Flexible Working Arrangement, Cara IDN Media Akomodasi Kebutuhan Timmy

Amelia Rosary Dewi | 24 March 2021

Bekerja dari rumah dalam jangka waktu yang lama ternyata juga memiliki efek samping yang kurang baik, contohnya saja rasa bosan yang pada akhirnya memengaruhi produktivitas pekerjaan kita. Namun di sisi lain, beraktivitas penuh di kantor dengan normal juga bukan hal yang tepat dilakukan di masa pandemik ini.

Mengakomodasi aspirasi para Timmy, IDN Media pun menerapkan kebijakan flexible working arrangement atau FWA yang memungkinkan Timmy memilih metode bekerja yang mereka rasa paling nyaman dan aman. Berikut adalah perspektif IDN Media mengenai kebijakan FWA dan implikasinya bagi Timmy.

1. Jangan hanya fokus pada kesehatan fisik saja

Percaya bahwa Timmy adalah konsumen nomor satu IDN Media, IDN Media berkomitmen untuk terus meletakkan Timmy sebagai pusat diskusi sambil terus memerhatikan kesehatan, keamanan, dan kenyamanan mereka. Ada sebagian Timmy yang sudah menyatakan lelah dan bosan bekerja di rumah. Untuk itu, IDN Media akhirnya memberlakukan kebijakan FWA. FWA sendiri adalah flexible working arrangement, sebuah skema bekerja yang memungkinkan Timmy untuk bekerja dari mana saja: kantor, rumah, atau di mana pun yang membuat mereka nyaman.

Ada tiga faktor utama yang sangat dipertimbangkan oleh manajemen sebelum akhirnya mantap mengaplikasikan skema FWA ini. IDN Media menimbang faktor performance, productivity, dan innovation. Nah, selama OKR mereka tercapai, IDN Media membebaskan mereka untuk bekerja dari mana saja. Jangan sampai terlalu fokus pada kesehatan fisiknya saja, namun lupa bahwa kesehatan mental juga ikut memengaruhi kondisi Timmy. Selain itu, perlu diingat juga bahwa menerapkan protokol kesehatan secara strict itu sangatlah substansial.

2. Perhatikan juga fleksibilitas kebijakan perusahaan

Hingga pada bulan ini, angka transmisi COVID-19 masih dapat dibilang tinggi. Artinya, skema FWA pun akan dilaksanakan hingga waktu yang belum ditentukan. Pada situasi seperti ini, fleksibilitas itu nomor satu. Jangan tetapkan tanggal pasti hingga kapan skema ini akan berlangsung karena semua bisa berubah sewaktu-waktu. Lihat faktor eksternal dan internalnya dulu. Eksternal meliputi kabar COVID-19 tiap harinya, perkembangan vaksinnya. Internal meliputi input dari Timmy. Dua data itu penting.

3. Ada yang tidak tergantikan dari interaksi langsung di lingkungan kantor

Meski skema FWA sudah diberlakukan, tentu ada sebagian Timmy yang sudah merindukan dinamika di kantor karena mulai merasa bosan dan lelah bekerja dari rumah setelah sekian bulan. Melihat hal ini, IDN Media sangat mengerti keinginan Timmy dan percaya bahwa atmosfer kantor itu dapat memberi lebih banyak positive impact baik dari sisi perusahaan maupun individu. Misalnya, personal relationship yang terjalin lebih baik, inovasi juga kadang muncul saat sedang berbincang santai dengan rekan waktu makan siang.

Memahami ada hal-hal yang tidak tergantikan dari atmosfer di kantor, IDN Media pun menegaskan bahwa meski mengerti, perusahaan tentu tidak bisa menentukan kapan WFO (working from office) akan mulai bisa dilaksanakan. Sebaiknya, jangan tergesa-gesa dalam mengambil keputusan, apalagi situasi saat ini juga belum bisa dibilang membaik.