Meet the Editors! Inilah Para Sosok di Balik Popbela.com

Amelia Rosary Dewi | 14 February 2021

Memperingati hari jadi Popbela.com ke-5 yang jatuh pada tanggal 14 Februari 2021, para editor di Popbela.com membagikan cerita-cerita menarik di balik perjalanan mereka bersama Popbela.com. Jennifer Alexis Tanjung; Beauty Editor, Andhina Effendi; Relationship Editor, Ayu Utami; Lifestyle and Career Editor, dan Michael Richards; Fashion Editor, mengungkap pengalaman pribadi, serta keseharian mereka saat bekerja di media untuk perempuan Millennial dan Gen Z di Indonesia. Wah, hal menarik apa saja yang mereka ceritakan, ya?

1. Jennifer, Beauty Editor yang sudah bergabung sejak Popbela.com pertama didirikan 

Jennifer adalah editor kanal beauty yang sudah bergabung dengan Popbela.com sejak tahun 2016 lalu. Jennifer mengawali kariernya sebagai production assistant di salah satu stasiun televisi di Indonesia. “Setelah jadi production assistant, saya sempat melakukan pekerjaan freelance, sebelum akhirnya bergabung dengan Popbela.com. Waktu awal bergabung, saya jadi writer dulu, baru beberapa tahun setelahnya, ketika saya sudah dianggap mampu, saya baru diangkat menjadi editor,” terangnya.

Ketika sudah diangkat jadi editor, Jennifer dipercaya untuk handle kanal beauty. Sebagai salah satu orang yang sudah ada sejak Popbela.com pertama kali didirikan, Jennifer mengaku, “It's been truly a roller coaster! Kalau ditanya apa saja yang berkesan, wah, tentunya banyak sekali. Namun, satu hal yang pasti: saya senang bisa membangun kanal beauty Popbela.com hingga bisa jadi seperti sekarang ini. I'm looking forward to doing more great things for Popbela.com!”

2. Andhina, editor Popbela.com yang hobi menulis blog 

Andhina adalah editor Popbela.com yang secara khusus memegang kanal relationship. Meski banyak yang menganggap remeh, menurut Andhina, konten-konten terkait relationship juga penting karena pada dasarnya manusia tak bisa hidup lepas dari manusia lainnya. “Segala sesuatu tentang relasi ada di situ. Baik untuk yang lagi single, hubungan dengan teman, orangtua, pacar, atau hubungan dengan suami bagi yang sudah menikah, hingga soal seks dan zodiak. Orang mungkin menganggap relationship ini hal remeh-temeh, ya, tapi manusia itu pada dasarnya adalah makhluk sosial yang tak akan pernah bisa lepas hubungan dengan manusia lainnya,” cerita Andhina.

Selain itu, Andhina juga menceritakan tentang passion-nya di bidang menulis. “Writing is my passion, jadi bisa bekerja sambil tetap melakukan hal yang aku suka adalah salah satu hal terbaik dalam hidupku. Aku juga punya kesempatan untuk berkenalan dengan tim Popbela.com, tim yang sangat solid dan menghargai pentingnya teamwork. Oleh karenanya, saat work from home begini, teman-teman Popbela.com benar-benar bikin aku kangen,” ia bercerita.

Tak disangka, editor kanal relationship di Popbela.com ini juga sudah sejak lama memiliki blog pribadi. Ia menjelaskan, “Isinya soal kehidupan sehari-hari, pengalaman traveling, dan lainnya, tapi sekarang lebih banyak review soal makeup, skincare. Blog ini sudah aku telateni selama lebih dari 10 tahun, tapi mulai tahun 2017, aku lebih aktif di Instagram @bluestellar_. Itu akun Instagram khusus untuk soal makeup dan beauty. Di situ, aku juga bisa berkenalan dengan komunitas makeup. Walaupun banyak yang jauh lebih muda, tapi mereka sangat suportif.”

3. Ayu, berawal dari mading hingga kini sudah 16 tahun berkarier di dunia jurnalistik 

Ayu adalah editor Popbela.com yang fokus pada kanal lifestyle and career. Sejak SD, jurnalistik telah menjadi passion-nya. “Dulu, saya belum tahu kalau ada profesi penulis―yang saya tahu, saya suka menulis, storytelling, dan fotografi. Baru setelah SMA, saya masuk ke aktivitas mading. Saat kuliah, saya ambil jurusan jurnalistik dan mulai mengirimkan karya tulis ke media cetak indie di Bandung. Dari situ, saya yakin bahwa menjadi jurnalis adalah tujuan hidup saya. No wonder, 16 tahun berkarier di dunia ini, saya masih betah,” Ayu menerangkan.

Selain menjadi editor di Popbela.com, Ayu juga merangkap profesi sebagai yoga teacher. Dirinya juga memiliki sebuah bisnis online shop yang menjual beragam pakaian workout dan terlibat aktif dalam komunitas flowboarder di Indonesia. Kata Ayu, “Beberapa hal yang saya sebutkan tadi malah semakin membuat saya semangat untuk mempelajari bisnis, how to build a good impressions and personal branding, serta melihat sesuatu dari kacamata klien.”

4. Michael, berharap Popbela.com dikenal karena kualitasnya

Michael adalah satu-satunya editor laki-laki di Popbela.com. Antusiasme dan semangatnya untuk Popbela.com memang begitu besar. Beroleh kesempatan untuk menyaksikan perkembangan Popbela.com, Michael berharap agar media perempuan milik IDN Media ini bisa lebih dikenal di kalangan perempuan Millennial dan Gen Z. “Di hari jadi Popbela.com yang ke-5 ini, kami berharap agar Popbela.com bisa menjadi acuan yang terpercaya bagi para audiens kami, terutama di tengah gempuran media yang tak jarang memancing ambiguitas informasi,” ucapnya.

Semuanya berebut untuk membuat judul yang click-bait demi jumlah klik atau page view. Mereka tak jarang melupakan kualitas konten yang mereka produksi. “Apakah artikelnya ‘berisi’ atau sebenarnya kosong? Apakah isinya benar atau cuma rumor? Aku ingin agar Popbela.com dikenal karena kualitasnya, makanya kita selalu berhati-hati dalam melakukan kurasi berita. Kita kumpulin informasinya dulu dari banyak sumber. Bagaimanapun, media itu, ‘kan, harusnya akurat dan dapat dipercaya,” Michael menyimpulkan.