Timmy of the Month: Bertumbuh Bersama, Saling Bantu dan Terapkan Kultur Kolaboratif di Tempat Kerja

Amelia Rosary Dewi | 22 September 2020

Di bulan ini, IDN Media memilih Timmy of the Month, ia yang dinilai mampu mengaplikasikan nilai-nilai Timmyness secara konsisten dalam pekerjaannya. Salah satunya adalah Hidayat Taufik, Timmy dari tim Audience Development. Opik, begitulah sapaannya, mampu memenuhi Timmyness, terutama Timmyness nomor 4: Being active and collaborative rather than competitivedan Timmyness nomor 7: “Assisting others in the group with their work for the benefit of the group. Ia mau membantu tim lain dan menjadi mentor untuk teman-teman yang membutuhkan dengan senang hati. Wah, keep up the good work, Opik!

1. Peran Opik di IDN Media

Sebagai bagian dari tim Audience Development IDN Media, Opik bertugas untuk mengaudit website secara berkala untuk memastikan semua website di IDN Media sudah SEO friendly. Selain itu, ia juga memonitor dan menganalisa traffic, serta melakukan riset fitur yang bisa mendatangkan traffic. “Secara berkala, aku melakukan riset keyword dan mengoptimasi artikel supaya visibilitas konten jadi lebih baik di search engine. Analisa kompetitor pun aku lakukan, kemudian aku juga harus fokus pada peningkatan metric SEO di website,” Opik menerangkan.

2. Sebarkan konten positif untuk banyak orang 

Seluruh publishers di IDN Media selalu memberikan upaya terbaiknya untuk dapat menjadi platform berita yang terpercaya dan berkualitas dengan memerhatikan tujuh pilar yang menjadi prinsip dalam pembuatan konten. Pilar tersebut terdiri atas kesetaraan gender, anti pelecehan seksual, anti bullying, anti stereotip, persatuan dalam ras dan etnis yang berbeda, kesatuan dalam agama yang berbeda, dan redefinisi kecantikan. 

Sebagai yang bertanggung jawab mendistribusikan konten IDN Media pada audiens yang lebih luas, bisa menyebarkan informasi yang bermanfaat menjadi pengalaman yang berarti untuk Opik. Terlebih jika konten yang ia optimasi bisa berada di baris pertama search engine. “Ini keren, sih, dan bikin makin semangat untuk berkontribusi dalam menyebarkan informasi positif dan bermanfaat ke banyak orang. Sesuai dengan tagline IDN Media, yaitu #PositiveImpact. Ada kepuasan tersendiri ketika artikel yang kita optimasi dapat memenangkan persaingan di search engine, lumayan kasih brand awareness juga,” tutur Opik.

Bagi Opik, dengan menerapkan Timmyness terutama poin keempat dan ketujuh, budaya kolaboratif yang positif pun dapat terbentuk dan berjalan dengan sendirinya. Opik mengucapkan, “Semua Timmy itu pada dasarnya baik banget. Percaya, deh. Jadi, tidak ada alasan untuk tak membantu mereka, apalagi tujuan kita, ‘kan, sama, yaitu untuk bertumbuh bersama. Tidak terbatas pada Timmyness poin keempat dan ketujuh saja, tapi semua poin Timmyness ini mendukung pembentukan kultur perusahaan yang sesehat ini.”

3. Hal yang paling dirindukan tentang kantor

Harus menjalani Flexible Working Arrangment atau FWA, Opik mengaku rindu dengan suasana bekerja di kantor. “Kalau ditanya mengenai hal yang paling kurindukan tentang kantor, aku akan menjawab suasananya, sih. Bagaimana kita saling membantu walaupun hal tersebut sebenarnya ada di luar tanggung jawab kita. Saling berbagi pengetahuan dan informasi juga, kemudian brainstorming dengan tim atau bahkan divisi lain guna menemukan strategi yang pas untuk diterapkan,” ujarnya.

Menutup perbincangan pada siang itu, Opik menambahkan, “Memang benar nilai-nilai fundamental yang dimiliki perusahaan itu penting untuk membentuk budaya kerja. Namun, hal ini juga tak mungkin dapat terbentuk bila tak didukung oleh tiap Timmy yang ada di IDN Media. Aku percaya bahwa tiap kita memiliki nilai diri yang unik dan berharga, kok. Ayo bersatu dan saling melengkapi demi kemajuan bersama.”

Timmy of the Month adalah sebuah token apresiasi untuk para Timmy yang dapat menerapkan Timmyness secara total, mengambil langkah ekstra dalam melakukan pekerjaan mereka, serta menyebarkan kebaikan ke setiap individu di sekitarnya (ya, it's all about positive vibe), dan memiliki standar integritas yang sangat tinggi.