Pony, Beauty Influencer Internasional di BeautyFest Asia X Shopee 2020

Cholif Rahma | 8 November 2020

Pada hari terakhir #BFA2020, Pony, seorang youtuber dan make-up artist dari Korea Selatan hadir dalam acara Meet and Greet dengan para beauty enthusiasts. Sudah lama menekuni bidang make-up, Pony membagikan kisah tentang kecintaannya terhadap make-up, sebelum akhirnya berhasil menjadi salah satu pelopor korean make-up look di seluruh dunia. Berikut adalah rangkuman dari sesi Meet and Greet bersama Pony hari ini. Semoga menginspirasi!

1. Seorang mahasiswi seni yang menyukai make-up

Ketertarikan Pony pada make-up hadir pada saat ia lulus SMA. Pada saat itu, Pony yang memilih jurusan seni, mulai belajar mengenal produk dan cara penggunaan make-up. “Awalnya, saya tidak tahu sama sekali. Namun ternyata, make-up itu tidak jauh beda dengan seni. Hanya saja, kanvas yang digunakan adalah wajah kita sendiri,” Ungkap Pony.

Pada mulanya, Pony ingin membagikan tutorial make-up simpel ala Korea yang waktu itu masih jarang ditemui. “Tidak menyangka kalau sekarang menjadi booming dan banyak diminati. Akhirnya, saya menjadi serius untuk membuat konten tentang make-up di YouTube,” imbuhnya.

2. Jangan lupakan skincare saat menggunakan make-up

Ketika ditanya manakah yang Pony lebih pilih antara skincare dan make-up, ia menjawab, “Keduanya adalah hal berbeda, sehingga saya memilih keduanya.” Menurut Pony, kondisi wajah yang terawat dapat membuat hasil make-up yang flawless.

Skincare yang digunakan harus sesuai dengan tipe kulit, sehingga dapat memperbaiki teksturnya. Jadi, saat mengaplikasikan make-up, hasilnya akan sempurna. Kulit yang terpapar langsung dengan make-up juga akan tetap terawat,” ujar Pony mengingatkan akan pentingnya skincare

3. Mencari aksesoris dahulu baru memikirkan konsep

Berbeda dengan kebanyakan beauty vlogger yang lain, sebelum menentukan konsep, Pony akan lebih mengumpulkan aksesoris dan keperluan untuk make-up lainnya terlebih dahulu. “Saya suka berbelanja secara random, kemudian baru memikirkan: nanti barang yang saya beli akan cocok dengan make-up look seperti apa,” ujarnya.

“Dengan demikian, konsep yang bisa kita eksplor akan lebih beragam. Tidak hanya terpaku pada satu barang untuk satu konsep saja,” Kata Pony menyatakan alasannya.

4. Pergantian isi konten di masa pandemik

Pandemik COVID-19 juga sangat mempengaruhi konten-konten yang dibuat oleh Pony. Awalnya, Pony banyak mengunggah konten tentang beauty and travel. Namun terbatasnya mobilitas saat ini, Pony akhirnya mencari kesukaan baru para subscriber-nya.

“Tidak ada yang menyangka masa sulit seperti ini akan datang. Saya bahkan tidak pernah memikirkan konten apa yang cocok untuk saat ini. Akhirnya, saya berusaha menghadirkan tutorial make-up yang cocok digunakan saat menggunakan masker,” Kata Pony.

Ia menambahkan, “Make-up ini cukup mudah karena hanya bagian mata yang kita tonjolkan, mengingat bagian hidung ke bawah akan ditutupi masker. Hal selanjutnya yang diperhatikan adalah pemilihan produknya yang tidak akan menempel ke masker. Ternyata hal-hal seperti ini menjadi tren baru di masa pandemik.” 

Hari ini merupakan hari terakhir BeautyFest Asia 2020 X Shopee by Popbela.com. Namun, kamu masih bisa saksikan rangkaian acara festival kecantikan persembahan Popbela.com ini melalui akun YouTube resmi BeautyFest Asia 2020, ya. Sampai jumpa di BeautyFest Asia tahun depan!