Menyambut Kuarter Dua 2021, IDN Media Adakan Townhall untuk Jaga Komunikasi antar Timmy

Amelia Rosary Dewi | 21 April 2021

Bersamaan dengan hadirnya kuarter kedua di tahun 2021 ini, IDN Media kembali mengadakan Townhall, acara reguler perusahaan yang mengundang seluruh Timmy dari Sabang hingga Merauke melalui sebuah pertemuan virtual. Sudah menjadi ritual bagi IDN Media untuk mengawali Townhall dengan sesi Gratitude, sebuah sesi yang didedikasikan khusus bagi Timmy untuk menyampaikan hal apa saja yang mereka syukuri melalui Live Chat. Setelah sesi tersebut usai, Winston Utomo, CEO IDN Media, baru akan memulai rangkaian acara Townhall.

Pada pembukaan Townhall, Winston mengungkapkan, “Pandemik menjadi suatu fenomena yang begitu menguras energi bagi banyak pihak, termasuk IDN Media. Oleh karenanya, setidaknya sudah ada 20% atau sekitar 100 Timmy yang sudah divaksinasi. IDN Media akan mengupayakan vaksinasi bagi seluruh Timmy di IDN Media.” Dengan jumlah Timmy yang tetap bertambah, ditambah dengan masih diberlakukannya kebijakan Flexible Working Arrangement (FWA), Winston menyampaikan beberapa hal krusial untuk menjaga kinerja dan kondisi Timmy.

1.  Media platform company, bukan sekadar content creator

Ingin menjadi the true media platform company, IDN Media tak hanya ingin berfokus pada content creation, tapi juga content distribution. “Sebagai media, kita harus defensible dan tak bergantung pada platform lain. Apabila kita masih bergantung dengan platform lain, apa bedanya kita, sebagai media platform company, dengan content creator? Itulah mengapa, aplikasi milik IDN Media, seperti IDN App dan Yummy App, tak hanya berfokus pada generating content saja, tapi juga pada bagaimana kita dapat mendistribusikan konten kita secara independen,” terang Winston.

2. Eksekusi ide dengan lebih cepat

Dalam perspektif bisnis, eksekusi ide adalah awal dari segalanya. Namun, proses pengeksekusian itu tak akan berjalan dengan cepat tanpa adanya landasan bisnis. Landasan tersebut mencakup visi, nilai, dan objektif perusahaan. Di IDN Media, Winston menyebutkan, “IDN Media memiliki visi #DemocratizeInformation. Visi inilah yang menjadi alasan mengapa kita menekuni apa yang saat ini kita kerjakan. Untuk nilai, IDN Media ada Timmyness, sesuatu yang dijadikan guideline buat tiap Timmy untuk bertindak. Selain itu, kita memiliki tiga objektif utama. Pertama, menjadi one-stop media company. Kedua, menjadi perusahaan yang berkelanjutan dan customer-obsessed. Ketiga, menjadi perusahaan dengan kultur kerja yang positif dan betul-betul mendukung kenyamanan Timmy.”

3. Berkomunikasi dengan lebih baik

Terbatasnya ruang gerak juga turut membuat kelancaran komunikasi menjadi terhambat. Ketidakpahaman dan kesalahpahaman menjadi hal yang tak terhindarkan. “Wajar, mengingat Timmy di IDN Media juga kian bertambah. Komunikasi antar departemen yang dilakukan secara virtual tak jarang menemukan tantangan. Semuanya harus serba jelas, kalau tidak yakin dengan apa yang seseorang ucapkan via pesan, gunakanlah telepon atau video call dengan menggunakan gambar. Kalau belum juga yakin, bertemulah. Toh, jadwal kerja sudah fleksibel,” katanya.

Kolaborasi antar tim menyadarkan kita bahwa tugas dan metrik yang dimiliki tiap tim merupakan suatu sinergi yang saling terkoneksi dengan kuat. Persoalan yang muncul akibat keterbatasan komunikasi tak seharusnya menghentikan kita untuk saling mendengarkan dan memberi masukan satu sama lain. “Kita temukan solusinya bersama, saling berikan masukan yang konstruktif agar kita bisa melewati segala sesuatunya dengan baik. Intinya, berkomunikasi, bertindak, dan memperlakukan orang lain dengan hormat dan secara etis. Dari sinilah performa, produktivitas, inovasi, serta kenyamanan dan kebahagiaan akan bertambah,” Winston berpesan.

Kuarter pertama di tahun 2021 telah berakhir dengan baik. Hal ini tak akan bisa tercipta tanpa adanya semangat, dedikasi, kerja keras, dan ketulusan dari semua Timmy. Menyongsong kuarter baru, mari jadikan kuarter satu 2021 sebagai hikmah agar dapat terus berbenah diri di kuarter-kuarter selanjutnya.