Mengenal VTuber Indonesia, Duniaku.com Undang Kanna Tamachi ke Community Gathering Warga Duniaku

Amelia Rosary Dewi | 12 July 2021

Siapa yang sudah familiar dengan istilah VTuber? Para penggemar gim, anime, manga, dan kultur geek pasti sudah tahu duluan, nih. Jika YouTuber yang kita kenal umumnya merupakan sosok artis atau public figure lainnya, VTuber atau virtual YouTuber menampilkan karakter yang dibuat dengan komputer grafis.

Tren VTuber di Indonesia sendiri sudah mulai berkembang  sejak awal 2018. Salah satu VTuber Indonesia yang dikenal adalah Kanna Tamachi. Duniaku.com pun berkesempatan mengundang Kanna Tamachi, untuk mengisi Community Gathering Warga Duniaku pada 3 Juli 2021 lalu. Wah, fakta menarik apa saja, sih, yang dimiliki oleh Kanna? Apa visi Duniaku.com dengan menghadirkan Kanna Tamachi di Community Gathering kali ini?

1. Mengenal tren VTuber
VTuber seperti Kanna sebetulnya dibuat dan dikelola oleh beberapa manusia yang menyiapkan seperangkat alat penangkapan gerak, sehingga output avatar mereka bisa mencerminkan gerakan, serta suara dari kehidupan nyata. Penerapan karakter 3D di tren VTuber ini bisa melakukan gerakan halus dan mengubah ekspresi wajah yang menirukan emosi, lho. Misalnya, sama seperti kita, saat tertawa, VTuber juga akan cenderung menutup matanya.

Salah satu VTuber yang ada di Indonesia adalah Kanna Tamachi. Tahukah kalian bahwa Kanna merupakan personifikasi dari anjing Kintamani? Anjing Kintamani adalah jenis anjing asli dari daerah Bali yang dikenal sebagai anjing yang tangguh dan berani. Oleh karenanya, sebagai VTuber asal Indonesia, Kanna memilih anjing Kintamani sebagai personifikasi dirinya. Ia menciptakan narasi yang menyatakan bahwa ia telah lama tinggal di dunia anjing. Namun, ia akhirnya melarikan diri dari dunia anjing ke dunia manusia untuk mencari makanan yang enak. Itulah mengapa ia mengubah penampilannya menjadi wujud manusia anjing.

2. VTuber juga bisa hadirkan konten yang beragam
Hanya dalam kurun waktu sebulan, Kanna tidak menyangka bahwa momentum kepopulerannya sebagai Virtual YouTuber independen akan melesat langsung ke sepuluh ribu subscribers dan masih terus bertambah hingga saat ini. Sebagai VTuber independen yang terbilang sukses, Kanna ingin terus mengembangkan kemampuannya, terutama dalam hal bernyanyi. Ia sempat mengungkapkan bahwa ia berharap dapat mendapatkan kesempatan untuk memiliki lagu originalnya sendiri.

Selain fasih berbahasa Indonesia, sosok VTuber perempuan dari Indonesia yang lahir pada 20 Maret 2020 ini juga begitu fasih berbahasa Inggris. Di channel YouTube-nya, ia memiliki beragam konten menarik. Mulai dari mukbang, gameplay, free talk, hingga konsultasi masalah. Ia juga mampu menggaet sepuluh ribu subscribers lebih dalam waktu yang relatif singkat. Wah, interaktif banget, ya? Tak heran mengapa Duniaku.com mau mengundangnya ke Community Gathering Warga Duniaku.

3. Ikuti konten terbaru tentang VTuber di Duniaku.com
Community Gathering Warga Duniaku–sebutan untuk komunitas Duniaku.com–merupakan sebuah acara yang dilaksanakan secara reguler oleh Duniaku.com. Community Gathering tersebut merupakan sebuah acara, di mana para anggota Warga Duniaku bisa saling mengenal satu sama lain dan seru-seruan bersama. Di acara Community Gathering kali ini, Warga Duniaku diundang untuk mengikuti live interview bersama Kanna Tamachi, sosok YouTuber virtual asal Indonesia.

Sebagai media multi-platform terdepan tentang gim, anime, teknologi, dan kultur geek buat Millennial & Gen Z di Indonesia, Duniaku.com ingin terus menunjukkan konsistensinya dalam mendukung VTuber lokal. Tak hanya dengan menciptakan text-based content berupa artikel yang membahas profil para VTuber lokal, Duniaku.com juga telah beberapa kali mengundang VTuber lokal untuk menghadiri live stream di akun resmi Facebook dan YouTube Duniaku.com.