Timmy of the Month: Berawal dari Niat, Berikan 101% Usaha dalam Pekerjaan

Amelia Rosary Dewi | 23 March 2021

Menyambut bulan baru, IDN Media kembali memberi apresiasi pada Timmy yang dinilai mampu mengaplikasikan nilai-nilai dalam Timmyness secara konsisten. Sebagai salah satu Timmy yang mendapat token apresiasi Timmy of the Month bulan ini, Stella Illu dari tim IDN Times dinilai berhasil menerapkan Timmyness nomor 1: “Bringing creativity, sincerity, and passion to the work sekaligus Timmyness nomor 7: “Assisting others in the group with their work for the benefit of the group.

Stella merupakan seorang Timmy yang selalu memberikan 101% usaha terhadap apapun yang ia lakukan. Daya juang inilah yang membantu dirinya untuk menghasilkan output yang maksimal pula. Selain itu, Stella juga tidak segan untuk berbagi ilmu dengan teman-teman yang meminta bantuannya. Komitmen Stella untuk menerapkan nilai-nilai tersebut patut diapresiasi dan menjadi inspirasi bagi Timmy lainnya. Keep up the good work, ya, Stella!

1. Semua berawal dari niat yang kuat

Mengawali sesi wawancara, Stella mengungkapkan, “Saya selalu percaya bahwa apa yang kita pikir dan rasakan juga akan terpancar pada apa yang kita ucap dan lakukan.” Pada situasi sehari-hari, Stella mengaku bahwa mood tentu akan memengaruhi hasil kerjanya. Dengan kata lain, bila tak happy, sebagai Senior Creative Writer di IDN Times, tulisannya pun tak akan optimal. Oleh karenanya, Stella selalu menekankan bahwa semua hanya dapat berjalan dengan baik apabila ada niat yang berkelanjutan.

Katanya, “Kalau bicara Timmyness nomor 1, creativity, sincerity, dan passion itu masih berkaitan kuat dengan niat. Kalau niat untuk menjadi jurnalis yang kredibel sudah bulat, sudah betul-betul ingin berkarier dengan benar, belajar secara maksimal, pasti waktu yang dimiliki juga akan digunakan dengan baik pula. Dengan demikian, pekerjaan akan lebih lancar, kita secara personal juga akan lebih bahagia saat mengerjakan apa yang harus kita kerjakan. Tidak menganggap pekerjaan sebagai beban, jadi kreativitas akan lahir, kita pun dapat bertumbuh di lingkup profesional juga.”

2. Jadi ingin lebih banyak berkontribusi

Di mata Timmy lain di IDN Media, Stella merupakan sosok individu yang memiliki kemampuan problem solving, termasuk dalam urusan pekerjaan. Dipercaya mampu mengaplikasikan Timmyness nomor 7 secara konsisten, Stella menanggapi, “Kalau ada isu yang memang aku bisa bantu, tentu aku akan langsung minta izin ke editorku untuk membantu Timmy tersebut. Bukan demi keuntungan siapa-siapa, tapi lebih karena aku tahu aku bisa bantu. Ketika kita merasa sudah cukup dengan diri kita sendiri, satu-satunya jalan untuk terus belajar adalah dengan membagikannya.”

Bagi Stella, membantu anggota tim yang lain merupakan salah satu wujud teamwork yang baik. Alangkah baiknya apabila kelebihan-kelebihan yang masing-masing Timmy miliki dapat disatukan dan tidak disimpan sendiri. Ujarnya, “Itu sangat berpengaruh, lho. Pekerjaan seberat apapun pasti akan dapat dikerjakan dengan nyaman. Selain itu, hal ini juga memberikan aku banyak kemajuan secara profesional maupun personal. Aku lebih niat dalam melaksanakan apa yang jadi kegiatanku secara reguler, kemudian aku juga jadi ingin lebih banyak berkontribusi.”

3. Jadi pemicu untuk jadi lebih baik

Ketika ditanya mengenai hal yang selalu ia yakini, Stella menjawab, “Mbak Uni (Pimpinan Redaksi IDN Times) selalu berpesan, ‘Kemampuan seseorang itu bisa ditingkatkan, tapi attitude tidak.’ Aku mempercayai bahwa itu benar adanya. Jika ada hal yang tidak bisa kita lakukan, selagi kita memiliki value, maka kita akan berupaya untuk mengubah ketidakmampuan itu menjadi kemampuan. Belajar, cari tahu apa yang harus diperbaiki, ada rasa mawas diri. Sebaliknya, kalau cuma pintar saja tanpa ada value, seseorang hanya akan jalan di tempat karena tidak mau improve, merasa dirinya sudah mampu.”

Memegang erat hal tersebut, Stella yakin bahwa menerapkan Timmyness dalam kehidupan sehari-hari dapat membawanya menjadi individu yang lebih baik. “Timmy of the Month ini jadi token apresiasi buat mereka yang dinilai mampu menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Timmyness. Ini jadi pemicu buat Timmy untuk saling berlomba-lomba menjadi pribadi yang baik. Tak hanya terbatas saat di kantor saja, lho, namun juga di kehidupan personal,” simpul Stella di penghujung wawancara.