Social Media Specialist IDN Media: 24/7 Siap Laksanakan!

Amelia Rosary Dewi | 12 March 2020

Membuka media sosial di saat bekerja adalah hal yang tak disarankan, bahkan dilarang keras oleh beberapa perusahaan. Menariknya, bagi Erventina Elisabeth dan Alvita Wibowo, membuka media sosial di jam kerja adalah hal yang wajib mereka lakukan. Ya, Erventina adalah Social Media Associate Yummy, sedangkan Alvita adalah Senior Social Media Specialist IDN Times. 

Berbicara tentang tantangan yang mereka hadapi, Erventina mengaku, “Saya harus ‘kawin’ dengan pekerjaan saya, ya. Soalnya ketika klien minta post pukul 7 pagi hari Sabtu, misalnya, saya harus siap, apapun yang terjadi.” Ia juga menambahkan beberapa tantangan yang datang dari pihak eksternal divisi, “Kadang cara pandang redaksi dan social media berbeda dari segi produksi kontennya. Kalau media sosial lebih fokus ke traffic audiensnya, redaksi lebih ke kualitas kontennya. Bikin cilor, misalnya, lebih ramai traffic-nya, tapi demi konten yang bagus, redaksi lebih memilih post cara bikin steak. Normal sih, justru itu dinamikanya.”

 

Untuk mengelola media sosial, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan (karena media sosial sebenarnya tidak semudah itu, loh). Menurut Avita, “Secara teknis, rajin membalas komen audiens dan memaksimalkan fitur-fitur yang ada di story Instagram agar terjalin komunikasi 2 arah itu penting, ya. Hal ini dilakukan agar social media yang kita kelola tetap interaktif.” Avita juga menyatakan bahwa IDN Times selalu memberikan upaya terbaiknya untuk dapat menjadi platform berita yang berimbang dan berkualitas, dengan memerhatikan 7 pilar yang kita miliki: kesetaraan gender, pelecehan seksual, anti bullying, anti stereotip, persatuan dalam ras dan etnis yang berbeda, kesatuan dalam agama yang berbeda, dan mendefinisikan kembali kecantikan.

Karena juga sedang fokus mengembangkan aplikasi platform mereka, yaitu Yummy App dan IDN App, Erventina dan Avita mengungkapkan bahwa memberikan tantangan melalui media tersebut juga akan menambah interaksi dengan para audiens, loh! Di Yummy, ada undian hadiah yang akan berlangsung selama 3 periode. Dengan mengikuti visi yang telah ditetapkan oleh tim Yummy, Erventina mengungkapkan, “Akan ada 1 kupon buat mereka yang berhasil menyelesaikan tiap visi yang diberikan. Kupon ini nantinya akan diundi dan pemenang berhak mendapatkan THR, kamera, atau bahkan grand prize 1 unit sepeda motor dari Yummy.” Tak kalah dari Yummy, IDN Times juga akan menyelenggarakan sebuah tantangan untuk membuat video TikTok di IDN App. “Pemenangnya berhak mendapatkan 1 unit iPhone X dari IDN Times. Boleh dibuka aplikasinya untuk keterangan lebih lanjut,” ucap Senior Social Media Specialist IDN Times ini diikuti tawa.

 

Ternyata, menjadi Social Media Specialist tak segampang itu, loh! Kita harus bersedia meluangkan waktu 24/7 apabila sewaktu-waktu ada hal yang harus di-post. Selain itu, menentukan strategi kritis agar dapat mempertahankan komunikasi 2 arah dengan audiens tak dapat dilakukan oleh sembarang orang. Apakah kamu tertarik jadi Social Media Specialist?