Terus Perhatikan Ini untuk Jaga Kesehatan Mental Selama COVID-19

Amelia Rosary Dewi | 31 May 2020

Melewati masa sulit yang diakibatkan oleh COVID-19 tentu bukanlah hal yang mudah. Rasa bosan, lelah, bahkan takut, dan khawatir campur aduk menjadi satu. IDN Media akhirnya melakukan sebuah survei online untuk mengetahui hal-hal yang dapat menjaga kesehatan mental kita selama masa pandemi ini berlangsung menurut kalian. 

Menurut beberapa responden IDN Media, berikut adalah hal-hal utama yang dapat membantu menciptakan suasana dan perasaan tenang di tengah situasi tak menentu seperti saat ini.

1. Konsumsi makanan sehat

Tahukah kamu bahwa mengonsumsi makanan yang sehat mampu menjaga kesehatan mental kamu secara langsung maupun tak langsung? Hal ini tentu menjadi hal yang amat penting, mengingat pandemi ini cukup menimbulkan banyak kekhawatiran, ya. Selain itu, mengonsumsi makanan sehat tentu juga dapat membuat ketahanan tubuh kamu menjadi lebih kuat, sehingga Virus Corona pun enggan mampir ke tubuh kamu. Jangan lupa konsumsi makanan yang mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat, ya!

2. Lakukan sesi curhat

Physical distancing adalah salah satu konsekuensi yang tak dapat dihindari semenjak pandemi COVID-19 menyerang Tanah Air. Hal ini bisa juga berdampak ke kondisi emosi kamu, apalagi ketika kamu sedang merasa sedih dan kesepian saat harus jauh dari keluarga atau orang yang dikasihi. Untuk itu, luangkan beberapa waktu untuk berkomunikasi dengan keluarga, sahabat, atau mungkin teman kerja―baik melalui pesan singkat, telepon, atau video call. Menceritakan kekhawatiran dan kecemasan yang kamu rasakan ternyata membuat tekanan yang ada pada diri kamu berkurang, sehingga perasaan akan menjadi lebih tenang.

 

3. Baca berita terlalu banyak malah bikin tambah khawatir

Kebingungan akibat informasi yang simpang siur biasanya akan malah membuat kamu galau terhadap situasi yang sedang terjadi. Itulah alasan mengapa waktu untuk menonton, membaca, atau mendengar berita mengenai pandemi, baik dari televisi, media cetak, maupun media sosial sangat perlu dikurangi agar rasa cemas yang berlebihan pun dapat dihindari. Namun, meskipun begitu, menutup diri sepenuhnya dari informasi yang penting secara total juga bukan hal yang bisa dibenarkan. Intinya, cernalah informasi yang kamu terima secara kritis dan bijak, ya! Jangan lupa untuk dapatkan informasi mengenai COVID-19 hanya dari sumber yang terpercaya.