan paling utama buat Timmy, guys. Apakah kamu bisa relate juga?
 

 

Meski dengan setumpuk kerinduan untuk berangkat ke kantor lagi, menemukan beberapa hal yang bisa memecah kebosanan kita adalah hal wajib yang kita juga perlu lakukan sekarang ini. “Perlu diingat bahwa kita ini kerja dari rumah, ya, bukan libur. Jadi, jangan cari kegiatan yang dapat melipur kebosanan kamu kalau kamu saja tidak kerja. Pertama, kita harus tanggung jawab dan berkomitmen dengan tugas kita. Kalau sudah, cari sesuatu yang refreshing dengan dengerin YouTube/Podcast, misalnya. Beberapa waktu sekali juga boleh, lah, conference meeting sama beberapa teman kantor ngobrolin beberapa hal ringan. Intinya, jangan lupa nikmati setiap momen yang ada. Besok kalau sudah ngga WFH, kita pasti pengen WFH lagi, kok,” ungkap Dhany.
 

 

Bagaimanapun kondisinya, kita selalu punya kecenderungan untuk tidak fokus pada present time kita. Mumpung masih WFH, nikmati saja apa yang masih bisa kita syukuri dan lihat sisi positifnya, yuk! Jangan lupa, the way to create good memories is by living in the moment.