Indonesia Memasak by Yummy Hari Pertama Hadirkan Chef Eddrian, Bahas Makanan Khas Bangka

Amelia Rosary Dewi | 18 January 2021

Pada hari pertamanya, Indonesia Memasak by Yummy mengundang seorang chef asal Bangka bernama Eddrian Tjhia. Ia mempopulerkan satu istilah di dunia kuliner, yakni superfood. Pada prinsipnya, superfood merupakan makanan yang kaya akan nutrisi, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Memiliki ketertarikan dalam hal tersebut, Chef Eddrian akan membagikan perspektifnya terkait “Sajian Sehat Indonesia” di festival online-cooking perdana persembahan Yummy.

1. Lempah Kuning, makanan khas Bangka dengan cita rasa yang kaya

Kerap mengolah sajian dari buah-buahan, pada kesempatan kali ini, Chef Eddrian memperkenalkan salah satu masakan khas Bangka dengan rasa asam, gurih, dan pedas nan segar, Lempah Kuning. Dengan bumbu Lempah Kuning tersebut, ikan tenggiri ia olah menjadi hidangan unik dan kaya akan cita rasa. “Ikan tenggiri saya pilih karena dagingnya yang banyak dan ukuran tulangnya yang besar, sehingga lebih mudah dimakan. Bisa juga diganti dengan ikan kembung, kerisi, atau bawal, sesuai selera,” terangnya.

2. Komposisi lain dari Lempah Kuning

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Lempah Kuning hadir dengan cita rasa yang kaya. Hal ini dikarenakan bumbu rempah, seperti lengkuas, bawang merah, kunyit, cabe rawit, dan masih banyak lainnya yang ditumbuk menjadi satu. Selain itu, buah nanas yang sudah dipotong panjang dan tipis juga menjadi bagian dari bumbu Lempah Kuning. Alhasil rasa asam, pedas, dan segar begitu terasa. Berbeda dengan Ikan Kuah Kuning khas Buton, Sulawesi Tenggara, Lempah Kuning khas Bangka memiliki bumbu yang lebih kental dan kuah yang keruh.

3. Seperti Tom Yum, namun tak sama

Meski telah banyak dikenal, tentu ada orang yang belum pernah merasakan nikmatnya Lempah Kuning. Sembari mengisi online cooking di Indonesia Memasak by Yummy, Chef Eddrian menggambarkan rasa Lempah Kuning yang hampir sama dengan Tom Yum, masakan khas Thailand. “Rasanya seperti Tom Yum, tapi percaya, deh, lebih enak Lempah Kuning karena campuran rempah dan komposisi bumbunya yang royal. Indonesia Memasak by Yummy, cintailah masakan-masakan khas Nusantara, ya!” pesan Chef Eddrian.

Sampai dengan 31 Desember 2020 mendatang, Indonesia Memasak by Yummy akan hadir untuk membagikan banyak inspirasi dan ilmu terkait ragam kuliner di Nusantara, sekaligus menjadi platform untuk melestarikan kuliner khas Nusantara yang begitu luar biasa. Terus ikuti rangkaian acara Indonesia Memasak by Yummy di Yummy App, akun Instagram @indonesiamemasakbyyummy atau @yummy.id, dan akun resmi Yummy di YouTube!