New Timmy: Wawancara Kerja di IDN Media, Terbuka dan Tidak Membuat Gugup

Amelia Rosary Dewi | 9 September 2021

Setelah kurang lebih satu bulan sejak bergabung dengan IDN Media, New Timmy batch Juli 2021 membagikan cerita dan pengalaman mereka bekerja di perusahaan media platform untuk Millennial & Gen Z di Indonesia tersebut. mulai dari saat pertama kali menjalani proses rekrutmen, sampai akhirnya melaksanakan induction. Apa saja, ya, cerita menariknya? Yuk, keep scrolling!

1. Wawancara rasa ngobrol

Melamar pekerjaan di tengah pandemik. Mengalami hal serupa, Christopher Kevin Susandji, Software Engineer IDN Media, membagikan pengalamannya saat pertama kali menjalani sesi wawancara di IDN Media. “Syukur, People Operations (POPS) IDN Media yang saat itu mewawancarai saya menunjukkan ketertarikan yang tinggi. Hal ini tentu membuat saya merasa nyaman untuk terbuka dalam mengutarakan pengalaman dan keinginan saya untuk bergabung sebagai Software Engineer di IDN Media. Saya pun jadi lebih percaya diri.”

Saat mendapatkan informasi bahwa dirinya lolos ke babak selanjutnya, Christopher mengikuti user interview dengan tim Engineering. “Selama sesi wawancara berlangsung, saya tidak merasa gugup sama sekali karena user yang mewawancarai mengajak saya bercakap-cakap mengenai pengalaman saya. Mereka lebih ke mengajak berbincang, bukan sekadar menanyai saya. Padahal, hal-hal yang diperbincangkan bisa dibilang cukup teknis.”

Setuju dengan apa yang diungkapkan Christopher, Ishom Muhammad Drehem, Scrum Master IDN Media, mengungkapkan bahwa pengalaman perekrutannya di IDN Media terbilang cukup berkesan. Apalagi, didukung dengan sesi-sesi informatif yang ada. “Karena dilakukan secara virtual, kita malah dituntut untuk fokus dan memahami betul produk-produk yang ada di IDN Media. Secara keseluruhan, apa yang teman-teman POPS fasilitasi saat onboarding itu sangatlah detail, jadi kita pun bisa menerima semua materi dengan baik.”

2. Coffee chat, tidak bicarakan tentang pekerjaan

Selain sesi informatif seperti yang telah disampaikan oleh Ishom pada poin sebelumnya, Arnold Pangestu, Software Engineer IDN Media, mengungkapkan bahwa ia menyukai sesi-sesi seru yang juga diberikan saat proses onboarding. “Coffee chat dengan Winston Utomo sebagai CEO IDN Media. Di situ, kita berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan suasana yang se-casual mungkin. Bahkan, menariknya, Winston sangat berusaha untuk menghindari topik yang berhubungan dengan pekerjaan dan itu memungkinkan New Timmy untuk dapat mengenalnya secara lebih baik, terutama saat berada di luar lingkup profesional. Ini seru, sih,” ia mengatakan. 

Memangnya, hal apa saja, ya, yang ditanyakan oleh New Timmy batch Juli 2021 saat berbincang dengan Winston? Eddy Rusmanto, SEO Associate IDN Media, menceritakan, “Selama coffee chat berlangsung, saya dan New Timmy lainnya bisa banyak bertanya dan sharing tentang berbagai hal. Ada yang tentang IDN Media, ada pula hal lainnya yang ada di luar IDN Media. Malah, sempat bincang-bincang juga mengenai tim sepak bola favorit. Kegiatan ini membentuk suasana yang santai, tidak kaku, namun tetap bisa mendapatkan hal-hal yang sangat bermanfaat.”

Tak lupa, setiap New Timmy juga akan mendapat Timmy Buddy, mereka yang dipilih oleh POPS untuk menemani New Timmy. Reza Fersia, QA Engineer IDN Media, mengatakan, “Saya mendapat Timmy Buddy, namanya Muhamad Irfan Arisaldy, atau yang biasa saya panggil Mas Irfan. Ia adalah seorang yang baik dan sabar, terutama dalam membimbing dan menjawab tiap pertanyaan yang saya ajukan dengan sangat jelas dan detail. Setelah kurang lebih satu minggu berkolaborasi dengan Mas Irfan, akhirnya saya ditempatkan menjadi QA di tim Web.”

3. Hal yang ingin dicapai di IDN Media

Berpindah tempat kerja atau mulai meniti karier di IDN Media, tentu tiap New Timmy  memiliki beberapa hal yang ingin dicapai di IDN Media. Husein Murtadlo, Software Engineer IDN Media, misalnya. Ia mengucapkan, “Harapannya, saya bisa ahli di bidang pemrograman. Selain itu, dengan budaya kerja IDN Media yang terbuka, saya juga menginginkan adanya peningkatan karier. Namun, kalau bicara mengenai hal-hal pragmatis tiap harinya, saya juga berharap agar saya dapat bekerja dengan nyaman di IDN Media, sehingga saya bisa fokus pada apa yang saya kerjakan. Tidak perlu memikirkan drama-drama yang tidak perlu dipikirkan.”

Di tengah situasi yang masih belum menentu seperti saat ini, Dedayev Syamardala, Digital Strategy Associate IDN Media, mengatakan dengan penuh semangat, “Kita pasti bisa melewati ini semua. Pasti. Manusia terlahir untuk bertahan hidup, kok. Taati prokes, kurangi mengeluh. Daripada tenaga habis buat mengeluh, lebih baik habis buat berpikir mengenai jalan keluar. Jangan menyerah. Meski terkesan tidak mungkin, pasti ada jalan keluarnya. Kita tidak sendirian. Kita merasakan pandemik ini bersama, jadi kita juga lewati pandemik ini bersama. Masa depan kita ada di tangan kita sendiri.”

Berkenalan dengan New Timmy angkatan Juli 2021, yuk! Mereka adalah Andriyanto Tri Saputra (Social Media Associate IDN Pictures), Aprilia Dwi Margayani (Account Manager), Arnold Pangestu (Software Engineer), Christopher Kevin Susandji (Software Engineer), Dedayev Syamardala (Digital Strategy Associate), Desy Yuliastuti (Reporter Fortune), Eddy Rusmanto (SEO Associate), Hendra Friana (Reporter Fortune), Husein Murtadlo (Software Engineer), Ishom Muhammad Drehem (Scrum Master), Nadia Mitra Oktaviani (Line Producer IDN Pictures), dan Reza Saddam Fersia (QA Engineer).