Meet Timmy of the Month: Have Fun and Put Fashion First!

Amelia Rosary Dewi | 18 March 2020

Pada bulan ini, penghargaan Timmy of the Month diberikan kepada Michael Richards yang merupakan Fashion Editor dari Popbela.com. Michael merupakan salah satu sosok yang ikut merancang kampanye tahunan Popbela.com, seperti #IAMREAL di 2019 dan Future is Female di 2020. Kontribusi yang Michael bawa di timnya sejalan dengan Timmyness no. 1: Bringing creativity, sincerity, and passion to work. Yuk, kenalan lebih lanjut dengan Michael!

1. Ceritakan tentang role kamu di IDN Media, dong!

Role aku adalah Digital Fashion Editor di Popbela.com. Pekerjaan ini memang agak berbeda dari editor pada umumnya. Tak hanya menulis dan menyediakan foto-foto, aku juga tetap harus memperhatikan traffic-nya. Apa yang aku tulis tidak boleh hanya diakui oleh manusia, namun juga harus diakui oleh mesin pencarian nomor satu di dunia: Google. Oh ya, aku juga suka motret street style khusus buat Popbela, bisa cek foto-fotonya di @streetstyleofjakarta, loh.

2. Bagaimana perjalanan kamu sampai akhirnya menjadi Fashion Editor di Popbela.com?

Popbela.com sebenarnya bukan cinta pertama aku. Sebelumnya, aku bekerja di suatu website fashion besar dari New York yang sekarang sudah ditutup secara global. Masuk ke Popbela benar-benar dari nol: mulai dari memperkenalkan Popbela.com ini ke rekan brand, partner, teman-teman desainer lokal. Tidaklah mudah untuk mencintai bisnis startup, loh. Belum lagi harus mengurus beberapa event agar nama Popbela.com makin diketahui khalayak umum. Tim Popbela.com sendiri nggak terlalu sering gonta-ganti dan bisa dibilang cukup solid. Pada akhirnya, membesarkan Popbela.com sampai umurnya yang ke-4 ini membuat aku sayang beneran sama Popbela.com, tanpa aku sadari.

3. Guideline yang selalu Michael pegang sehari-hari?

Aku suka kutipan kata-kata dari film “Parasite” yang menyatakan bahwa rencana yang bagus adalah tanpa rencana. Kita tak perlu dibebani oleh pikiran yang berlebihan. Ya, membuat rencana boleh, tapi tidak usah berlebihan, sisanya have fun saja. Oh ya, jangan lupa harus put fashion first.

4. Saat bekerja, tentu selalu ada masalah yang dihadapi. Bagaimana cara Michael saat menghadapi masalah dan mengkomunikasikannya ke rekan kerja?

Usahakan menghadapi masalah dengan kepala dingin. Tidak perlu menyudutkan orang lain kalau tahu kita benar. Di lain sisi, apabila kita salah, bilang saja apa adanya, tidak usah dibuat-buat. 

5. Sejauh ini bagaimana pengalaman kamu bergabung di IDN Media? Apa saja hal-hal yang kamu syukuri atau suka?

IDN Media itu isinya benar-benar beragam. Di IDN Media, siapapun punya kesempatan untuk maju, itu adalah hal yang paling kubanggakan tentang IDN Media. Tak semua harus punya background sekolah tinggi, tapi keinginan untuk belajarlah yang dilihat. Diam-diam aku merhatiin, beberapa ada yang sukses dan aku bangga sekali lihat mereka. Aku juga bersyukur karena rekan-rekan di sini nggak ada yang baper soal sudut pandang agama, orientasi seksual, sampai politikㅡtak ada yang berdiri di kubu partai A, partai B, seperti yang sering aku lihat di kantor-kantor lain. Memiliki CEO dan atasan langsung yang super chill juga membuat aku semakin bersyukur.

 

6. Agar bisa membantu Timmy lain yang menghadapi kesulitan di kantor, apa yang biasanya Michael lakukan?

Aku membantu sesuai dengan kapasitas aku. Maksudnya, masalah yang dihadapi orang lain harus selesai di tangan mereka sendiri karena menurut sudut pandangku, hal tersebut adalah untuk kemajuan orang itu sendiri. Biasanya, aku akan mendengarkan mereka, membuat skenarionya, memberi pilihan, dan membiarkan orang tersebut ambil keputusan.

7. Apa mimpi kamu ke depannya?

Mimpi aku adalah untuk bisa hidup di mimpi aku. Masuk akal nggak? Hahaha...

8. Secara teknis, share dong tips dari Michael supaya bisa jadi seorang Fashion Editor yang oke untuk Popbela.com?

Pimpim tim kamu dengan visi yang jelas. Take credit, give credit dan bangun suasana tim yang kompak.

9. Berhubung sekarang IDN Media dan banyak perusahaan lainnya sedang bekerja dari rumah (work from home) karena COVID-19, apa sih tips agar profesionalitas tetap terjaga?

Pertama, pahami aturan kantor yang sudah dibagikan. Kedua, maksimalkan gaya kerja di rumah, seperti tidak perlu mandi pagi, tidak lama pilih baju, cepat kirim report, selesaikan tulisan segera, dan tidur lagi (baca: rebahan).

10. Terakhir nih, bagaimana caranya agar tetap happy di tengah-tengah kesibukan kantor versi seorang Michael?

Dukungan dari teman-teman yang seru itu harus, banyakin tertawa. Pekerjaan itu akan selalu ada tiap harinya, tidak mungkin habis. Jadilah “sosok yang malas” karena kata Bill Gates, “I will always choose a lazy person to do a difficult job because a lazy person will find an easy way to do it.

Meraki adalah sebuah kata Yunani yang berarti melakukan sesuatu dengan jiwa, kreativitas, juga cinta. Kata tersebut mungkin memang menggambarkan Michael dengan sangat tepat karena kecintaannya pada pekerjaan yang ia tekuni. Sembari mengingatkan untuk menjaga profesionalitas dan memiliki visi yang jelas dalam bekerja, Michael juga mengingatkan pentingnya bahagia dan bersenang-senang dalam pekerjaan yang kita lakukan. Terima kasih, Michael, sudah berbagi!

Timmy of the Month adalah sebuah token apresiasi untuk para Timmy yang dapat menerapkan Timmyness secara total, mengambil langkah ekstra dalam melakukan pekerjaan mereka, serta menyebarkan kebaikan ke setiap individu di sekitarnya (ya, it's all about positive vibe), dan memiliki standar integritas yang sangat tinggi.