Hilangkan Stres Saat WFH Ala Tim Copywriting IDN Creative

Saraya Adzani | 9 February 2021

Tulisan ini dibuat oleh Cynthia Kirana Dewi, Senior Copywriter IDN Creative, untuk program Timmy's Story

Dengan situasi pandemik yang belum kunjung mereda, sebagian besar kegiatan kita masih harus dilakukan di rumah. Pilihan kegiatan yang bisa dilakukan untuk mencari hiburan dan melepas stres pun menjadi sangat terbatas. Dalam kondisi seperti ini, rasa bosan dan stres pun sulit dihindari.

Pengalaman serupa juga aku alami. Namaku Cynthia Kirana Dewi, salah satu Timmy IDN Media yang tergabung di tim IDN Creative. Aku juga akrab dipanggil Ciboy oleh teman-teman di kantor. Setelah hampir setahun menjalani WFH, aku merasa menjadi lebih sering mengalami writer’s block dan tentunya berpengaruh pada pekerjaanku sehari-hari sebagai seorang copywriter.

Bekerja sebagai copywriter, butuh banyak ide untuk menulis

Sebagai seorang copywriter, pekerjaan aku sehari-harinya banyak berkaitan dengan tulis menulis. Karena aku berada di tim IDN Creative, yaitu agensi digital multi-platform di bawah naungan IDN Media, maka tulisan-tulisan yang aku buat lebih ditujukan untuk kebutuhan klien perusahaan. Mulai dari menulis artikel, caption media sosial, broadcast message, hingga script

Writer’s block, tantangan yang dihadapi seorang copywriter

Salah satu tantangan yang aku ataupun copywriter pada umumnya alami adalah writer’s block. Jika mengalami writer’s block, biasanya seorang penulis akan jadi kesulitan mendapat inspirasi ataupun menghasilkan sebuah tulisan.

Sering terjadi seorang copywriter mengalami writer's block dan butuh refreshing biar inspirasi bisa muncul lagi. Biasanya yang aku lakukan, ke luar kamar cari udara segar atau jalan-jalan di sekitar kosan, mengamati orang-orang di sekitar, baca-baca artikel dari berbagai platform, nonton konser musik, dan sejenisnya. Terkadang juga ngobrol dengan teman, nggak harus bahas soal kerjaan tapi tentang hal apapun.

Pengaruh COVID-19 pada pekerjaan

Pandemik COVID-19 yang mengharuskan kita untuk bekerja dari rumah memiliki pengaruh yang signifikan pada keseharianku dalam bekerja. WFH ini membuatku jadi lebih gampang bosan dan stres. Pengaruh lain yang aku rasakan adalah terbatasnya komunikasi dan interaksi dengan Timmy lain yang membuatku merasa jadi lebih sering mengalami writer’s block. Apalagi, untuk aku yang anak rantau dan tinggal di kos, momen ngobrol langsung dengan Timmy yang lain itu ternyata punya efek moodboster juga.

Hilangkan stres dan jaga kerja sama tim selama masa WFH

Ketika harus bekerja jarak jauh, menjaga komunikasi dengan anggota tim lainnya menjadi hal yang penting diperhatikan. Agar tidak ada miskomunikasi dan semua proyek berjalan lancar, aku dan tim Copywriting lainnya biasa mengadakan rapat harian untuk memberi update soal proyek yang sedang berjalan atau sekedar catch up lewat Google Meet.

Menjaga kekompakan tim juga tidak harus selalu dengan cara yang serius, kok. Jika sedang tidak ada update yang perlu dibahas, biasanya tim Copywriting akan tetap mengadakan daily meeting namun untuk membahas hal-hal ringan. Karena aku menjadi salah satu yang menginisiasi, akhirnya teman-teman memberi nama kegiatan ini BiBiCi atau Bincang-Bincang Ciboy. Agar lebih seru, aku dan tim Copywriting pun berinisiatif membuat kuis berhadiah di saat kegiatan BiBiCi. Wah, selalu ada-ada saja deh kelucuan-kelucuan yang terjadi!

Secara nggak langsung kegiatan ini bisa jadi salah satu moodbooster dan bikin teamwork Copywriting tetap terjaga meski kami sedang WFH. Jujur nggak nyangka sih, efek dari kuis ini bisa membuat tim Copywriting happy, lebih chill saat mengerjakan proyek, lalu bisa bikin semangat lagi di tengah kebosanan WFH.

Thank you untuk Sissy, Anin, Tisa Ezri, Marwan, Bima dan Ridho, kalian luar biasa! Aku jadi semakin bersyukur bisa gabung di tim Copywriting IDN Creative! Aku berharap pengalamanku dan tim Copywriting IDN Creative bisa menginspirasi Timmy lain atau siapapun dalam mengelola stres ataupun menjaga kerja sama tim di masa WFH ini.