The New Normal di IDN Media HQ, Seperti Apa?

Amelia Rosary Dewi | 19 June 2020

Sejak 8 Juni 2020 yang lalu, Timmy (sebutan untuk karyawan IDN Media) telah turut melaksanakan The New Normal dengan mulai bekerja dari kantor. Namun, karena pandemik COVID-19 belum benar-benar pergi dari muka bumi, tentu ada beberapa protokol kesehatan yang harus Timmy terapkan agar kemungkinan penyebaran COVID-19 tetap dapat terkontrol.

Lalu, protokol kesehatan apa saja, sih, yang diterapkan?

1. Wajib steril sebelum masuk gedung kantor

 

Pihak gedung juga ikut mendukung upaya IDN Media untuk melakukan The New Normal dengan menyediakan sebuah ruang portabel kecil dengan semprotan disinfektan otomatis. Tiap karyawan yang akan memasuki gedung wajib melewati ruang portabel kecil ini, kemudian membasuh kedua tangannya dengan hand-sanitizer yang juga telah tersedia di dekat ruang tersebut. Pengecekan suhu oleh security gedung juga akan dilakukan setelah karyawan memasuki gedung utama. 

2.  Pengecekan suhu sebelum memasuki IDN Media HQ

 

Pengecekan suhu badan akan kembali dilakukan oleh security IDN Media sebelum Timmy memasuki IDN Media HQ. Jika suhu Timmy dinyatakan normal, Timmy baru diijinkan masuk ke IDN Media HQ. Sebaliknya, apabila suhu Timmy berada di atas 37° C, Timmy diharuskan pulang agar dapat beristirahat di rumah.

Tak hanya itu, bagi Timmy yang pergi ke kantor dengan menggunakan transportasi umum diwajibkan untuk langsung mengganti baju dan alas kakinya di toilet sebelum masuk ke ruangan. Dengan demikian, paling tidak Timmy dapat merasa lebih bersih dan nyaman saat bekerja.

3. Duduk berjarak

 

Biasanya, satu meja panjang di IDN Media HQ akan ditempati oleh 3 orang Timmy. Namun, selama masa The New Normal berlangsung, satu meja panjang hanya akan ditempati oleh 1 sampai 2 Timmy agar jarak saat kerja tetap terjaga. Sebelum meninggalkan kantor, Timmy juga diwajibkan untuk mengosongkan meja dan menata segala peralatan di dalam loker.

4. Makan siang di meja masing-masing

 

Sebelum pandemik, biasanya Timmy akan menuju ke melting pot untuk makan siang bersama-sama dengan kawan-kawan yang lain. Namun, karena adanya kebijakan physical distancing untuk mencegah penyebaran COVID-19, kini Timmy harus makan siang di meja mereka masing-masing. Setiap pukul 12 siang, lunch box diantar ke tiap meja mereka agar jarak satu Timmy dengan yang lain pun tetap terjaga, bahkan saat makan. 

Itu adalah beberapa Standar Operasional Prosedur (SOP) yang IDN Media tetapkan agar kesehatan Timmy dapat tetap terjamin meski The New Normal telah mulai diterapkan. Jangan lupa untuk mengaplikasikan protokol kesehatan juga supaya tetap sehat, ya, guys!