Masih Hadapi Pandemik, CEO IDN Media Ingatkan Pentingnya 5 Hal Ini

Amelia Rosary Dewi | 26 July 2021

Kasus COVID-19 di Indonesia kembali meradang. Meski angka kesembuhan juga turut naik belakangan ini, COVID-19 belum seutuhnya menghilang dari muka bumi ini. Fenomena ini tentu menuntut kita untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat agar meningkatnya angka kesembuhan juga dapat terus bertumbuh secara konsisten. Karena interaksi sosial secara langsung belum dapat dilaksanakan, Winston Utomo, CEO IDN Media, meminta Timmy untuk menjaga semangat kolaborasi dan tetap melaksanakan interaksi sosial meski tidak secara langsung. Selain itu, apa lagi yang Winston ungkapkan, ya?

1. Kolaborasi dengan berbagai pihak
Kolaborasi menjadi hal utama yang harus ditingkatkan menurut Winston. Kolaborasi yang lebih baik di tengah situasi tak menentu ini tentu akan membawa banyak hal positif. “Berkolaborasi dengan lebih baik, tak hanya antar anggota tim, ya, tapi juga dengan Timmy antar departemen. Tak lupa, dengan pihak eksternal sekali pun, kita harus tetap mampu menerapkan kolaborasi yang apik. Approaching style kita adalah dengan merangkul, jadi meski kompetitor, mereka bukan berarti musuh,” tandas Winston.

2. Interaksi menyalurkan semangat
Hal kedua yang menurut Winston perlu ditingkatkan adalah kuantitas dan kualitas interaksi. Kuantitas dan kualitas interaksi dapat dikontrol melalui adanya sesi 1:1, meeting yang efektif dan efisien, kemudian town hall, atau coffee chat. Hal ini tak harus melulu membahas pekerjaan, kok. “Selain itu, bisa juga dengan secara reguler berkirim pesan untuk satu sama lain. Biasanya, setiap pagi kita juga saling bertegur sapa dengan mengucapkan selamat pagi. Ada semangat yang tersalurkan, it encourages everyone. Buat Timmy yang sudah rutin laksanakan morning brief, terima kasih, it means a lot. Ada juga yang tiap akhir bulan adakan team reflection untuk sekadar bercanda dan bercerita, terima kasih, it means a lot as well,” ucap Winston. 

3. Growth and innovation mindset dorong kita untuk terus maju
Di tengah situasi yang serba tak menentu ini, growth and innovation mindset menjadi salah satu kunci keberhasilan. Oleh karenanya, Winston menjadikan mindset ini sebagai hal ketiga yang harus ditingkatkan. “Kita perlu melakukannya dengan lebih konsisten lagi. Mengapa? Agar kita tetap berkembang sebagai individu dan tim. Bertanyalah pada diri kita sendiri: how can I make this better, what do I need to improve? Hal seperti inilah yang akan terus mendorong kita untuk maju. If we don’t disrupt ourselves, someone else will do it for us,” Winston berpesan tegas.

4. Memperhatikan kebutuhan user
Customers are always dissatisfied, memang, namun apabila kita terus mencari tahu alasan yang membuat mereka tak puas, di situlah letak poin plus kita: obsess over our customers, make them happy, and ‘wow’ them. Winston mengungkapkan, “Saya tak bosan ingatkan, tanpa kustomer, IDN Media tidak akan ada sampai sejauh ini. Tim Product dan Engineering, misalnya, yang terus mencari tahu ketidaknyamanan users saat mengakses aplikasi kita. Di situlah sumber inovasi dan pertumbuhan terletak. Product, price, and other advantages can be duplicated, but a strong customer culture can’t be copied.”

5. Eksekusi pekerjaan dengan maksimal
“Jangan tunda-tunda pekerjaan. Kalau bisa dilakukan sekarang, ya, lakukan sekarang. Work and execute with a high sense of urgency,” Winston menegaskan. Di tengah situasi yang serba tak pasti akibat pandemik ini, segala sesuatunya tentu bisa berubah sewaktu-waktu., hal ini tak semestinya membuat kita bersantai dan menunda rencana. Apa yang bisa dilaksanakan sekarang, laksanakanlah. Jangan salah mengartikan, ya. Tidak menunda pekerjaan tidak sama dengan kerja rodi, lho. Perkirakan kapan waktu yang tepat buat kalian untuk beristirahat juga.

Itulah kelima hal yang harus terus ditingkatkan menurut Winston. Hal-hal tersebut tentu harus dilakukan untuk merealisasikan hari esok yang lebih menjanjikan. Ingat, situasi tak menentu ini bisa mengubah segala sesuatunya dalam sekejap mata, lho, so don’t settle!