Cerita Timmy Baru: Berawal dari Membaca Konten IDN Media

Cholif Rahma | 16 September 2020

IDN Media kembali menyambut Timmy (sebutan untuk karyawan IDN Media) baru yang telah resmi bergabung menjadi bagian dari IDN Media pada Agustus 2020 lalu. Kini, para Timmy ini akan menceritakan kisah mereka: mulai dari proses perekrutan hingga kesan yang didapat setelah menjadi Timmy. Hmm, seperti apa, ya? Yuk, kita baca!

 

1. Tahu IDN Media dari…

Sebagai perusahaan media yang menjadikan generasi millennial dan z sebagai target utamanya, konten-konten IDN Media pun dikemas secara informatif dan menarik. Tidak hanya untuk meningkatkan minat baca masyarakat, hal tersebut juga ternyata membuat beberapa orang tertarik untuk berkarier di bidang media, terutama di IDN Media.

Kintani Tunjung Sari, salah satu Timmy baru yang menjabat sebagai Business Development Manager, mengungkapkan, “Suatu saat, saya sedang web surfing, eh, tidak sengaja menemukan berita-berita dari IDN Times. Sejak saat itu, akhirnya saya mulai tertarik untuk terus mengunjungi IDN Times karena website, layout, dan content-nya, kece banget!”

Hal serupa juga diungkapkan oleh Bella Almira, SEO Associate, “Berita yang diolah oleh IDN Media itu sangat mudah dicerna dan gak bikin bosan. Isu-isunya dikemas dengan menarik dan juga selalu up-to-date. Sama dengan Kintan, ketertarikan tersebut akhirnya menuntun saya untuk mulai mencari informasi tentang IDN Media melalui website dan LinkedIn perusahaan.”

2. Alasan bergabung dengan IDN Media

Putri Irene, Account Manager, mengungkapkan alasan mengapa ia memilih untuk berkarier di IDN Media, “Alasan utama saya adalah karena IDN Media sangat dekat dengan para generasi millennial dan z di Indonesia. Acara-acaranya juga sangat menginspirasi anak muda一salah satu yang membuat saya tertarik adalah Indonesia Millennial Summit!”

Selain karena dapat menjadi wadah bagi para generasi millennial dan z, rupanya ada alasan lain yang membuat Muhammad Abdul Manan, selaku Senior Account Manager di IDN Media, mau bergabung dengan IDN Media. Ia mengatakan, “IDN Media punya banyak platform yang tak hanya terbatas pada platform berita saja. Ada production house, out-of-home advertising, dan yang lain Ini menjadi alasan utama mengapa saya bergabung: saya ingin banyak belajar untuk terus improve.”

3. Bagaimana proses perekrutan di IDN Media?

Karena seluruh negara di dunia sedang berada pada situasi pelik yang diakibatkan oleh pandemik, proses perekrutan Timmy batch Agustus pun harus menyesuaikan. Dilaksanakan secara virtual, Diego Batara Mahameru, Creative Manager IDN Pictures, mengungkapkan, “Ini adalah pengalaman yang sangat baru buat saya, ya一melewati proses perekrutan yang dilakukan secara virtual. Sisi baiknya, yah, jadi bisa merasakan pengalaman baru.”

Melanjutkan cerita Diego, Novia Muhammad Alatas, Creator Development Associate mengimbuhi, “Di proses perekrutan itu, kami juga dihadapkan pada sebuah challenge untuk menyelesaikan study case. Study case-nya disesuaikan dengan role masing-masing. Seru dan unik banget! Output-nya, perusahaan bisa memahami cara seseorang dalam menyelesaikan suatu permasalahan, terutama yang berkaitan dengan pekerjaan.”

“Saat melaksanakannya, rasanya memang challenging. Namun, sisi baiknya, kita bisa mengukur kemampuan kita, lho. Perusahaan juga dapat menilai kualitas kandidat secara utuh, tak hanya sekadar observe apa yang terlihat di CV,” jelas Dhika Sudi Nur Diana sebagai Accountant IDN Media, ketika ditanya mengenai study case seputar finance dan accounting yang ia kerjakan saat proses perekrutan.

4. Tujuan bergabung dengan IDN Media…

Setelah melalui proses perekrutan yang panjang, tentu ada beberapa harapan yang ingin diwujudkan oleh para Timmy baru. Business Development Manager, Wina Ekayanti, mengungkapkan, “Tidak hanya target, engagement dengan para klien juga harus dikejar agar dapat terus memperluas networking.”

“Secara pribadi, saya ingin semakin mengasah kemampuan saya dalam mengoptimalkan artikel-artikel yang telah diproduksi oleh publishers IDN Media. Dengan demikian, akan semakin banyak orang yang tahu bahwa informasi yang diproduksi IDN Media itu layak dikonsumsi dan dinikmati oleh seluruh golongan dan generasi,” imbuh Favo Perdana selaku SEO Associate IDN Media.