Timmy of the Month: Adaptasi dalam Cara Berkomunikasi Juga Penting Dilakukan

Amelia Rosary Dewi | 20 November 2020

Memasuki pergantian bulan, IDN Media kembali memberikan penghargaan Timmy of the Month. Selain Amerenzia Hastoto, Intan Laras Savitri Maliza dari tim IDN Times juga terpiliih menjadi Timmy of the Month. Mampu beradaptasi dengan cepat, Intan dinilai mampu mengaplikasikan Timmyness nomor 3: "Thriving in ambiguity and fast-paced environment with constant changes" dan Timmyness nomor 7: "Assisting others in the group with their work for the benefit of the group" secara konsisten.

1. Apa role Intan di IDN Times?

Saya adalah seorang Administration Associate di IDN Times. Tugas saya secara garis besar adalah mengurus administrasi IDN Times Community, seperti, menghitung point redeem, mengurus konten-konten Instagram, Whatsapp, dan email, selain itu juga membalas pesan yang masuk di Talk To Us; sebuah fitur chat di dashboard IDN Times. Oleh karena itu, teman-teman di community biasa mengenal saya sebagai “mimin” karena sering berinteraksi dengan mereka.

2. Hal positif apa yang Intan dapatkan dalam menjalani role tersebut?

Banyak hal yang membuat saya merasa senang. Beberapa di antaranya adalah karena saya jadi banyak bertemu dengan orang baru, belajar banyak hal baru juga. Dengan berinteraksi dengan teman-teman community, saya pun jadi tahu bagaimana cara berkomunikasi dengan baik, melatih kesabaran, serta menjadi lebih kritis akan suatu hal.

Saya juga mendapat banyak insight baru karena teman-teman community juga sering membagikan kisah mereka. Tidak hanya itu, saya juga menjadi seseorang yang lebih peka akan keadaan di sekitar saya. Secara tak langsung, saya pun menjadi lebih termotivasi: saya ingin selalu bersemangat seperti mereka.

3. Apa minat dan latar belakang Intan, sehingga bisa bekerja sebagai Administration Associate?

Pekerjaan saya saat ini sebetulnya tidak memiliki relevansi dengan jurusan yang saya ambil selama kuliah. Saya adalah lulusan Politik Pemerintahan di Universitas Gadjah Mada. Tidak seperti pekerjaan saya saat ini, jurusan kuliah saya tidak banyak melibatkan hubungan dengan banyak orang. 

Sebelumnya saya juga sempat bekerja di bagian human resources, lalu marketing, hingga sekarang saya menjadi Administration Associate. Dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, saya belajar cara berkomunikasi secara aktif karena sejujurnya, saya bukan tipe orang yang bisa chatting-an dengan orang orang yang tidak dikenal. Ini menjadi sebuah tantangan bagi saya, awalnya. 

Singkatnya, menurut saya, pekerjaan yang kita pilih tidak harus relate dengan jurusan saat kita berkuliah. Salah satu kunci pentingnya adalah: jangan pernah takut untuk mencoba dan berkeinginan kuat untuk belajar. Toh, pada akhirnya, tidak ada yang tidak mungkin, kok, kalau kita berusaha. 

4. Adakah dampak yang dirasakan selama masa pandemik? Lalu, bagaimana cara menanggulanginya?

Sebenarnya tidak banyak perubahan atau dampak yang dirasakan akibat pandemik. Sebagai Administration Associate, saya lebih banyak bekerja secara online. Faktor komunikasi saja yang kini menjadi agak terhambat karena saat WFO (work from office), kita bisa dengan mudah berkomunikasi dengan teman secara langsung. Namun, saat ini hanya bisa berkomunikasi melalui chat atau telepon.

Oleh karena itu, mau tidak mau, saya harus mampu beradaptasi dengan cepat karena keadaan selama pandemik yang mengharuskan kita untuk melakukan segala sesuatunya secara online, bahkan untuk sekadar berkomunikasi dan bertukar pendapat. Effort yang dikeluarkan menjadi lebih besar, tapi kalau menyangkut pekerjaan, kita harus tetap profesional.

5. Administration Associate yang ideal menurut Intan…

Menurut saya sebagai seorang Administration Associate, kesabaran adalah hal utama yang harus dimiliki. Saat membalas pesan community, kita pasti akan bertemu dengan banyak karakter yang harus ditangani dengan cara berbeda-beda. Kedua, harus tetap berpikir positif karena setiap orang yang memberikan kritik maupun saran pasti memiliki alasan. Ketiga adalah teliti, karena kita disibukkan dengan menghitung point redeem dan harus membalas chat. Nah, yang terakhir, jangan malu untuk bertanya ketika ada yang tidak dimengerti.

Timmy of the Month adalah sebuah token apresiasi untuk para Timmy yang dapat menerapkan Timmyness secara total, mengambil langkah ekstra dalam melakukan pekerjaan mereka, serta menyebarkan kebaikan ke setiap individu di sekitarnya (ya, it's all about positive vibe), dan memiliki standar integritas yang sangat tinggi.