Fasilitasi Belajar Online Saat Pandemi Corona, Popmama.com Adakan Popmama Online Class

Amelia Rosary Dewi | 23 March 2020

Kasus Corona memang sedang menjadi peristiwa besar yang menimpa dunia. Seminggu belakangan ini, masyarakat pun makin gencar melakukan social distancing sebagai salah satu solusi untuk meminimalisasi penyebaran Virus Corona. Sebagai akibatnya, banyak kegiatan masyarakat yang harus terhenti sementara. Menghadapi situasi tersebut, Popmama.com berinisiatif untuk mengadakan Popmama Online Class guna memfasilitasi masyarakat, khususnya pembaca Popmama.com, untuk tetap mengisi waktu dengan kegiatan bermanfaat saat menjalani social distancing.

Popmama.com bekerja sama dengan psikolog dari MS School & Wellbeing Center, Rosdiana Setyaningrum, M. Psi, M.PHEd menghadirkan Popmama Online Class perdana pada 21 Maret 2020 lalu dengan tema “Mengatasi Kecemasan Psikologis akibat Virus Covid-19”. Melalui platform WhatsApp Group, Popmama Online Class ini membagikan solusi mengatasi rasa cemas akibat ketidakpastian dan intensitas kabar tentang pandemi Corona yang membuat kondisi psikologis kita menegang.

Mengawali kelas dengan sebuah gambar interaktif, Rosdiana memaparkan bahwa gangguan kecemasan merupakan gangguan psikologis yang dapat menghalangi kita untuk menjalani kegiatan sehari-hari secara produktif. Hal ini terjadi ketika otak gagal mengontrol emosi kita saat dilanda kecemasan, apalagi bila sedang mendengar berita tentang COVID-19. Perlu diketahui, kecemasan ini dapat mengganggu kesehatan fisik, loh! Otot menegang, detak jantung tak menentu, tekanan darah meningkat, pusing, mual, dan keringat dingin dapat memberikan efek yang kurang baik pada daya tahan tubuh kita nantinya. 

Kemudian, apa saja tips dari Rosdiana untuk mengatasi rasa cemas? “#DiRumahAja dulu, Ma, istirahatlah yang cukup. Jangan lupa untuk tetap melakukan koneksi dengan teman dan keluarga sambil terus mengeksplorasi hobi serta hal baru. Memilih sumber berita terpercaya yang tak membuat kita merasa tambah cemas juga penting,” jelasnya. Rosdiana menambahkan bahwa istirahat tak melulu tidur, kok. Melakukan perawatan (face masking, body scrubbing), olahraga ringan, atau membuat resep jus/jamu untuk kesehatan kita dan keluarga saat ki kecil sedang tidur siang juga bisa menjadi alternatif lain untuk beristirahat.

Belajar hal yang baru, menurut Rosdiana, membuat kita tak terlalu memikirkan hal yang kita sedang cemaskan. Katanya, “Kuliah Whatsapp seperti Popmama Online Class atau kegiatan lain yang sifatnya baru itu patut dicoba, Ma, jadi kita juga memiliki tambahan ilmu dan keterampilan. Menekuni hobi yang bisa kita kerjakan di rumah seperti berkebun pun akan terasa mengasyikkan.”

Diikuti oleh 249 orang tua milenial, Popmama Online Class edisi pertama ini mendapat sambutan yang positif dari para pesertanya. Terlebih lagi tema yang diangkat juga relevan dengan situasi yang dialami para orang tua milenial saat ini. Kedepannya, kegiatan online class seperti ini juga akan dilakukan oleh publishers IDN Media lainnya dengan memanfaatkan berbagai platform online, seperti media sosial, aplikasi chatting, hingga audio conference. Inisiatif ini diharapkan dapat memperluas akses masyarakat terhadap informasi berkualitas, sejalan dengan visi IDN Media, yaitu "to democratize information".