#DiRumahAja: Timmy Tetap Fokus di tengah Kenyamanan WFH

Amelia Rosary Dewi | 17 March 2020

Siapa saja di antara kalian yang sudah bekerja #DiRumahAja dalam rangka melakukan Social Distancing? Sesuai arahan Joko “Jokowi” Widodo, IDN Media juga telah turut serta menggaungkan tagar tersebut dengan memberlakukan WFH (Work from Home) atau bekerja dari rumah mulai dari hari ini, 17 Maret 2020. Hal ini tentu saja dilakukan demi keselamatan dan keamanan Timmy, guys.

Sekalian melakukan self-quarantine, berikut adalah 7 catatan yang IDN Media berikan untuk Timmy saat sedang WFH agar tetap fokus mengerjakan tugas dan tak terlena dengan kenyamanan yang mereka rasakan di rumah:

  1. Bangun pagi dan touch-up sebelum memulai kegiatan agar tetap merasa fresh

 

Tetap bangun pagi sesuai kebiasaan saat week-days akan membuat jadwalmu lebih tertata, guys. Selain itu, mandi tepat waktu dan touch-up sebelum mulai WFH juga akan membantumu merasa segar serta lebih semangat memulai hari.

  1. Tentukan to-do-list kamu dan berkomitmenlah untuk segera menyelesaikannya

 

Buatlah jadwal tentang apa saja yang akan kamu lakukan hari itu. Kamu juga harus strict pada rentang waktu yang telah kamu tetapkan untuk menyelesaikan suatu jenis pekerjaan.

  1. Lakukan conference call dengan tim kamu untuk berkoordinasi tentang agenda kamu hari itu

 

Pada pagi hari sebelum menunaikan tugasmu, ada baiknya kamu berkomunikasi dengan tim kamu melalui conference call atau media lain untuk berkoordinasi. Hal ini tentu akan membuat pekerjaan kalian tetap termonitor.

  1. Carilah tempat yang mapan dan nyaman untuk bekerja

 

Kasur mungkin memang nyaman untuk disinggahi, namun nampaknya bukan tempat yang tepat untuk bekerja. Saking nyamannya, justru berbaring di kasur sambil bekerja akan mengganggu fokusmu, bahkan sampai membuatmu ketiduran.

  1. Boleh bermain game atau nonton, tapi buatlah jadwal untuk tetap menjaga produktivitas kamu

 

Lelah dan bosan memang tak terhindarkan, jadi sah-sah saja kalau Timmy ingin main game atau nonton film favorit di sela jam WFH. Namun, harus ingat waktu, ya! Kalau masih ada pekerjaan yang belum selesai, ada baiknya kamu bijak dalam mengalokasikan waktumu. Kita sedang bekerja dari rumah, loh―ini bukan liburan.

  1. E-mail supervisor kamu untuk melaporkan secara singkat tentang apa saja yang sudah kamu selesaikan hari itu

 

Memberikan laporan singkat kepada supervisor kamu terkait apa saja yang sudah kamu kerjakan hari itu, rencana apa yang akan kamu implementasi selanjutnya, dan beberapa hal fundamental lain dapat membuat agenda kamu lebih terarah. Wow, profesional banget, ya!

  1. Selesai lebih cepat, istirahat lebih lama

 

Kalau kita sudah selesai mengerjakan tugas pada pukul 05:00 sore, tentu waktu kita untuk bersantai jadi lebih lama, ‘kan? Dengan begini, kebutuhan profesional dan personal dapat terpenuhi dengan seimbang.

Itulah 7 kunci sehat dan produktif ala Timmy IDN Media. Kalau kamu juga sedang melaksanakan WFH, coba deh 7 tips di atas agar tetap profesional dan chill di waktu yang sama, guys.

Dapatkan informasi terbaru mengenai Virus Corona dan berbagai berita menarik lainnya di IDN App yang dapat diunduh di App Store dan Play Store