New Timmy: Pengalaman Tak Seberapa, Diterima di IDN Media?

Amelia Rosary Dewi | 30 June 2021

Di saat kasus COVID-19 di Tanah Air kembali menggunung, IDN Media masih aktif merekrut talenta-talenta baru. Bila dilihat dari kacamata Timmy yang baru saja bergabung dengan IDN Media, mendapatkan pekerjaan di tengah situasi tak pasti seperti ini tentu menjadi berkat tersendiri. Pada kesempatan ini, beberapa New Timmy di IDN Media membagikan pengalaman mereka saat menjalani proses perekrutan, hingga akhirnya telah resmi bekerja di IDN Media selama sebulan. Yuk, let’s keep scrolling!
 
1. Tak memiliki pengalaman yang memadahi
Gardito Utomo, IT Infrastructure, mengungkapkan pengalamannya saat menjalani proses perekrutan di IDN Media. “Awalnya, saya sempat bingung karena wawancara kedua yang saya lakoni di IDN Media tidak seperti wawancara pada umumnya. Kesannya lebih ke cerita, berbagi panjang lebar mengenai pekerjaan dan pengalaman saya yang terdahulu. Kalau boleh jujur, saya tidak berharap banyak saat itu, mengingat pengalaman saya yang tidak seberapa di bidang IT Infrastructure,” terangnya.
 
Terkejut, namun merasa beruntung sekaligus bahagia. Mungkin itu yang Gardito rasakan. “Saya terbilang baru di bidang ini, tapi saya mendapat kesempatan itu di IDN Media. Tidak menyangka, tapi saya bersyukur juga,” ia mengungkapkan. Di IDN Media, pengalaman itu memang penting, namun hal tersebut bukanlah satu-satunya faktor yang dinilai. Semangat dan daya juang adalah beberapa hal lain yang turut dinilai, lho. Buat kalian yang ingin mendaftar, tapi tidak percaya diri karena pengalaman yang belum banyak, tak ada salahnya mencoba, ya.
 
2. Study case untuk ukur potensi kandidat
Membenarkan apa yang disampaikan Gardito, Mohammad Kindy Al Arqam, Creative Chef di Yummy, menambahkan, “Pada umumnya, kandidat tentu merasa harap-harap cemas akan hasil interview yang sudah dijalani. Tak heran apabila mereka ingin segera mendapatkan feedback dari pihak rekruter. Berdasarkan pengalaman saya, ketika saya melakukan follow up, hal ini dapat diakomodasi dengan baik dan ramah oleh People Operations (POPS) di IDN Media.” 
 
Bila melamar pekerjaan di IDN Media, tahukah kalian bahwa kalian juga akan dihadapkan pada sebuah study case? Biyan Oscar, Software Engineer, memberikan gambaran umum terkait study case yang ia lakoni. Melamar sebagai Backend Engineer di IDN Media, “Saya mendapat study case seputar programming. Soal-soal yang diberikan berkaitan erat dengan tanggung jawab yang saat itu akan saya pegang. Study case ini berperan sebagai simulasi bagi pekerjaan saya. Melalui study case tersebut, IDN Media juga bisa mengukur potensi saya di bidang ini,” terang Biyan.
 
3. Timmy Buddy sebagai teman pertama di IDN Media
Biyan juga bercerita mengenai Timmy Buddy-nya, seorang Timmy lama yang ditunjuk oleh POPS untuk menemani New Timmy. “Timmy Buddy saya adalah Tommy Aditya Lawanto. Dia adalah orang yang pertama saya hubungi saat pertama masuk. Tommy adalah Buddy yang baik dan benar-benar menuntun saya. Apalagi, di tengah pandemik ini, dengan adanya keterbatasan untuk bertemu langsung, padahal pekerjaan di Engineering perlu setup environment.” 
 
Dengan penjelasan detail yang Tommy berikan, Biyan mampu mengerti kebiasaan dan cara kerja di Tim Web dalam waktu yang relatif singkat. Sayangnya, perjumpaan Biyan dengan Tommy terlalu singkat. “Tommy meninggal dunia pada tanggal 11 Juni 2021. Saya terkejut karena tiga hari sebelumnya saya baru bertemu secara langsung untuk pertama kalinya di kantor. Dari Tommy, saya belajar untuk bekerja dengan penuh dedikasi dan fokus. Semoga Tommy mendapat tempat yang terbaik di sisi-Nya,” kenangnya.
 
Gilang Permana, Sr. Event Associate, juga membagikan ceritanya tentang Timmy Buddy-nya. “Namanya Adi, jadwalnya sangat penuh. Namun, sepanjang yang saya lihat, Adi begitu tangkas dalam menyelesaikan tugasnya sebagai anak event. Dengan Adi, saya belajar flow kerja di IDN untuk event ini seperti apa dan harus berlaku bagaimana. Adi kooperatif, membuat saya tak heran bila dia punya management waktu yang oke juga,” ucap Gilang.
 
4. Semangat buat yang masih berjuang
Di tengah situasi tak menentu seperti saat ini, mendapatkan pekerjaan baru tentu bukanlah suatu hal yang mudah. Untuk itu, Muhammad Iqbal Mubarok, Campaign Associate, memberikan semangat positifnya bagi mereka yang kini tengah berjuang mencari pekerjaan baru. “Pasti bisa, pasti. Selain berikan yang terbaik, berdoalah. Pasti akan ada jalan dan kemudahan. Jangan lupa bersyukur atas kesehatan yang masih kita miliki,” ucapnya penuh semangat. 
 
Mayang Ulfah Narimanda, Social Media Associate, mengamini ucapan Muhammad dan berkata, “Kita saling mendoakan. Apabila ada usaha, ingat, pasti dimudahkan segala urusan, kesehatan juga dijamin. Jadi, teruslah semangat! Perjuangan kalian tentu akan membawa berkah.” Apapun yang tengah kita lalui, jangan lupa untuk stay positive, ya, guys!