Timmy of the Month: Hal Penting untuk Membangun Budaya Kerja yang Positif

Cholif Rahma | 15 January 2021

Sebagai bentuk apresiasi terhadap Timmy (sebutan untuk mereka yang bekerja di IDN Media), IDN Media memberikan token apresiasi Timmy of the Month untuk mereka yang dinilai telah mengaplikasikan Timmyness sebagai bagian dari nilai perusahaan dengan baik. Bulan ini, Arif Rahman dari tim Finance menjadi salah satu Timmy yang terpilih menjadi Timmy of the Month. 
 
Terus berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi Timmy yang lain dan perusahaan, Arif dinilai dapat merepresentasikan nilai Timmyness nomor 6: “Maintaining a positive attitude even when things do not go one’s way sekaligus Timmyness nomor 7: “Assisting others in the group with their work for the benefit of the group. Semangatnya tetap tak padam meski ketidakpastian yang diakibatkan oleh pandemik ini juga turut memengaruhi kelancaran pekerjaannya. Keep up the good work, Arif!
 
1. Pekerjaan terhambat pandemik COVID-19
Pandemik COVID-19 memberikan pengaruh cukup besar bagi pekerjaan Arif. Menjadi bagian dari tim Finance, Arif memiliki tanggung jawab untuk membantu kelancaran proses pembayaran invoice klien-klien IDN Media. Meski pekerjaan bisa dilakukan secara remote, terkadang untuk menyelesaikan pekerjaannya Arif juga harus bertemu langsung dengan klien. Namun tentunya kondisi pandemik seperti saat ini menjadi hambatan bagi Arif untuk melakukannya.
 
2. Selalu positif dan pikirkan strategi terbaik
Kehadiran Arif juga menjadi salah satu penentu kelancaran cash flow perusahaan. “Apalagi saat pandemik seperti ini, cash flow itu, ‘kan, krusial. Tak hanya untuk IDN Media saja, tetapi juga untuk banyak perusahaan lain. Di sinilah letak tantangannya. Semua pihak berlomba-lomba memperjuangkan cash flow-nya, jadi pelunasan pun sulit dilakukan. Itulah mengapa Timmyness nomor 6 itu jadi sangat penting buat saya secara pribadi: maju saja dulu, kalau hasil kurang sesuai, pikirkan lagi strategi selanjutnya, jangan langsung muram,” terangnya.
 
Arif tak memungkiri bahwa pekerjaannya memang sulit dan menantang. “Kadang ada rasa tidak enak juga karena terus-terusan follow up, tapi itu, ‘kan, sudah pekerjaan saya. Ya sudah, saya coba saja dulu, positif maju saja dulu. Mau mereka bayar atau tidak, itu urusan belakangan. Nah, jika nanti mundur dari deadline terus, buat strategi untuk terbitkan surat penangguhan, hitam di atas putih. Ini bisa membantu juga agar proses tidak terlalu bertele-tele,” ungkapnya.
 
3. Siap sedia membantu Timmy lain 
Selain mampu mempertahankan mindset positif, Arif juga dikenal sebagai Timmy yang suka menolong. “Untuk Timmyness nomor 7, selama Flexible Working Arrangement ini, saya manfaatkan waktu untuk datang dan kerja di kantor. Dengan demikian, saya jadi lumayan sering bertemu dengan Winston (CEO IDN Media) dan William (COO IDN Media). Ketika teman-teman Business Development yang sedang WFH ada kebutuhan dengan Winston atau William, saya bisa bantu menyampaikan secara langsung,” terangnya.
 
Meski terkesan sederhana, yang dilakukan Arif untuk membantu sesama Timmy ternyata dapat melancarkan proses administrasi perusahaan, lho. Pada akhirnya, Arif tak hanya membantu Timmy lain atau dirinya sendiri, tapi juga turut membantu kelancaran cash flow untuk memenuhi keperluan perusahaan.
 
4. Budaya kerja positif tingkatkan produktivitas
Kedua poin Timmyness di atas, bagi Arif, adalah hal fundamental yang tak boleh lupa diterapkan. “Hal ini akan membentuk kultur kerja yang juga positif. Keinginan untuk terus menjaga integrasi dan sportivitas tentu akan muncul dengan sendirinya. Perlu diingat bahwa budaya kerja yang positif pun memiliki koneksi dengan tingkat produktivitas karyawan pada umumnyadalam case ini adalah Timmy. Nah, di situlah letak peran Timmyness,” Arif menerangkan.
 
5. Nilai diri sebagai fondasi utama
Bekerja di sebuah perusahaan yang menganggap nilai dalam diri sebagai suatu hal yang paling penting untuk dinilai, Arif menyatakan rasa setujunya terhadap hal tersebut. “Percuma kalau pintar, hebat, jago, kalau budaya di dalam diri orang tersebut tidak baik. Pada dasarnya, mencari seseorang yang mahir dalam pekerjaan adalah perkara yang mudah karena sejatinya, kemahiran itu terbentuk dari pengalaman. Namun, seseorang dengan nilai diri yang positif itulah yang lebih sulit dicari,” kata Arif, menutup perbincangan sore itu.
 
Timmy of the Month adalah sebuah token apresiasi untuk para Timmy yang dapat menerapkan Timmyness secara total, mengambil langkah ekstra dalam melakukan pekerjaan mereka, serta menyebarkan kebaikan ke setiap individu di sekitarnya (ya, it's all about positive vibe), dan memiliki standar integritas yang sangat tinggi.