“The Art of Learning, Growing and Challenging Yourself” oleh Rossa: Terus Berupaya Kembangkan Diri

Amelia Rosary Dewi | 8 November 2020

BeautyFest Asia 2020 X Shopee by Popbela.com, pada hari ketiganya, mengundang salah seorang diva Indonesia yang telah menekuni dunia tarik suara semenjak akhir 80-an: Rossa. Setelah lagu “Nada-Nada Cinta” berhasil menggaungkan namanya, kesuksesan perempuan kelahiran 9 Oktober 1978 ini tak kunjung redup. Lalu, apa saja kunci rahasia Rossa? Mari kita simak di sesi talk show “The Art of Learning, Growing and Challenging Yourself”!

1. Sudah tertarik pada bisnis sejak kecil

Bukan penyanyi, Rossa malah lebih tertarik menjadi pelaku bisnis sejak kecil. Hingga saat duduk di bangku kuliah, ia memutuskan untuk menjual baju secondhand yang pernah tren pada masanya. “Aku beli di sebuah pasar di Bandung dan belinya satu paket. Aku sortir lagi setelah itu, sebelum akhirnya aku cuci. Permintaan yang tinggi pun semakin melipatgandakan keuntungan aku. Yah, intinya aku sudah mulai tertarik dengan bisnis sejak dulu,” ujar Rossa.

Ketika sudah sukses menjadi seorang penyanyi kondang sekali pun, ia tetap ingin mengepakkan sayapnya. Tiga tahun setelah menekuni bisnis karaoke, ia meluncurkan sebuah produk parfum. “Saat itu, kami juga adakan sistem member. Member bisa ikut berjualan, mendapat pelatihan bisnis, sehingga laba tak hanya akan diraup oleh perusahaan, namun juga ibu-ibu yang menjadi member. Biar berkah juga, agar bisa memberikan manfaat bagi orang lain,” terangnya.

2. Memilih partner yang tepat dan kemampuan bersaing dengan kompetitor

“Memilih partner, yah, mulai saja dulu dari teman kita. Pilihlah partner yang memiliki visi dan misi yang sama, tapi bukan berarti sama persis, ya. Dengan adanya perbedaan, justru kita dan partner malah akan saling melengkapi, mengisi satu sama lain. Kemudian, pemilihan partner juga harus disesuaikan dengan kebutuhan bisnis kita. Kalau kapital yang dicari, pilihlah ia yang mampu menyediakan,” jawabnya saat ditanya mengenai tipsnya dalam memilih partner bisnis.

Kini, Rossa juga telah berhasil menciptakan sebuah brand kecantikan lokal yang ia beri nama Rossa Beauty. Kendati memiliki banyak kompetitor, Rossa berkata, “Sebenarnya, hal ini juga bisa menjadi suatu hal yang patut disyukuri, lho. Soalnya, dengan meningkatnya kompetitor, artinya permintaan pasar terhadap brand lokal, ‘kan, juga bertambah. Kesadaran konsumen untuk membeli produk lokal sudah makin tinggi.”

Agar mampu bertahan di tengah sengitnya persaingan bisnis, Rossa berkata, “Hal yang paling harus dijaga adalah spesifikasi dari produk Rossa Beauty: apa itu Rossa Beauty, targetnya siapa, apa tujuannya, dan apa kelebihannya一harus ada signature-nya. Kalau dari brand aku sendiri adalah kualitas produk, kepraktisan, dan targetnya, serta tujuannya untuk menghemat waktu. Itu keistimewaan yang ingin Rossa Beauty unggulkan dan brand lain juga punya keistimewaan mereka sendiri. Nah, kita harus mampu bersaing dengan sehat dan suportif.”

3. Millennial berbisnis selama pandemik?

Pandemik yang sedang melanda tak menghentikan langkah para millennial untuk menginisiasi ide bisnis. Menanggapi hal ini, Rossa mengungkapkan, “Di tengah situasi yang serba tak menentu seperti ini, hebat kalau tekad untuk berbinsi itu masih ada, ya. Tekad bulat itu sudah menjadi modal pertama yang substansial buat kamu, lho. Nah, untuk memulainya, pahami dulu bisnis apa yang ingin kamu lakukan. Tentukan juga siapa terget konsumen kamu, saingan kamu.”

“Kalau sudah, baru mulai buat hitungan: berapa modal yang bisa kamu keluarkan, berapa keuntungannya. Saran dari aku, modal awal jangan terlalu besar. Lakukan dulu tes pasar, sesuaikan rencana bisnis yang kamu miliki dengan realita yang ada di pasar. Nanti, seiring berjalannya waktu, modal boleh ditambah, namun lakukanlah secara bertahap. Ingat, pandemik menuntut kita buat alokasikan dana dengan sangat efektif. Terakhir, mental harus kuat, ya!” pesannya, sambil menutup sesinya bersama BeautyFest Asia 2020 X Shopee by Popbela.com.

Hari ini merupakan hari terakhir BeautyFest Asia 2020 X Shopee by Popbela.com. Namun, kamu masih bisa saksikan rangkaian acara festival kecantikan persembahan Popbela.com ini melalui akun YouTube resmi BeautyFest Asia 2020, ya. Sampai jumpa di BeautyFest Asia tahun depan!