Timmy of the Month: Berikan Upaya Terbaik, tapi Jangan Lupa Self-Love

Amelia Rosary Dewi | 30 June 2021

Pada bulan ini, IDN Media juga memilih Fransiscus Xaverius Dimas Prasetyo, seorang Timmy dari Popmama.com, sebagai salah satu dari Timmy of the Month! Ia dinilai berhasil menerapkan Timmyness secara konsisten, terutama Timmyness nomor 1: “Bringing creativity, sincerity, and passion to the workdan Timmyness nomor 7: “Assisting others in the group with their work for the benefit of the group. Dimas selalu menunjukkan usaha terbaiknya, memberikan dukungan, sekaligus menjadi inspirasi bagi Timmy lain. Kudos, Dimas!
 
1. Berperan menjaga koordinasi antar penulis
Ketika ditanya mengenai hal yang ia kerjakan sehari-hari, Dimas, yang merupakan Assistant Editor di Popmama.com, menjawab, “Setiap harinya, saya mengedit artikel di Popmama.com untuk sub kanal Third Trim, Relationship, dan Home Living. Setiap harinya, kurang lebih ada 15-16 artikel. Selain mengedit, saya juga berkomunikasi dengan penulis, kontributor penulis, dan anak magang yang menulis di ketiga sub kanal tersebut. Tujuannya agar lebih terorganisasi dan tidak ada topik pembahasan yang mirip.”
 
2. Self-love di tengah kesibukan tetap harus jalan
Passionate. Begitulah sosok Dimas biasa dikenal. Dirinya menganggap pekerjaan yang ia tekuni sehari-hari sebagai suatu bentuk tanggung jawab atas dirinya sendiri. “Adalah keputusan saya buat menjalani pekerjaan ini, jadi, ya, jangan tanggung-tanggung. All out. Lakukan hal-hal lain di kantor yang sekiranya bisa menambah produktivitas kita juga. Misalnya adalah dengan mendengarkan musik. Terdengar sederhana sekali, tapi itu memang membantu,” ujarnya.
 
Selain itu, menurut Dimas, melakukan pekerjaan dengan sungguh-sungguh bukan berarti bekerja keras tanpa memperhatikan diri kita sendiri. “Self love juga harus dilakukan. Perhatikan dan pahami limit kita sendiri. Kalau sudah bekerja optimal untuk beberapa saat, normal saja apabila kita bosan. Oleh karenanya, lebih baik istirahat dulu sejenak, baru lanjutkan kembali kalau sudah merasa recharged,” terang Dimas. 
 
3. Pedoman untuk terus berkembang jadi lebih baik
Sebagai seorang Assistant Editor, Dimas paham betul bahwa teamwork adalah salah satu hal mendasar yang tak bisa diabaikan. Katanya, “Secara teori, sebagian besar dari kita tentu setuju bahwa membantu kawan adalah suatu hak yang baik dan harus dilakukan. Jangan sampai ini hanya menjadi sekadar pemahaman, tanpa ada amalan. Selain meringankan, setidaknya membantu rekan bisa membuat atmosfer bekerja menjadi lebih baik dan sehat.”
 
Terkait Timmyness yang selalu digaungkan oleh IDN Media, Dimas menyebutkan bahwa Timmyness berperan sebagai pedoman bagi dirinya untuk terus berkembang ke arah yang lebih baik. “Namun, tentu saja hal ini juga harus diimbangi dengan kesadaran penuh bahwa kita ini adalah makhluk sosial yang juga harus mengupayakan yang terbaik buat orang lain, terutama mereka yang ada di sekitar kita. Kalau sudah demikian, kita tak akan menjadikan pekerjaan harian sebagai beban. Ini tentu berdampak besar untuk kinerja tim,” pungkasnya.
 
Timmy of the Month adalah sebuah token apresiasi untuk para Timmy yang dapat menerapkan Timmyness secara total, mengambil langkah ekstra dalam melakukan pekerjaan mereka, serta menyebarkan kebaikan ke setiap individu di sekitarnya (ya, it's all about positive vibe), dan memiliki standar integritas yang sangat tinggi.