Terus Berkembang, IDN Media Berkomitmen untuk Pertahankan Nilai yang Telah Dibangun Sejak Awal

Amelia Rosary Dewi | 3 April 2021

Lahir pada 8 Juni 2014, banyak milestones yang telah dilewati oleh IDN Media, mulai dari ekspansi produk, akuisisi beberapa perusahaan, hingga menghadirkan Sundance Film Festival: Asia di Jakarta, Indonesia. Seiring berjalannya waktu, IDN Media, sebuah perusahaan media platform untuk Millennial dan Gen Z di Indonesia, kini semakin berkembang. Kendati demikian, IDN Media berkomitmen untuk mempertahankan kultur positif yang sudah tertanam kuat selama 6 tahun pertamanya. Wah, kultur positif seperti apa, sih? Yuk, kita simak!

1. Pengembangan personal para Timmy

Seperti yang diketahui, jumlah karyawan perusahaan rintisan yang masih terbilang sedikit justru dapat menciptakan suasana kekeluargaan yang kental. Tingginya tingkat keterlibatan karyawan dalam pengambilan keputusan pun mampu menciptakan kultur kerja yang ramah dan kuat. Rupanya, hal inilah yang menginspirasi IDN Media untuk terus menerapkan sistem yang sama, agar kultur kerja yang fresh, relevan, dan positif dapat terus terjaga.

Untuk mewujudkannya, hal pertama yang dilakukan oleh IDN Media adalah dengan membuka pintu kesempatan bagi para lulusan baru untuk bekerja sekaligus belajar: sesuatu yang biasanya tidak bisa didapatkan di perusahaan besar. Seperti perusahaan rintisan, IDN Media mengerti bahwa tak semua lulusan baru sudah memahami jenis karier seperti apa yang sebenarnya mereka inginkan. Dengan membuka kesempatan kerja untuk lulusan baru, serta memungkinkan mereka untuk melakukan horizontal career rotation, IDN Media memungkinkan mereka untuk mencari tahu bidang karier apakah yang paling pas untuk diri mereka.

2. Dipercaya untuk menginisiasi ide

Didukung oleh kultur perusahaan yang terbuka, setiap Timmy punya kesempatan yang sama untuk menyampaikan aspirasi mereka. Bukan hanya terkait kebijakan perusahaan, tapi juga inovasi-inovasi dalam pekerjaan, seperti konsep event, program baru, dan lain sebagainya. Meski kini sudah memiliki sistem yang jelas dan teratur, IDN Media tetap mendorong setiap Timmy untuk menyampaikan ide mereka demi kemajuan perusahaan dan meningkatnya kemampuan leadership dari para Timmy.

3. Fleksibiltas kerja

Sejak pertama kali didirikan pada tahun 2014 silam, IDN Media selalu menjunjung tinggi kenyamanan Timmy dalam bekerja. Selain melestrikan kultur positif seperti yang telah disebut pada poin di atas, IDN Media juga menjamin fleksibilitas kerja Timmy untuk menjaga kenyamanan mereka, terutama di tengah situasi tak menentu akibat pandemik. Menerapkan Flexible Working Arrangement atau yang biasa disingkat FWA, IDN Media tetap secara aktif melakukan supervisi pada kinerja Timmy. Misalnya, dengan diadakannya rutinitas daily update yang bertujuan untuk mengoordinasikan action item tiap anggota tim pada satu hari tertentu.

Apa yang telah IDN Media bangun sejak awal menjadi fondasi kuat bagi perusahaan untuk terus mempertahankannya. Tak hanya dilihat dari aspek perkembangan bisnis saja, aspek kultur yang inklusif dan positif malah menjadi karakteristik paling kuat dari IDN Media. Untuk itu, IDN Media selalu berupaya seoptimal mungkin untuk terus mendengarkan dan mempertimbangkan feedback dari Timmy secara reguler.